13 Tips Agar Rumah Aman Saat Mudik ke Kampung Halaman

13 Tips Agar Rumah Aman Saat Mudik ke Kampung Halaman

DARADAENG.COM – Sebagian besar masyarakat Indonesia menjadikan mudik sebagai tradisi dengan tujuan merayakan Hari raya Idul fitri di Kampung Halaman. Banyak yang meyempatkan diri mudik hanya beberapa hari saja. Akan tetapi ada juga yang benar-benar menikmatinya dengan menghabiskan waktu selama 1 hingga 2 pekan di Kampung halaman.

Akan tetapi di balik semua itu hal yang harus kita perhatikan adalah keamanan rumah kala ditinggal mudik Lebaran adalah salah satu prioritas yang begitu penting kita perhatikan. Karena apabila rumah yang kososng atau tak berpenghuni sangat rentan jadi sasaran aksi tangan-tangan jahil.

13 Tips Agar Rumah Aman Saat Mudik ke Kampung Halaman

Tips Sebelum Mudik Agar Rumah Aman


Nah berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika ingin meninggalkan rumah untuk keperluan mudik Lebaran ke kampung halaman:

1. Melapor ke pemerintah setempat, sehingga rumah yang tinggalkan dalam pengawasan aparat keamanan.
2. Tidak menyimpan uang, benda berharga dan surat surat penting dalam rumah, untuk mencegah terjadinya pencurian.
3. Menyampaikan kepada keluarga dan tetangga disekitar tempat tinggal anda, untuk mengecek rumah yang tinggalkan.
4. Kroscek rumah yang anda tinggalkan dengan menghubungi tetangga atau keluarga untuk menanyakan kondisi rumah anda.
5. Perhatikan untuk mencabut selang tabung kompor gas dan mencabut semua colokan elektronik untuk mencegah terjadinya kebakaran.
6. Memberikan nomor kontak kepada keluarga, tetangga dan pemerintah serta aparat keamanan untuk komunikasi jika terjadi hal hal yang mencurigakan.
7. Disarankan untuk menitip kendaraan motor, mobil di kantor polisi ( polsek ) untuk mencegah terjadinya pencurian kendaraan.
8. Pasang alarm keamanan, kalau bisa aktifkan CCTV rumah Anda atau kamera pengintai
9. Pastikan seluruh garasi rumah, jendela, pintu dan pagar dalam kondisi tertutup rapat atau terkunci dengan benar
10. Matikan semua aliran listrik, seperti AC dan televisi.
11. Pastikan pula keran tabung gas dalam kondisi terkunci, guna menghindari kemungkinan terjadinya kebakaran.
12. Lapor dan titipkan rumah pada ketua RT setempat atau tetangga
13. Hentikan langganan koran untuk sementara, karena bila terlihat banyak tumpukan koran di halaman rumah dikhawatirkan mengundang maling masuk rumah.

Setelah semua hal di atas telah Anda lakukan dengan cermat, jangan lupa untuk selalu BERDOA sebelum memulai perjalanan. Demikianlah 13 tips sebelum Mudik, agar rumah aman, saya kira dengan menerapkan tips-tips diatas rumah Anda akan aman sampai Anda kembali. Selamat mudik, semoga selamat sampai tempat tujuan. Selamat merayakan kemenangan saling memaafkan atas segala dosa yang diperbuat.

Tinggalkan Balasan