10 Manfaat dan Khasiat Buah Nanas bagi Kesehatan

DARADAENG.COM – Buah Nanas atau terkadang di sebut juga dengan buah nenas atau Ananas memiliki Nama Latin Ananas comosus, Buah ini di yakini berasal dari negara tropis yaitu Berasil, Bolivia dan juga paraguay. Tumbuhan ini adalah tumbuhan dari family nanas-nanasan, serta merupakan salah satu buah tropis yang tumbuh dengan baik di Indonesia, terlebih di daerah dataran tinggi, tumbuhan nanas tumbuh rendah serta buahnya Mempunyai Kandungan Vitamin C dan Vitamin A yang memilki kandungan Anti Oksidan yang tinggi yang baik buat kesehatan tubuh manusia.

Pada dasarnya buah nanas ini, memanglah bukan buah yang terlihat indah bila dipandang dari luar, dengan wujud kulit buah nanas yang begitu kasar, tak ada yang menganggap bahwasanya buah nanas begitu baik untuk kecantikan. Pada Umumnya buah nanas tak hanya dapat digunakan untuk obat alternatif, banyak juga olahan dari buah nanas yang kerap kita konsumsi. Seperti selai nanas, lotis nanas, manisan nanas dan lain – lain sebagainya.

manfaat buah nanas untuk kesehatan

khasiat buah nanas

Nah, dikesempatan kesempatan ini admin daradaeng mau sharing pengetahuan pada anda mengenai beberapa manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh kita diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Memperlancar pencernaan

Manfaat dari buah Nanas ini bisa kita dapatkan lantaran buah itu mempunyai enzim bromelain dalam jumlah besar. Enzi mini berguna untuk membuat lancar sistem pencernaan dan sebagai pelega tenggorokan. Jadi bila ingin percenaan Anda lancar komsumsilah nanas.

2. Mempercepat proses penyembuhan luka

Manfaat lain dari Enzim Bromelain yang terdapat pada buah nanas yaitu bisa mempercepat sistem penyembuhan pada luka dan mengurangi peradangan serta pembengkakan dalam tubuh.

3. Berperan sebagai pembersih

Fungsi nanas untuk pembersih ini dapat di peroleh dari terdapatnya enzim bromelain yang bisa membantu supaya kandungan asam dalam darah jadi seimbang. Nanas dapat juga kurangi kandungan air yang berlebihan dari dalam badan hingga bisa menolong mengobati penyakit Edema.

4. Mengatasi masalah ketombe

Nanas dapat dipakai untuk menangani persoalan ketombe. Caranya, siapkan seperempat bagian buah nanas yang telah masak. Kupas kulit, parut, peras lalu saring. Tambahkan air nanas itu dengan air perasan satu jeruk nipis lalu aduklah sampai merata. Gunakan campuran ini untuk menggosokan pada bagian kulit kepala yang terdapat ketombe.

Kerjakan kegiatan itu saat malam hari sebelum tidur. Besok harinya, bersihkan rambut dengan berkeramas. Kerjakan aktivitas itu selama pada 2 hingga 3 kali dalam 1 minggu.

5. Membantu melunakkan makanan

Nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang bisa bermanfaat untuk membantu melunakkan makanan didalam lambung. Enzim ini dapat berperan sebagai anti radang serta penghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

6. Memperlancar haid

Buah nanas yang masih muda bisa memperlancar haid oleh karenanya, nanas bisa dikonsumsi untuk memperlancar haid. Untuk wanita hamil, benar-benar dianjurkan agar tidak untuk konsumsi buah nanas utamanya buah nanas yang masih muda.

7. Menambah gula darah

Nanas mempunyai kandungan gula yang lumayan tinggi. Untuk pasien kadar gula rendah, nanas dapat dikonsumsi untuk menolong menambah kadar gula darah dalam tubuh.

8. Mencegah kanker

Nanas memiliki kandungan vitamin C serta A yang berbentuk antioksidan hingga dapat mencegah radikal bebas. Radikal bebas bisa menyebabkan perkembangan sel kanker, apabila radikal bebas tak bisa masuk ke dalam tubuh, perkembangan sel kanker bisa dihindari.

9. Mengatasi sembelit

Sembelit bisa dikarenakan lantaran kurang mengomsumsi makanan memiliki serat. Makanan yang memiliki kandungan serat bisa berbentuk buah-buahan, satu diantaranya yaitu buah nanas. Caranya, minumlah juice buah nanas. Pilih buah nanas yg tidak terlampau masak. Pilih buah nanas yang masih asam.

10. Mengatasi peradangan kulit

Buah nanas bisa dipakai untuk menangani persoalan peradangan kulit. Caranya, ambillah 1/2 bagian buah nanas yang telah masak. Kupas kulitnya lalu parut. Gunakan hasil parutan nanas untuk menggosok bagian kulit yang terkelupas serta bersisik. Kerjakan aktivitas ini saat malam hari sebelum tidur. Besok harinya, barulah dibersikan.

Itulah 10 manfaat buah nanas bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

Satu gagasan untuk “10 Manfaat dan Khasiat Buah Nanas bagi Kesehatan”

Tinggalkan Balasan