11 Manfaat Tanaman Mahkota Dewa

Manfaat Tanaman Mahkota Dewa – Nama buah yang satu ini mungkin agak asing bagi yang tidak bergelut dibidangnya, namun buah ini ternyata mengandung senyawa yang tak kalah kuat dan bermanfaatnya dibanding buah-buahan obat alternatif lainnya.

Informasi dari berbagai penelitian telah mengungkapkan pemanfaatan Phaleria macrocarpa atau Buah Mahkota Dewa ini untuk berbagai tujuan, yang dimana Tujuan utama dari tanaman ini sebagai sumber makanan namun tanaman ini juga digunakan sebagai sumber alami obat-obatan. Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian tentang tanaman obat telah menarik perhatian dunia yang sangat besar sehingga dapat disimpulkan beberapa bukti yang telah terkumpul untuk menunjukkan potensi yang menjanjikan dari tanaman obat ini, dimana tanaman ini digunakan dalam berbagai sistem tradisional, komplementer dan alternatif dalam pengobatan penyakit pada manusia.

Tanaman ini kaya akan berbagai metabolit sekunder seperti tanin, terpenoid, alkaloid, flavonoid, dll, yang telah diputar secara invitro dan menunjukkan senyawa antioksidan, sifat anti-inflamasi dan antimikroba sehingga tanaman Mahkota Dewa ini digunakan untuk obat-obatan dan bahan makanan yang sementara masih dalam tahap pengembangan. Di Indonesia, sebagian besar kegiatan penelitian dalam produk alami masih terbatas pada inventarisasi informasi dan pemanfaatan berbagai tanaman dan pohon ini merupakan kegiatan yang masih belum mencapai tahap penyelidikan dan penelitian secara lebih lanjut.

11 Manfaat Tanaman Mahkota Dewa

Manfaat Tanaman Mahkota Dewa

Phaleria macrocarpa atau pada umumnya dikenal sebagai mahkota dewa ini berasal dari Pulau Papua Indonesia Bagian Timur, dimana Tanaman mahkota Dewa ini tumbuh subur di daerah tropis. Tanaman ini selain merupakan salah satu tanaman obat yang paling populer di Indonesia. Phaleria macrocarpa (mahkota Dewa) ini tumbuh sepanjang tahun dan bisa mencapai ketinggian sekitar 1-6 m. Ini adalah pohon yang lengkap (batang, daun, bunga dan buah) dan bentuk buah gerhana dengan diameter sekitar 3 cm. Warna buah hijau sebelum pematangan dan merah ketika sudah masak.

Berdasarkan Penelitian ekstrak air rebusan dari Mahkota Dewa ini digunakan untuk mengobati atau meringankan gejala penyakit seperti yang telah disebutkan di atas. Meskipun penggunaan yang luas oleh masyarakat Indonesia, telah ada hanya upaya terbatas untuk mengeksplorasi sifat biologis tanaman ini dalam kaitannya dengan penggunaan obat mereka.

Dalam investigasi beberapa peneliti ditemukan bahwa Tanaman Mahkota Dewa adalah salah satu alternatif sumber senyawa bioaktif yang ampuh sebagai antioksidan, agen inflamasi dan anti sitotoksik. Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam tanaman Mahkota dewa dapat diekstrak Berbagai senyawa yang disebutkan di atas. Secara tradisional, Mahkota Dewa ini telah banyak digunakan untuk mengendalikan berbagai penyakit antara lain :

1. Pengendalian Penyakit kanker
Anti oksidan didalam buah mahkota dewa sangat melimpah sehingga buah ini kini semakin dikembangkan untuk memerangi penyakit kanker, kanker adalah pembunuh nomor 3 didunia, sehingga perlu penanganan yang lebih dalam dunia medis, senyawa didalam buah mahkota dewa berfungsi untuk mematikan sel-sel kanker dan menghambat perkembangannya.

2. Mengobati impotensi
zat Saponin didalam buah mahkota dewa dapat membantu mengobati impotensi, senyawa ini berfungsi meningkatkan vitalitas tubuh dam menangkal berbagai virus dan bakteri, menkonsumsi buah ini secara berkala akan membantu mengobati impotensi pada pria dewasa.

3. Mengobati Penyakit wasir
Senyawa zat flavonoid adalah senyawa yang membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan ketika terjadi wasir, senyawa ini akan membantu memperlancar peredaran darah pada anus sehingga akan efektif untuk mengobati penyakit wasir.

