5 Jenis Makanan Yang Dapat Merusak Kulit

Makanan yang dapat merusak kulit – Kulit adalah elemen yang dianggap cukup penting dalam performa hidup, kulit kerap kali dilambangkan sebagai bagian tubuh kedua terpenting setelah alat-alat vital pada tubuh, kulit sering kali menjadi lambang kepercayaan diri seseorang, kerusakan kulit akan membuat mood atau perasaan menjadi down sehingga kita cenderung tidak percaya diri untuk tampil dengan maximal didepan umum.

Makanan yang terdapat di zaman sekarang ini semakin hari semakin tidak sehat, aspek gaya hidup yang cepat dan instan terkadang memaksa seseorang untuk menkonsumsi makanan yang cuma mengenyangkan tanpa dapat memenuhi kebutuhan sel-sel tubuh. Admin Dara Daeng kali ini akan berbagi sedikit informasi tentang 5 Makanan yang dapat Merusak Kulit

Makanan Yang Dapat Merusak Kulit
Kulit Sehat Dan Mulus

Makanan Yang Dapat Merusak Kulit

5. Makanan yang memuat karbohidrat kosong
Penelitian lebih lanjut tentang makanan-makanan instant serta penelitian hubungan antara Jerawat dan Diet menemukan bahwa terdapat kaitan yang sangat erat antara pola diet dan kesehatan kulit wajah seseorang. Makanan-makanan yang memuat karbohidrat kosong tersebut antara lain Roti, Permen, pasta, soda dan Jus (instant), makanan-makanan tersebut menyebabkan gula darah meningkat, meski menimbulkan rasa kenyang sementara, namun makanan-makanan tersebut melepaskan senyawa yang melepaskan hormon yang dapat merangsang peningkatan/percepatan produksi minyak pada kulit, hal ini akan membuat pori-pori menjadi tersumbat, tersumbatnya pori dan efek polusi akan mengakibatkan peningkatan aktifitas bakteri pada kulit sehingga dapat sangat rentan terkena Jerawat, Komedo yang mengganggu dan kulit berminyak yang sangat menjengkelkan.

Penelitian lain yang terkait antara diet yang tinggi kadar gula ternyata dapat mendorong percepatan penuaan dini pada kulit, efek ini akan mendorong kerusakan kolagen dan elastisin kulit, hal ini yang akan menyebabkan berkurangnya ke elastisitasan atau kelenturan kulit. Penderita jerawat dalam kondisi berat sebaiknya mempertimbangkan untuk mengganti pola makan untuk makanan yang sumber karbohidrat dengan bahan makanan serta sayuran dan biji-bijian yang lebih kaya akan protein, ini akan membantu kita agar tidak terkena penyakit lain yang berhubungan dengan gula darah seperti Diabetes Melitus.

4. Makanan yang terlalu banyak garam
Dalam kasus-kasus tertentu, pola tidur yang terkadang didapatkan oleh seseorang sudah jauh dari standar yang ditentukan ahli-ahli kesehatan, pola tidur yang tidak seimbang akan menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata, ini adalah tanda bahwa anda kekurangan asupan natrium, perubahan warna dan pembengkakan kantung bawah mata pada wajah, makanan-makanan seperti pizza ataupun daging asap yang sering kali memiliki garam berat, garam beryodium kini dikaitkan dengan kemunculan jerawat, sebagai gantinya bahwa garam beryodium adalah salah satu cara untuk menghindari kanker, suplay garam yang berlebih akan dapat memicu kemunculan jerawat.

3. Meminum-minuman beralkohol
Sebagai masyarakat timur pola minuman beralkohol bukan menjadi rutinitas, namun di negara seperti Amerika atau daerah barat, minuman beralkohol sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihindari, namun tahukah kita bahwa Minuman beralkohol adalah salah satu pemicu kerusakan kulit?.

Minuman beralkohol akan menyebabkan dehidrasi, sehingga asupan cairan pada kulit akan berkurang, konsumsi yang berturut-turut dan lama akan menyebabkan kulit menjadi keriput dan kering, tak hanya itu… hal ini juga memicu kondisi kerusakan kulit lainnya seperti Jerawat, Rosaceal, Eczema dan Psoriasis. Kondisi wajah memerah pada peminum alkohol dikarenakan alkohol akan membuat pembuluh darah kecil pada permukaan tubuh melebar, hal ini akan sangat berpotensi merampas vitamin A pada kulit, sedangkan vitamin A digunakan oleh kulit untuk beregenerasi melalui produksi kolagen.

2. Menkonsumsi Makanan yang telah hilang lemak sehatnya
Kebiasaan ini sering terjadi pada seseorang yang memiliki pola diet, keinginan menjaga tubuh agar tidak terlalu banyak menkonsumsi lemak akan dapat menghilangkan lemak baik dan jahat dalam makanannya. Lemak baik tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga kita harus mendapatkannya dari pola konsumsi makanan sehari-hari, Asam Lemak Omega 3 yang ditemukan pada ikan salmon dan kedelai terkadang diproses dengan hati-hati bahkan sampai semua kandungan lemaknya terbuang, Omega 3 dibutuhkan oleh kulit untuk mempertahankan kelembabannya serta meningkatkan pertahanan terhadap kanker kulit. Sumber lain Asam Lemak Omega 3 ini antara lain : Alpukat, Kacang-Kacangan (Almond dan Macadamia), Minyak Zaitun dan Kenari.

5. Menkonsumsi Susu secara Overdosis
Serangkaian penelitian dalam kurun waku beberapa tahun terakhir ini telah menyarankan bahwa produk hewan ternak terutama susu berpotensi tinggi menimbulkan kerusakan kulit seperti jerawat, Penutupan Pori-pori dan Komedo. Para peneliti telah berteori bahwa hormon yang terjadi secara alami dalam susu merangsang produksi sebum dan penyumbatan pada pori-pori kulit. Namun Beberapa ahli telah mengkritik studi yang menghubungkan jerawat susu, mereka beranggapan bahwa penelitian tersebut tidak akurat karena mengambil subjek pada diri sendiri yang dimungkinkan terjadi pada orang dengan kondisi jerawat hormonal, atau jerawat yang timbul karena pola hormon tubuh. Namun, jika penelitian tersebut tidak berhubungan dengan jerawat hormonal yang cenderung muncul pada bagian dagu atau di sepanjang garis rahang, peneliti mungkin mempertimbangkan memilih susu sebagai percobaan dan mencari hubungan antara jerawat dan susu.

Demikian Artikel Tentang 5 Makanan/minuman yang dapat merusak kulit, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan