5 jenis makanan yang cocok untuk penderita diabetes

5 jenis makanan yang cocok untuk penderita diabetes

DARADAENG.COM – Diabetes, yang biasa sering disebut penyakit gula, berawal dari berkurangnya hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas. Hormon insulin berfungsi untuk mengatur penggunaan gugus gulas dalam tubuh, termasuk mengatur jumlah kadar gula dalam hati untuk menghasilkan energi.

Seorang penderita diabetes sangat dianjurkan untuk mengurangi jumlah asupan karbohidratnya. Sehingga harus pintar membatasi mengonsumsi makanan-makanan yang dapat memicu naiknya kadar gula dalam darah. Makanan-makanan itu seperti: permen, keju, biskuit, mayonaise, buah-buah kering, minuman keras, kurma, daging, dll.

Selain itu, hal lain yang harus diperhatikan bahwa makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes adalah makanan yang bebas lemak, kolsterol, dan bahan pengawet. Sama halnya dengan buah-buahan.

Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Diabetes
Makanan Sehat Diabetes
Makanan sehat untuk penderita diabetes

Banyak yang mengira bahwa seorang penderita diabetes harus menghindari makanan berupa buah-buahan. Namun sebaliknya, buah-buahan mengandung vitamin yang penting, mineral, dan serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, seorang penderita diabetes harus memerhatikan buah-buahan yang dikonsumsi.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes.

1. Gandum
Gandum mengandung serat yang melimpah. Gandum merupakan salah satu makan sehat untuk penderita diabetes. Selain itu, gandum juga mengandung protein dan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Karbohidrat ini untuk menghasilkan energi, karena merupakan karbohidrat kompleks yang aman untuk penderita diabetes. Justru karbohidrat sederhanalah yang dapat membuat kadar gula melonjak.

2. Bayam
Tanaman hijau seperti bayam banyak mengandung klorofil yang dianggap sebagai zat antioksidan bagi tubuh. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung lutein. Lutein berfungsi untuk mengurangi resiko terjadinya kerusakan mata. Banyak penderita diabetes yang mengalami gangguan pada mata, sehingga lutein dalam bayam dapat menjaga fungsi mata.

3. Beras Merah
Beras merah juga mengandung serat dan karbohidrat kompleks. Sehingga tidak perlu khawatir akan kekurangan sumber penghasil energi dengan tidak mengkonsumsi nasi. Justru konsumsi nasi untuk kasus penderita kencing manis perlu dikurangi karena dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

4. Oatmeal
Selain gandum dan bayam, oatmeal juga mengandung serat. Serta mengandung karbohidrat dan protein. Karbohidrat dalam oatmeal juga tidak akan mengkibatkan kenaikan kadar gula darah.

5. Buah-buahan
Mengonsumsi buah akan membantu dalam menstabilkan kesehatan. Buah banyak menagndung nutrisi utnuk tubuh. Namun, untuk penderita diabetes ada beberapa jenis buah yang tidak dapat dikonsumsi. Hanya jenis buah tertentu yang dapat dikonsumsi untuk memperoleh sumber nutrisi yang cukup. Buah-buahan yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes seperti; apel, jeruk, jambu, anggur, pir, buah berry, buah persik.

Buah-buahan ini mengandung vitamin dan nutrisi yang sesuai untuk kadar gula darah penderita diabetes. Sedangkan beberap jenis buah yang tidak dapat dikonsumsi ialah, durian, kurma, melon, semangka, nanas, buah mangga dan buah pepaya.

Saran untuk para penderita diabetes untuk mengontrol buah-buah yang bisa dan tidak bisa dikonsumsi demi kesehatan. Jika bukan kita yang menjaga kesehatan diri lalu siapa lagi? Demikian artikel tentang jenis makanan yang cocok untuk penderita diabetes. Semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan Anda.

Tinggalkan Balasan