4. Mengatasi penyakit diabetes mellitus
Zat saponin yang terdapat dalam buah Mahkota Dewa ini juga dimanfaat untuk mengurangi kadar gula dalam darah, sehingga ekstrak buah ini akan sangat berguna untuk pengobatan penyakit Diabetes Melitus.

5. Meringankan dan Menyembuhkan alergi
Zat Polifenol yang terdapat pada Buah Mahkota Dewa ini adalah sejenis zat yang berfungsi baik sebagai zat anti alergi (anti histamin), zat anti alergi ini akan membantu tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap alergi berbagai makanan dan keadaan.

6. Mengatasi penyakit yang menyerang hati dan penyakit jantung
Kandungan zat flavonoid dan Saponin akan sangat membantu kita untuk mengurangi timbunan kolesterol dalam darah dan jantung sehingga dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung.

7. Mengobati gangguan ginjal
Zat alkaloid adalah zat yang terdapat didalam buah mahkota dewa yang berperan sebagai zat detoksifikasi, zat ini menetralisir racun dalam tubuh dan membuangnya melalui kotoran, sehingga akan sangat membantu kinerja ginjal kita, seperti yang kita ketahui bahwa fungsi ginjal adalah penyaring cairan dalam tubuh untuk dikeluarkan zat-zat yang tidak dibutuhkannya.

8. Mengobati dan meremajakan kulit, Mengobati Eksim dan gatal-gatal serta mengatasi jerawat
Kandungan vitamin dan mineral apa lagi vitamin C, D dan E dalam buah mahkota dewa akan sangat membantu regenerasi kulit dan membantu mengurangi toxin yang terdapat pada tubuh khususnya bagian wajah sehingga akan sangat membantu menjaga kesegaran kulit dan mengobati penyakit-penyakitnya.

9. Buah dan kulit Buah mahkota dewa dapat membantu meningkatkan immunitas (daya tahan tubuh)
Berbagai zat diatas akan sangat membantu kita untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga berbagai peneliti menyimpulkan bahwa Buah mahkota Dewa ini adalah salah satu alternatif untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

10. Meningkatkan kebugaran tubuh
Jika toxin-toxin dalam tubuh dikeluarkan otomatis kita akan merasa segar dan energik, karena sisa-sisa racun dalam tubuh dikeluarkan dengan baik.

11. Mengobati asam urat
Asam urat kerap kali mengganggu aktifitas kita, sehingga terkadang kita yang lagi asik beraktifitas terganggu oleh penyakit ini, Buah Mahkota Dewa adalah alternatif bagi anda yang ingin tubuh sehat dan bebas akan asam urat, karena senyawa yang terdapat dalam buah mahkota dewa sangat ampuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan mengatasi penyakit seputar peredaran darah, jika peredaran darah lancar, maka tubuh akan selalu sehat dan berenergi.

Namun demikian secara analisis, masih banyak lagi kandungan dalam tanaman mahkota dewa yang masih sementara dikembangkan untuk pengobatan manusia, mulai dari batang, buah dan daun dari tumbuhan Mahkota Dewa ini ternyata memiliki manfaat yang hampir sama banyaknya. Kini sudah banyak yang mulai menjajakan buah mahkota dewa dalam bentuk obat-obatan untuk menangkal dan mengobati berbagai penyakit pada manusia, lirikan dunia terhadap dunia ini akan terus berlanjut untuk mengetahui khasiat dari tanaman ini.

Buah Mahkota Dewa ini digunakan dan sudah mulai dilirik oleh industri obat-obatan sebagai bahan senyawa alami untuk mengobati berbagai macam penyakit, biasanya batang, buah dan bagian-bagian dari tumbuhan mahkota dewa ini dikeringkan dan dikemas untuk nantinya dijual sebagai bahan obat, tujuan pengeringan Tumbuhan Mahkota Dewa ini adalah untuk mengurangi kadar air dalam tumbuhan ini agar mengurangi pembusukan oleh bakteri terhadap tumbuhan ini.

Demikianlah beberapa penjelasan singkat tentang Manfaat Tumbuhan Mahkota Dewa, yang meskipun belum terlalu lengkap namun mudah-mudahan berguna untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan