Istilah istilah Dasar Internet

 Internet
Istilah istilah Dasar Internet
15 votes, 4.40 avg. rating (88% score)


DARADAENG.COM – Didalam dunia internet tentunya kita akan menemui banyak istilah berhubungan dengan internet Istilah istilah tersebut perlu dipahami dengan baik, sehinggah kita tidak binggung pada saat online mengunakan internet, berikut beberapa istilah diinternet yang admin dara daeng akan ulas secara detail pada kesempatan kali ini, semoga dengan membaca artikel dari mengenai Istilah istilah Dasar Internet dapat menjadi bahan acuan bagi kita semua yang sering

Membuka internet, dan alangkah baiknya jika kita memahami istilah di Internet agar nantinya kita tidak keliru didalam berselancar didunia internet selangapkanya Istilah istilah Dasar Internet silahkan disimak berikut ini

Istilah istilah Dasar Internet

Istilah istilah Dasar Internet

Browser Atau Web Browser
Broweser Adalah Program yang digunakan untuk mengakses internet contoh dari program browser adalah Internet Explor dan Netscape Navigator

HTML
HTML merupakan singkatan dari Hyperttext Mark Up Lenguage, HTML yaitu sebuah morse atau kode yang digunakan untuk memciptakan suatu halaman website, setiap halaman web disebut website yang terdiri dari sebuah halaman html (.htm) kita membutuhkan browser untuk menampilkan file Html tersebut.

Server
Komputer yang memberi layanan kepada komputer lain (komputer client) yang disebut server, karna berfungsi memberikan layanan, pekerjaan yang dilakukan oleh server sangat banyak, oleh sebab itu komputer server harus mempunyai kemampuan lebih handal dibandingkan komputer yang digunakan sebagai client, dinternet komputer server digunakan sebagai komputer penyimpan dokumen dokumen web dari website tertentu. komputer tersebut melayani komputer lain yang mengakses website yang disimpannya

Client
Komputer Client adalah komputer yang terdapat didalam suatu jaringan yang difungsikan sebagai penerima layanan, komputer client memiliki kelebihan yang sangat rendah dibandingkan dengan komputer server. Pada saat kita mengakses internet komputer kita disebut komputer client karna komputer kita menerima layanan dari komputer server milik website yang kita kunjungi.

Bandwidth
Bandwidth adalah ukuran kemampuan suatu jaringan agar bisa mentransfer data didalam jangkauan tertentu, Satuan Bandwidth adalalah megabit per second (Mpbs) atau kilobit per secon (kbps)

Search Engine
Search Engine merupakan program wesite tertentu yang dapat digunakan untuk mencari info yang ada diinternet seperti mesin pencari yang populer diantanya yahoo, google, bing dan masih banyak lagi.

Url (Uniform Resource Locator)
URL adalah sistem pemberian nama pada alamat website, Alamat URL adalah alamat dari suatu halaman website seperti contoh http://www.daradaeng.com/

Website
Website merupakan kumpulan halaman-halaman web yang saling terkait, website sering juga disebut dengan situs web,site atau portal.

Homepage
Halaman web pertama yang terdapat pada sebuah website disebut Homepage. biasanya home page berisi ucapan selamat datang, beberapa ringkasan isi website, dan beberpa link kebagian penting dari website tersebut, home sering juga digunakan untuk website pribadi seseorang sebagai istilah “rumah” dalam bentuk halaman web.

Web Page
Web page merupakan istilah yang biasa dipakai dan sebagai bahan acuan ke sebuah halaman website, sebuah web page merupakan halaman html.

Hipertext Link Atau Hiperlink
Link adalah sebuah text, gambar, maupun tombol dihalaman website yang dipakai untuk membuka halaman website dalam file tertentu, link dihalaman web akan mempunyai tanda dan warna yang berberda, biasanya jika link disorot dengan mouse pointer maka teks tersebut merupakan link

ISP Internet Service Provider
ISP difungsikan sebagai media jasa koneksi internet, jika kita igin komputer kita
mengalami koneksi pada internet maka kita diharuskan menyambunkan komputer ke ISP

Program Dial-Up
Program dialup merupakan program yang diperoleh dikomputer yang mempunyai fungsi untuk kontrol modem dan mengatur koneksi antara PC dengan server yang menyediakan jasa layanan Internet (ISP).

Off Line
Off line adalah kondisi di mana conection komputer ke internet didalam keadaan of atau tidak memiliki koneksi.

Online
Online adalah kondisi dimana conection kompi, kita keinternet dalam keadaan on atau terhubung.

Login
Beberapa halaman web di iternet hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas tersebut dilakukan dengan cara memasukkan User Id atau password. Proses pemasukan user ID dan pasword tersebut disebut login, Contoh proses login adalah ketika kita memasukkan user id dan password pada saat ingin membuka kotak email.

Logout
Logut adalah kebalikan dari login, logot yaitu prosedur keluar dari halaman website, yang hanya dapat dibuka dan dilihat admin yang memiliki hak otoritas.

Protokol
Protokol adalah Aturan yang ada untuk melaksanakan perintah tertentu, contohnya, di Internet ada pada protokol untuk menyampaikan perintah ke PC lain, ada protokol yang mengirimkan email dan sebagainya.

HTTP atau HiperText Transfer Protokol
HTTP adalah protokol yang digunakan untuk memperuntukkan informasi diinternet, komputer kita menerima file0file HTML dari sebuah server diinternet dengan mengunkan Protokol HTTP.

POP atau Post Office Protokol
POP adalah protokol yang digukan untuk mengambil e-mail yang disimpan diserver diinternet atau sebuah ISP.

Download
Proses pengambilan file dari sebuah komputer server diinternet kekomputer yang kita gunakan disebut donwload.

Upload
Proses penganbilan file dari sebuah komputer kita kesebuah komputer server di internet ke komputer yang kita gunakan, Upload merupakan kebalikan dari proses download.

Freeware
Program yang ditempatkan diinternet dan dibagikan secara gratis, setiap orang diperbolehkan mengambil file tersebut.

Shareware
Share merupakan program komputer di internet yang dapat kita download dan kita gunakan dalam jangka waktu tertentu, jika kita ingin mengunakannya terus maka kita harus membeli dengan cara membayar biaya pendaftaran.

GIF atau Grafical Interchange Format
GIF merupakan suatu format file gambar. GIF mepunyai ukuran file yang kecil, sehinggah banyak yang digunakan sebagai format gambar di internet.

JPEG atau Joint Photografic Experts Group
Selain GIF, JPEG merupakan file gambar yang banyak digunakan diiternet, JPG mempunyai ukuran file yang lebih kecil.

SPAM
SPAM adalah pengiriman pesan yang tidak diinginkan, seperti e-mail yang tidak penting, e-mail bernatai, ikaln dan sebagainya.

Demikianlah ulasan dari saya mengenai Istilah istilah Dasar Internet semoga dengan membaca istilah internet diatas dapat bermanfaat. Wassalam.


Author: 

7 Responses

  1. Tania RenAugust 26, 2013 at 12:01 amReply

    sangat membantu, makasiih…. ^_^

  2. Afira ApriliaAugust 28, 2013 at 1:13 pmReply

    sangat membantu, makasiih…. ^_^

  3. Welly Tri PutraAugust 29, 2013 at 11:50 amReply

    sangat membantu, makasiih…. ^_^

  4. Raden Elfaz SuryadiningratSeptember 1, 2013 at 2:35 pmReply

    Terima Kasih atas penjelasannya

  5. GroupSeptember 21, 2013 at 8:26 amReply

    Thanks artikelnya ringkas dan sangat membantu..

  6. YanharDecember 8, 2013 at 3:45 pmReply

    Terima kasih atas infonya..

Leave a Reply