8 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh

DARADAENG.COM – Semangka atau Citrullus lunatus yang termasuk dalam famili Cucurbitaceae ini merupakan buah yang berair dan daging buah berwarna merah. Seringkali buah ini dikonsumsi pada saat cuaca panas yang cukup terik. Semangka mengandung 90% air. Selain untuk menghilangkan rasa dahaga ternyata semangka juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Semangka memiliki daging buah yang berwarna merah yang merupakan tanda bahwa buah ini mengandung nutrisi, vitamin, mineral, kalium, betakaroten, serta serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan nutrisi dan vitamin pada semangka akan membantu menjaga dan mempertahankan kekebalan tubuh. Berikut ini informasi penting mengenai manfaat buah semangka bagi kesehatan:

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan
Buah Semangka
Khasiat Manfaat Buah Semangka

1. Jantung lebih sehat. Kandungan likopen dalam buah semangkan sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung, jika jantung tidak sehat maka sistem peredaran darah akan terganggu.

2. Meningkatkan sistem imun.Semangka mengandung banyak vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah terserang berbagai penyakit.

3. Mengokohkan tulang. Sudah dikatakan sebelumnya bahwa semangka mengandung unsur kalium. Kalium berfungsi untuk meningkatkan kandungan kalium tubuh. Dengan begitu tulang akan lebih kuat.

4. Ketajaman penglihatan. Betakaroten dalam buah semangka dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh saat dicerna. Kemudian vitamin A akan mempertahankan kesehatan mata.

5 Menyehatkan organ ginjal. Sudah diketahui bahwa semangka mengandung 90% air, dengan begitu kadar air akan membantu kelancaran aliran urin. Jika aliran urin tetap lancar juga akan sangat baik untuk kesehatan ginjal.

6. Mengurangi lemak. Semangka mengandung citruline yang befungsi untuk mengurangi kandungan lemak berlebih dalam tubuh.

7. Melindungi tubuh dari radikal bebas. Debu dan asap yang terhirup oleh manusia akan memudahkan radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Karotenoid dalam semangka dapat menetralisir radikal bebas yang masuk dalam tubuh.

8. Menjaga kebugaran tubuh. Jika sering mengonsumsi semangka maka seseorang tidak akan kehilangan banyak cairan dan membuat tubuh terlihat bugar setiap saat.

Memakan buah-buahan adalah salah satu cara untuk menghindarkan diri dari bahaya penyakit disekitar kita. Demikian informasi tentang manfaat buah semangka bagi kesehatan. Semoga dapat bermanfaat dan membantu untuk dalam mewujudkan hidup yang sehat.

Tinggalkan Balasan