Cara Memakai Jilbab yang Baik dan Benar

DARADAENG.COM – Seorang muslim laki-laki dan perempuan wajib menutup aurat sebagaimana yang telah diperintahkan oleh Allah SWT. Khusus untuk para muslimah, di wajibkan kepadanya untuk memakai jilbab. Hendaklah ia memandang jilbab sebagai bagian dari dirinya, bukan hanya sekadar hiasan belaka. Banyak diantara kita yang tidak menyadari kekurangan dalam menutup aurat. Apalagi di era modern sekarang ini.

Berbagai macam embel-embel dalam berpenampilan telah merusak moral seorang muslimah. Manusia sudah seharusnya mentaati aturan dan perintah Allah SWT. Agar tetap cantik di mata manusia dan di Mata Allah pastinya, maka hendaklah kita berpenampilan sebagaimana yang diajarkan dalam agama Islam. Salah satunya dengan berjilbab bagi para muslimah.

Cara memakai Jilbab yang Baik

Jilbab yang benar adalah jilbab yang syra’i yang sesuai dengan ketentuan dalam Islam. Tidak seperti jilbab yang banyak digunakan dengan mode atau trend yang berlaku di masyarakat. Beberapa syarat dalam berjilbab:

  1. Menutup aurat kecuali wajah dan telapak tangan
  2. Dalam berbusana wajiblah kita menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Seorang muslimah harus memerhatikan busana sebelum mengenakannya, antara lain yang harus diperhatikan adalah lengannya harus panjang dan menutupi tangan hingga pergelangan tangan. Longgar sehingga tidak menampakkan lekuk tubuh, tidak transparan, tidak pendek. Jangan lupa kenakan kaos kaki untuk menutupi kaki. Wanita tidak dianjurkan untuk menggunakan celana, apalagi celana yang ketat. Celana hanya menampakkan bagian tubuh wanita seperti betis dan paha.
  3. Jilbab lebar dan menutupi dada
  4. Gunakan jilbab yang lebar, sehingga dapat menutupi dada ketika mengenakannya. Tidak melilitkan jilbab ke leher model ini menyerupai cara berbusana orang-orang kristen.
  5. Tebal dan tidak transparan
  6. Carilah jilbab yang kainnya tebal sehingga kelihatan tidak transparan. Tapi jika jilbab tipis, dapat menggunakan lapisan dalam yang lebih tebal sebelum mengenakannya.
  7. Jilbab yang longgar dan tidak ketat
  8. Perhatikan juga jilbab yang dikenakan. Yaitu jilbab yang longgar dan tidak ketat. Jadi tidak menampakkan lekukan tubuh.
  9. Tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan
  10. Perhiasan tidak seharusnya dinampakkan. Kebanyakan orang menggunakan kalung setelah jilbab. Seharusnya perhiasan-perhiasan ditutupi oleh jilbab.
  11. Menggunakan make-up yang sederhana
  12. Merias wajah dengan make-up tidak dilarang bagi seorang perempuan. Tapi sangat dianjurkan agar tidak berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan tidak baik dan Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan.
  13. Niat untuk menutup aurat
  14. Yang paling penting dalam menutup aurat adalah niat. Mengenakan jilbab dengan didasari niat dari dalam diri akan membuat perasaan lebih nyaman dan terjaga.

Biasakanlah dari sekarang untuk memperbaiki diri, untuk tetap berada di jalan yang diridhoi oleh Allah. Agar kita termasuk dalam orang-orang yang memperoleh Rahmat-Nya. Jika bukan sekarang kapan lagi kita bisa memperbaiki diri? Demikianlah cara memakai jilbab yang baik dan benar. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan