Alasan Mengapa Anda Tidak Boleh Memencet Jerawat

4 Alasan Mengapa Anda Tidak Boleh Memencet Jerawat

DARADAENG.COM – Jerawat merupakan masalah terbesar bagi kaum remaja, utamanya saat remaja sedang dalam masa pubertas. Timbulnya bintik-bintik jerawat kecil merah pada bagian wajah/atau jerawat di punggung tak hanya akan menjadikan penampilan terlihat aneh, namun hal demikian ini kadang menjadikan seseorang depresi mental/kurang percaya diri tampil di hadapan orang banyak.

Jerawat adalah bintik merah pada muka dan punggung berupa kelenjar minyak pada permukaan kulit dengan berbagai macam penyebab. Pada umumnya jerawat suka menyerang pada saat usia masih belasan tahun/usia remaja. Orang-orang yang rentan terkena jerawat adalah mereka yang kurang menjaga kebersihan, terlebih bagi mereka yang banyak beraktifitas diluar ruangan gampang terkena polusi udara dan debu serta orang kulitnya berminyak.

Alasan Mengapa Anda Tidak Boleh Memencet Jerawat
Alasan Mengapa Anda Tidak Boleh Memencet Jerawat

Jewarat yang timbul pada kulit umumnya memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda-beda. Nah jika sudah mucul jerawat maka terkadang kita merasa gemas ingin segera memencetnya. Akan tetapi tahukah Anda memencet jerawat tidak akan memberi solusi dalam menyingkirkan jerawat dari wajah. Bahkan bisa saja kulit terkena infeksi dan justru menjadi lebih parah.

Baca Juga: 10 Jenis Obat Tradisional Jerawat dan Bekas Jerawat

Hal-hal yang menjadi penyebab timbulnya jerawat sangat berfariasi, seperti perubahan Hormon, faktor keturunan dan stres bisa saja menjadi pemicu utama timbulnya jerawat. Pada hakikatnya jerawat terbentuk karena minyak pada kulit terjebak di bawah permukaan kulit dan bercampur dengan sel-sel kulit mati dan pada akhirnya akan membentuk komedo yang bertumpuk.

Dan apabila hal ini dibiarkan maka akan berubah menjadi jerawat. Dan apabila Anda memencetnya itu sama saja merusak kulit dengan cara merobeknya, tentunya hal demikian akan memicu masuknya bakteri ke dalam kulit melalui tangan. di bawah ini terdapat empat asalan mengapa jerawat tak boleh di pencet, antara lain sebagai berikut:

4. Menyebabkan Alergi dan Infeksi
Hal demikan akan terjadi jika Anda sering memencet jerawat atau dengan cara menusuknya dengan alat sembarangan. Kuman akan masuk kepermukaan kulit melalui jarum atau tangan yang Anda pakai dalam memencet jerawat. Alergi pun dapat timbul jika jerawat pecah secara terpaksa. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit bila hal ini terjadi.

3. Timbulnya Rasa Perih pada wajah
Apabila Anda suka memencet jerawat, maka secara pasti anda akan merasa sakit dan perih pada kulit wajah. Saran sebaiknya Anda mengatasi hal demikian secara benar dengan cara berkunjung dokter kulit agar mendapatkan penanganan yang lebih serius.

2. Memperbanyak Jumlah Jerawat yang tumbuh
Hal perlu Anda ketahui bahwa memencet jerawat akan memicu timbulnya jerawat baru, hal ini karena cairan jerawat yang Anda pencet menyebar kekulit wajah lainya. Maka dengan hal demikian ini berarti Anda sudah membantu penyebaran bakteri penyebab jerawat.

1. Mininggalkan Bekas pada wajah
Mengeluarkan cairan jerawat dengan cara memencetnya akan meninggalkan luka dan akan berbekas secara permanen di wajah dan begitu sulit untuk dihilangkan. Terlebih jika jerawat batu menimpa Anda dan memencetnya dapat mengakibatkan iritasi kemerahan. Rata-rata bekas jerawat batu akan menghitam dan berlubang inilah akibat dari memencet jerawat sebaiknya hindari hal demikian ini.

Terdapat banyak cara dalam mengobati dan menghilangkan jerawat salah satunya dengan memanfaatkan obat-obatan baik itu obat-obatan kimia maupun obat jerawat tradisional. Nah demikian penjelasan singkat Admin daradaeng, apakah Anda masih tetap ingin memencet jerawat yang timbul di wajah Anda?

Tinggalkan Balasan