Cara Menghadapi Masalah Menurut Islam

Daradaeng.comCara Menghadapi Masalah Menurut Islam, tiap-tiap orang tidak akan pernah lepas dari suatu permasalahan. Hal semacam ini dipicu oleh kehidupan didunia yang memanglah tidak pernah datar serta lurus saja. Bahkan seseorang yang kaya raya dan entrepreneur berhasil juga kadang-kadang tidak akan pernah terlepas dari suatu permasalah hidup. Berarti dengan cara garis besar bisa diambil kesimpulan bahwasanya persoalan adalah teman dekat untuk kehidupan seseorang.

Saat kita sudah mengerti bahwasanya persoalan adalah teman dekat untuk kehidupan, maka selanjutnya kita bisa belajar untuk menyukai semua apa pun yang sudah kita dapati. Pasti dengan mengaplikasikan sikap yang demikian kita bakal dapat mengubah posisi diri kita, yakni sebagai korban yang diperdaya atas keadaan kondisi tak mengasyikkan.

Sikap positif atas persoalan yang kita hadapi pastinya bakal mengubah posisi kita dari yang pada mulanya untuk korban bakal jadi pelaku atau subyek. Saat kita sebagai pelaku, maka dalam hal kita telah mempunyai kekuatan untuk mengubah persoalan jadi barokah.

Menghadapi Masalah Menurut Islam

Menghadapi Masalah Menurut Islam

Dalam suatu peluang yang kita miliki untuk melakukan perbaikan keadaan, maka pada waktu itu kita selalu berusaha serta berusaha untuk meniadakan kekeliruan di masa lalu. Hingga dengan demikian kita bakal dapat ucapkan puji sukur pada Tuhan, karena dengan persoalan yang sejauh ini datang pada kita, sekalian bisa kita untuk jadikan batu pijakan untuk mencapai keberhasilan di masa yang akan datang.

Beberapa hal yang diungkapan di atas sesungguhnya searah dengan cara hadapi persoalan menurut agama Islam sendiri. Di mana dari beragam cuplikan ayat-ayat suci yang sesuai dengan ajaran agama Islam, juga sesungguhnya mengajari kita untuk terus bangkit serta berbenah diri saat suatu permasalahan tengah menimpa kita.

Adapun langkah hadapi masalah menurut Islam itu dengan cara lengkapnya bisa kita pelajari dari beragam cuplikan ayat-ayat di bawah ini :

Bila tengah di terpa permasalahan berat, maka janganlah panik, namun berlakulah lebih tentang, serta hal semacam itu sesuai dengan saran Rasullulah SAW, didalam sabdanya Bila engkau hadapi satu perkara, maka pelan-pelanlah (tenanglah), sampai Allah bakal memberikan kepadamu jalan keluarnya” (HR Bukhari)

Bila sedang diperhadapakan dengan masalah berat, maka sebaiknya kita memohon petunjuk dengan shalat istikharah serta diikuti dengan puasa sunnah. “Karenanya, ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya aku ingat (juga) kepadamu serta syukurlah kepada-Ku serta janganlah kamu memungkiri nikmatku” (Qs Al Baqarah (2) : 152).

Walau mempunyai permasalahan yang berat, maka sebaiknya janganlah pernah menyimpang dari ajarang Islam.” Sebenarnya bila anda bersukur, pasti anda bakal menambah (nikmat) kepadamu, bila anda memungkiri (nikmatku), maka sesungguhnya azab-Ku benar-benar pedih” (Qs Ibrahim : 7).

Pasti dengan mengaplikasikan cara hadapi masalah menurut Islam di atas, kita bakal lepas dari beragam permasalah hidup yang tengah dihadapi, baik yang berat dalam kehidupan, dan juga di dalam keluarga. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan