Scroll to Top

Hemat Baterai Smartphone Selama Liburan, Berikut Tipsnya

DARADAENG – Handphone menjadi perangkat yang dapat membantu kamu dalam segala hal menyangkut liburan seperti memeriksa jadwal tiket murah, maka akan lebih mudah dilakukan via handphone atau smartphone. Bahkan untuk reservasi tiket pesawat, seperti tiket Garuda Indonesia di Reservasi.com pun bisa kamu lakukan via handphone.

Hemat Baterai Smartphone Selama Liburan, Berikut Tipsnya

Sehingga Handphone telah menjelma sebagai barang wajib yang tidak boleh ditinggalkan kemanapun kamu pergi, tertelebih saat liburan. Namun penggunaan handphone yang terlalu sering saat liburan dapat menguras daya baterai, bila habis tentu dapat menjadi kendala bukan?

Untuk kamu yang hendak liburan sebaiknya ikuti cara mengelola baterai handphone agar tidak cepat habis berikut ini :

Jangan Lupa Membawa Power Bank
Power bank wajib kamu bawa selama liburan, karena saat kamu kehabisan baterai dan tidak ada sumber listrik untuk mengisi ulang daya. Maka kamu dapat memanfaatkan power bank yang kamu bawa. Namun ingat juga daya power bank yang kamu bawa haruslah dalam keadaan full ya,

Tidak Bermain Games
Smartphone adalah devices yang paling mantap untuk bermain games kapan saja, apalagi bila sedang bosan. Namun saat sedang liburan sebaiknya kamu mengurangi aktiftas bermain games lewat smartphone kamu, karena bisa membuat baterai smartphone kamu terkuras dengan cepat.

Tukar Sinyal 3G atau 2G
Siapa sih yang tidak butuh kecepatan browsing? Semuanya tentunya butuh. Sinyal 4G memang sangat membantu kamu dalam hal kecepatan saat surfing dunia maya, tapi efeknya baterai handphone bisa cepat habis.

Untuk menghemat baterai kamu dapat tukar pengaturan ke sinyal 3G atau 2G saja, kecuali bila kamu sedang butuh akses cepat misal untuk memeriksa jadwal tiket murah untuk pulang maka aktifkan saja kembali sinyal 4G, sehingga baterai dapat tetap hemat.

Turunkan Brightness
Kecerahan layar juga dapat membuat daya baterai cepat habis, maka tips lain untuk menghemat baterai selama liburan ilah dengan kamu menurunkan kecerahan layar atau brightness smartphone kamu. Saat kamu sedang berada diluar ruangan, tentu akan lebih nyaman menggunakan handphone dengan kecerahan layar rendah, jadi hal ini sangat cocok bila kamu hangout diluar saat liburan.

Menonaktifkan Mode Getar
Memang terlihat tidak berpengaruh, namun sebenarnya mode getar yang kamu aktifkan dapat menjadi salah satu alasan baterai handphone cepat habis. Untuk itu sebaiknya nonaktifkan saja mode getar handphone kamu supaya lebih hemat.

Disable Aplikasi yang Tidak di Gunakan
Semakin banyak aplikasi yang terpasang dihandphone tentu akan membuat handphone bekerja lebih berat. Nah kerja sistem yang berat ini dapat menghabiskan daya beterai dengan cepat, memang sedikit repot tapi efeknya besar. Kamu dapat disable aplikasi yang sedang tidak kamu gunakan selama liburan.

Nonaktifkan GPS
Aktifkan gps saat kamu ingin mengetahui lokasi kamu saja, selebihnya bila tidak diperlukan matikan fungsi yang satu ini.

Aktifkan Sleep Mode
Beberapa handphone memiliki pengaturan sleep mode, pengaturan yang satu ini sangat tepat digunakan saat kamu ingin baterai handphone kamu bertahan lebih lama.
Jadi bila handphone kamu memiliki ftur yang satu ini, jangan lupa diaktifkan saat liburan ya

Aktifkan Power Saver
Fitur Power Saver merupakan langkah lain untuk menghemat baterai handphone atau smartphone kamu. Power Saver akan secara otomatis menonaktifkan fitur-fitur yang dapat menguras baterai anda seperti tampilan layar berubah hitam putih, gps nonaktif, penggunaan data seluler mati yang tentu akan membuat baterai smartphone anda bertahan lebih lama.

Gunakan Airplane Mode
Bila kamu tetap ingin menggunakan handphone kamu, misal untuk mendengar musik atau hal lain. Maka salah satu cara agar baterainya bertahan lama ialah dengan mengatifkan airplane mode.

Walaupun sedang tidak dalam pesawat, fitur yang satu ini terbukti dapat menghemat baterai dengan baik. Fitur ini juga dapat kamu aktifkan dalam pesawat, seperti Garuda Indonesia. Salah satu maskapai terbaik Indonesia. Untuk pembelian Tiket Garuda Indonesia lewat Reservasi.com saja.

Jangan Terlalu Sering di Gunakan
Kalau mau hemat, memang sebaiknya jangan terlalu sering digunakan. Gunakan untuk hal-hal penting saja seperti periksa jadwal tiket murah, mencari lokasi terbaik, wisata kuliner khas atau lainnya. Selebihnya nikmati saja liburan kamu, jauhkan diri dari penggunaan handphone terlalu sering. Enjoy saja dengan pemandangan dan aktifitas liburan.

● Kalau Memang Tidak Digunakan, Nonaktifkan Handphone
Cara jitu lain dalam menghemat baterai ialah dengan menonaktifkan handphone tersebut. Namun cara ini sebaiknya kamu lakukan bila memang handphone tersebut tidak sedang kamu gunakan, sehingga tidak masalah kalau dinonaktifkan bukan?

Nah itulah dia cara untuk menghemat baterai handphone selama liburan, jadi untuk kamu yang sedang bersiap untuk liburan catat dan ingat tips diatas agar tidak kesusahan saat tiba-tiba baterai handphone kamu ludes selama liburan.
Semoga liburan kamu menyenangkan.

Hemat Baterai Smartphone Selama Liburan, Berikut Tipsnya
5 (100%) 1 vote

Tagged as: ,

Tinggalkan Balasan