Scroll to Top

5 Pasar Tradisional Indonesia yang Jadi Surga Belanja Wisatawan

Kumparan Saat berlibur atau mengunjungi tempat yang belum pernah didatangi sebelumnya, bagian mencari oleh-oleh tentunya merupakan hal yang tidak boleh terlewat. Salah satu lokasi tepat untuk membeli aneka buah tangan khas daerah tersebut tentunya adalah pasar tradisional.

Indonesia sendiri memiliki sangat banyak pasar tradisional yang tersebar di setiap pelosok kota. Beberapa di antaranya sangat besar, lengkap, dan murah, hingga kemahsyurannya terdengar hingga mancanegara. Tak heran, pas tradisional menghadirkan segala macam kebutuhan, mulai dari jajaran kuliner tradisional hingga aneka oleh-oleh khas daerah setempat.

5 Pasar Tradisional Indonesia yang Jadi Surga Belanja Wisatawan

Pasar tradisional mana saja sih, yang paling terkenal di Indonesia? Ini dia daftarnya!

  1. Pasar Beringharjo, Yogyakarta

Belum sah ke Yogyakarta namanya jika belum mengunjungi Pasar Beringharjo. Nama ‘Beringharjo’ sendiri dipilih oleh Sultan Hamengku Buwono IX, karena dulunya merupakan kawasan penuh pohon beringin.

Aneka batik Yogyakarta, kerajinan tangan penduduk setempat seperti blangkon, kipas batik, topi lebar, gantungan kunci, dan banyak lagi bisa kamu temukan di sini. Jika kamu merasa lelah dan lapar setelah seharian bergabung dalam hiruk-pikuk pasar, kamu bisa langsung menikmati makanan khas Yogya seperti gudeg dan getuk.

Aneka es campur dan ketan manis dijamin akan memuaskan dahaga kamu. Tak hanya dipadati warga setempat, Pasar Beringharjo dipenuhi oleh turis lokal dan mancanegara.

  1. Pasar Klewer, Solo

Ini merupakan salah satu pasar batik terbesar di Solo. Kamu tentunya sudah mengetahui reputasi Solo sebagai penghasil batik terbaik, bukan? Mulai dari batik cap berbahan katun hingga batik sutera yang mahal, semua ada.
Tak hanya kain batik, juga ada aneka daster batik, sprei, taplak meja, dan beragam kerajinan batik unik lainnya yang menjadi surga bagi kamu para pecinta batik. Selain itu, kamu juga bisa mencicipi ragam kuliner khas Solo seperti es dawet, bubur ketan, dan lain-lain.

  1. Pasar Seni Sukowati, Bali

Bagi kamu yang pernah berkunjung ke Bali, pasti pernah mendengar nama yang satu ini. Pasar Sukowati. Pasar seni yang termahsyur dan selalu dikunjungi turis kala berlibur dan hendak mencari buah tangan di Bali. Terletak di kawasan Gianyar, ada sangat banyak hal yang bisa kamu temukan di sini.

Mulai dari sendal manik-manik khas Bali, daster, gelang etnik, lukisan, gantungan kunci, patung dan aneka ukiran kayu, dan masih banyak lagi. Pintar-pintar menawar, ya!

  1. Pasar Gedebage, Bandung

Kota Bandung disebut-sebut sebagai kota mode. Di kota ini, kamu bisa menemukan ada sangat banyak butik dan factory outlet yang menawarkan ragam busana terkini.

Dan pasar tradisional yang termahsyur adalah Pasar Gedebage. Pasar yang satu ini juga dianggap sebagai pusat pakaian bekas di Bandung. Pasar tradisional yang satu ini tentunya merupakan surga bagi kamu yang ingin menemukan aneka busana layak pakai yang super kece dengan harga miring. Tak heran, Pasar Gedebage jadi sangat populer di Indonesia.

  1. Pasar Tanah Abang, Jakarta

Pasar yang satu ini sudah tak perlu dipertanyakan lagi kemahsyurannya. Terkenal akan aneka kainnya yang berkualitas dan sangat lengkap, Pasar Tanah Abang diburu oleh warga lokal dan wisatawan mancanegara.
Pusat grosir pakaian terbesar di Asia Tenggara ini terdiri dari beberapa blok. Yaitu blok A, B, C, D, E, F, AA, BB, dan CC. Semuanya menjual aneka tekstil dalam bentuk grosir maupun eceran. Masing-masing menjual pakaian dengan model berbeda.

Jika tak ingin terjebak dengan suasana ramai, kunjung Pasar Tanah Abang di pagi hari dan akhir pekan. Sedikit saran, selalu perhatikan barang bawaan kamu ya, terutama barang-barang berharga seperti ponsel dan dompet.

Sumber : kumparan.com

5 Pasar Tradisional Indonesia yang Jadi Surga Belanja Wisatawan
5 (100%) 1 vote

Tagged as: , ,

Tinggalkan Balasan