Apa Itu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Pernahkah anda mendengar tentang PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)? mungkin anda sebagai ibu/bapak/orang tua tentu pernah mendengarnya, namun apakah kita tahu bahwa pendidikan anak usia dini ini penting untuk mencetak calon generasi muda yang baik dimasa akan datang? anda tentu belum tahu secara baik tentang hal itu.

Pendidikan Anak Usia Dini atau disingkat PAUD adalah salah satu jenjang pendidikan bagi anak sebelum melangkah pada pendidikan dasar pada sekolah-sekolah formal, pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang ditujukan pada generasi muda usia satu sampai enam tahun yang bertujuan merangsang penerimaan pendidikan serta membantu perkembangan jasmani dan rohani anak didik, mental anak pun akan dilatih agar dapat mempunyaimkesiapan mental untuk memasuki pendidikan pada tahap yang lebih lanjut, baik itu pendidikan formal, non formal, ataupun pendidikan informal.

Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Anak Usia Dini

Apa Itu PAUD

PAUD atau Pendidikan anak usia dini sejak tahun 2002 sudah mulai diperhatikan oleh pemerintah secara bersungguh-sungguh yang dalam kurung waktu sekitar tujuh tahun mencapai angkar partisipasi kasar sebesar 15,3 juta anak usia dini atau sekitar 53,6% dari total anak 0-6 tahun. Gerakan PAUD ini mendapat perhatian khusus dari Kementrian Pendidikan Nasional dikarenakan priode usia 0-6 tahun adalah periode emas pertumbuhan otak anak,

Pendidikan anak usia dini adalah tempat yang cukup tepat dan dibutuhkan oleh anak dalam mempersiapkan diri menghadai pendidikan formal lebih lanjut. Pada lembaga PAUD, anak akan diajarkan mengenai dasar-dasar cara belajar, melatih mental dan berbagai hal penting untuk anak, tentunya ini akan sangat berarti untuk tumbuh kembang anak, penanaman pondasi-pondasi agama dan tata cara bersosialisasi yang baik akan menjadi perhatian penting bagi anak.

Dengan Metode pembelajaran yang mengasikkan dengan penggabungan pembelajaran dengan objek permainan akan mendidik anak dengan level yang lebih tinggi dari pada sekedar taman bermain, income yang didapatkan anak pun akan dapat lebih diarahkan sebaik-baiknya, adapun beberapa pembelajaran itu antara lain

  1. Social Relationship (Hubungan Sosial)
  2. Problemsolving (Pemecahan Masalah)
  3. Negotiation (Negosiasi)
  4. Time Management (Manajemen Waktu)
  5. Conflict Resolution (Mengatasi konflik)
  6. Cooperation in Group (Bekerjasama dalam Kelompok)
  7. Social Responsibility (Tanggung Jawab Sosial)
  8. Language Learning (Pembelajaran bahasa 1-3 bahasa)

Demikianlah artikel tentang Apa itu PAUD, untuk lebih lengkapnya anda bisa membaca “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini” sebagai referensi tambahan untuk anda, dan semoga artikel-artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan