6 Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan

DARADAENG.COM – Manfaat Daun Kumis Kucing. Kumis kucing (Osthosiphon stamineus) yang termasuk dalam family Lamiaceae, merupakan salah satu tanaman herba yang sering dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah. Selain itu, tamanan kumis kucing bagi masyarakat dikenal sebagai bahan obat tradisional yang sangat mujarab untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Jenis tanaman ini memiliki batang yang berbentuk kubus atau persegi dan tumbuh tegak dan bercabang-cabang, jika dilakukan uji laboratorium tumbuhan ini mengandung glikosida orthosiphonin, zat ini bermanfaat sebagai zat yang dapat melarutkan fosfor serta asam urat yang ada dalam tubuh kita. Masih banyak lagi manfaat dari daun kumis kucing yang bisa kita peroleh dari tanaman tersebut.

Daun Kumis Kucing
Daun Kumis Kucing

Manfaat dan Pengolahan Daun Kumis Kucing

1. Bermanfaat untuk obat peluruh kencing, cara membuatnya siapkan daun kumis kucing yang segar sebanyak 1/4 genggam, rebus dalam segelas air biarkan hingga mendidih dan tersisa 1/2 gelas saja. Setelah itu angkat dan dinginkan air rebusan tersebut. Minumlah air rebusan dua kali sehari, sebanyak setengah gelas setiap kali minum.

2. Mengobati penyakit kencing batu. Kencing batu adalah penyakit yang dapat terjadi pada setiap manusia biasanya karena terlalu sering menahan, sehingga tidak menuntut kemungkinan kita akan terbebas dari penyakit ini, kumis kucing merupakan tanaman yang dianggap mampu untuk mengobati dan mencegah penyakit ini. Cara mengolahnya siapkan sekitar 90g daun kumis kucing yang sebelumnya telah dibersihkan. Rebus daun kumis kucing dengan 1 liter air, biarkan hingga air rebusan tersebut hanya tersisa sekitar 750cc. Angkat lalu dinginkan. Minumlah air rebusan daun kumis kucing 3 kali sehari, 750 untuk tiga kali minum. Minumlah secara rutin hingga penyakit sembuh.

3. Mengobati penyakit nyeri buang air seni, pengolahannya dengan cara menyiapkan sejumput daun kumis kucing, keringkan di bawah sinar matahari, sehingga menyerupai teh, seduh dengan air panas dan gula aren.

4. Mengobati penyakit pinggang, bagi sebagian orang yang harus mengangkat beban yang berat, misalnya menaiki tangga sambil membawa berbagai barang, biasanya pinggang terasa sakit. Sebagai obatnya kumis kucing dapat mengurangi rasa sakitnya, cara membuatnya dengan menyiapkan sekitar 7 helai daun kumis kucing dan juga akarnya. Potong-potong akar menjadi 2 bagian dan merebusnya dalam segelas air. Diamkan selama 24 jam dan minumlah rebusan tersebut.

5. Bermanfaat sebagai obat herbal masuk angin, cara pembuatannya, menyiapkan sekitar satu sendok daun kumis kucing, kemudian merebusnya dengan 1 gelas air, diamkan hingga yang tersisa dari air rebusan setengah gelas saja. Minumlah air rebusan setelah dingin.

6. Kumis kucing dapat mengobati penyakit batu ginjal. Untuk pengobatan batu ginjal, sebagian besar masyarakat biasanya menggunakan kumis kucing untuk mengobatinya. Cara untuk membuatnya yaitu, siapkan sekitar 3 genggam daun kumis kucing, 5 lembar daun pecah beling, yang sudah dibersihkan. Kemudian rebuslah daun-daun tersebut dan tambahkan sedikit gula, rebus hingga mendidih. Angkat, tapis, lalu dinginkan. Minumlah air rebusan sekitar 10 hari sebanyak 2 kali sehari.

Tanaman kumis kucing mengandung beberapa senyawa kimia yang penting, antara lain:
Orthosiphon glikosida, saponin, garam kalium, minyak atsiri, minyak lemak, zat samak, mioinositol, sapofonin, dan sinensetin. Dengan adanya senyawa-senyawa tersebut, sehingga kumis kucing berkhasiat dalam berbagai macam pengobatan herbal.

Dimikianlah ulasan tentang manfaat dan khasian daun kumis kucing bagi kesehatan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dalam menjaga kesahatan tubuh kita. Sebab, kesehatan adalah harta paling berharga yang harus kita jaga.

Satu gagasan untuk “6 Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan”

Tinggalkan Balasan