Fenomena Alam Sungai Mangguliling

DARADAENG.COM – Fenomena Alam Sungai Mangguliling, Jika berendam sungai mangguliling di percaya mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit Mangguliling adalah sebuah dusun yang terlatak desa baring, kecamatan Segeri, Kabupaten Pangkep, provinsi sulawesi selatan, berjarak kurang lebih 100 Kilo Meter sebelah utara dari kota makassar, ada sebuah fenomena menarik yang jarang terjadi, kejadian unik di sungai ini, kini menjadi perbincangan hangat, serta menjadi sebuah buah bibir, yaitu sungai Mangguliling. ribuan orang yang berdatangan kesana dalam setiap harinya guna mengungjungi kaki bukit bulu karoang ini, mengapa hal demikian bisa terjadi.

Entahlah hal ini berawal dari mana, sungai Mangguliling dipercaya memiliki berkhasiat serta mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit, olehnya, banyak masyarakat yang berbondong-bondong untuk mengunjungi tempat tersebut, dengan harapan ingin memperoleh kesembuhan dari penyakit yang dideritanya, bahkan tidak jarang banyak yang berasal dari luar kota pangkep bahkan provinsi lain datang berkungjung ke sungai mangguliling ini.

Fenomena Alam Sungai Mangguliling

Bukan sebuah hal yang mustahil, jika masyarakat kini yang telah putus asa karena berbagai macam penyakit yang dideritanya tak kunjung sembuh, di sungai Mangguliling disanalah mereka mampu merasakan sebuah keajaiban. entahlah apakah hanya sekedar mitos, spekulasi, ataukah hal ini benar-benar fenomena alam.

Akan tetapi faktanya hal demikian tidak dapat kita pungkiri. Dan tidak sedikit warga yang sudah membuktikan dan memberikan kesaksian atas keajaiban dan khasiat yang mereka peroleh setelah berendam di aliran sungai mangguliling ini.

Hanya saja, di sisi lain, banyak hal yang memprihatinkan, yaitu sampah dan kotoran yang ditinggalkan oleh para pengunjung, meski banyak terpancang papan peringatan agar tidak membuang sampah sembarangan tempat, tapi hal ini tidak mampu menjadi pengahalang bagi pengunjung untuk membuang berbagai macam jenis sampah.

Mereka seakan-akan tak peduli serta terkesan acuh, mulai dari kantong plastik, bungkusan yang terbuat dari daun pisang sampai popok bayi, semua ini dibiarkan berserakan begitu saja pada pinggiran sungai Mangguliling ini, bahkan di tengah sungai, aliran yang dulunya begitu bersih, kini berubah menjadi keruh dan kotor hingga tampak sangat awut-awutan.

Hal demikian Ini merupakan ancaman besar buat lingkungan, coba bayangkan jika saja 1 orang pengunjung membuang satu kantongan palastik dan botol minuman ringan, bagaimana bila hal tersebut dilakukan oleh banyak orang, hal ini berarti puluhan ribu botol pelastik dan kantongan akan bertumpuk setiap hari, siapakah yang mau peduli dan bertanggung jawab dengan semua ini. besar harapan kami semoga pemerintah setempat agar lebih memperhatikan obyek wisata pengobatan air sungai Mangguliling ini.

Dan satu hal yang cukup miris, ketika alam memberikan kebaikan, maka manusia membelasnya dengan cara memberikan sampah dan kotoran sehingga jangan salahkan alam, jika ia pun mulai murka dan memberikan teguran. Itulah sedikit ulasan tentang fenomena alam di kabupaten Pangkep tentang Air sungai Mangguliling yang dipercaya dapat meyembuhkan berbagai macam penyakit. Nah bagi yang penasaran silahkan mengadakan kunjungan wisata ke Kabupaten Pangkep. Referensi Dan Sumber : Rudy Rustam.

Tinggalkan Balasan