Pulau Kapoposang Keindahan pasir putih

Keindahan Alam Bawah Laut Pulau Kapoposang

DARADAENG.COM – Pulau Kapoposang merupakan satu dari ratusan gugusan pulau kecil yang terdapat di Selat Makasar. Di tinjau Secara administratrif, pulau ini terletak di Kabupaten Pangkep, propinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Obyek Wisata Perairan Kapoposang terdiri atas 3 pulau berpenghuni yakni Pulau Kapoposang, Pulau Papandangan, dan Pulau Gondong Bali. Selain itu Kapoposang mempunyai 3 pulau kecil berpasir putih yang tidak berpenghuni yakni Pulau Tambakhulu, Pulau Pamanggangang dan Pulau Suranti.

Pulau Kapoposang dengan luas wilayah kurang 50.000 hektar dan mempunyai panjang batas 103 Kilometer, yang jaraknya tempuh dari kota Makasar kurang lebih 70 Kilometer. Pulau Kapoposang adalah obyek wisata bahari yang cukup terkenal. Tak sekedar nikmati keindahan alam, anda dapat juga menyelam, memancing dan snorkeling. Lokasi memancing di sekitar Pulau Kapoposang yaitu salah satu yang terbaik di Indonesia.

Aktivitas mengasyikkan yang dapat dikerjakan di Pulau Kapoposang salah satunya adalah menyelam, snorkeling, memancing, menyaksikan habitat penyu, serta melihat pemandangan sunset dan sunrise. pulau ini ramai dikunjungi wisatawan domestik ataupun mancanegara. Pulau Kapoposang memang sangat indah serta mempunyai banyak kelebihan juga sebagai obyek wisata bahari Hijau dikarenakan beraneka jenis pepohonan tubuh disana.

Keindahan Alam Bawah Laut Pulau Kapoposang

Keindahan Pulau Kapoposang

Snorkeling dan Menyelam sangatlah mengasyikkan, karena terumbu karang di sekitar pulau Kapoposang cukup indah dan sehat. Lagipula keadaan perairan yang jernih dan tak tercemar. Beragam jenis ikan berwarna warni seperti menari ceria menyambut para wisatawan yang berkungjung. hamparan terumbu karang cukup luas mengelilingi Pulau Kapoposang yang memanjang kebarat.

Ada banyak tempat menyelam di pulau Kapoposang yang masing-masing menawarkan kekhasan. Shark point dan Tanjung Point adalah tempat favourite, dikarenakan banyak ikan disana. Disana pun terdapat Aquarium point yang mirip akuarium dengan ikan laut kecil atau wrasse yang bermain di sekitar karang dan koral lunak.

Habitat penyu menjadi keindahan dari sisi lain, Beberapa lokasi di Pulau Kapoposang teridentifikasi juga sebagai daerah tempat bertelur bagi Penyu Sisik (Erethmochelys imbricata). Di pulau Kapoposang wisatawan bisa menyaksikan tingkah penyu tanpa boleh mengusik mereka, lantaran hewan ini dilindungi. Taman Wisata Perairan Kepulauan Kapoposang adalah sala satu Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional.

Di Pulau kapoposang tidak hanya pemandangan laut yang di tawarkan, namun panorama alam serta panorama sekitar pantai dan pulau yang juga demikian indah. Selain itu pohon-pohon besar yang teduh di pinggir pantai juga membuat situasi alam demikian indah. Pantainya merupakan pantai pasir putih yang begitu indah. Pulau kapoposang yang topografi yang cukup menunjang untuk wisata bawah laut, sehingga Pulau Kapoposang merupakan salah satu tempat diving terbaik di Makassar.

Pulau Kapoposang
Pulau Kapoposang Keindahan pasir putih

Terdapat beberapa jalur menuju pulau Kapoposang, yakni dari Pelabuhan Paotere Makasar. Dermaga Kalibone di Kabupaten Maros serta Dermaga Biring Kassi Tonasa Pangkep. Perjalanan mengunakan kapal tradisional memakan saat sekitar 7 jam dari Makasar, Sedangkan dari Kabupaten Maros memerlukan waktu kurang lebih tujuh jam dan delapan jam dari Pangkep. Namun jika anda memanfaatkan kapal cepat dari Dermaga Potere Makasar, anda hanya memerlukan waktu sekitar tiga jam saja.

Hal yang menjadikan pulau Kapoposang patut dan layak untuk dikunjungi yaitu nilai lebih yang dipunyainya. Di pulau ini disiapkan sarana spesial untuk para wisatawan. Di pulau ini dilengkapi dengan alat untuk berselancar atau surfing seperti peralatan untuk menyelam dan juga papan selancar, jadi para wisatawan tak perlu repot untuk membawa peralatan sendiri dikala akan melakukan surfing ataupun diving.

Disana juga tersedia penginapan yang lumayan bagus, karena ada yang dikelola olen pemerintah daerah serta ada juga yang dikelola oleh perusahaan swasta. pemerintah Kapuaten Pangkep telah membangun bungalow dengan tarif yang sangat terjangkau sedangkan untuk akses telekomunikasi hanya terbatas memakai telpon satelit yang biaya pemakaiannya relative mahal. Sedangkan untuk fasilitas penerangan saat malam hari hanya dapat dimanfaatkan dari jam 5 sore sampai jam 10 malam saja.

Pulau Kapoposang tak hanya memiliki jenis flora dan fauna yang beraneka macam, juga mempunyai jenis rumput laut yang cukup bagus hingga hal semacam ini menarik wistawan untuk datang serta belajar tantang bagaimana kegiatan budidaya rumput laut yang telah jadikan rutinitas bagi warga Pulau Kapoposang.

Pulau Kapoposang merupakan tujuan wisata bahari andalan di Propinsi Sulawesi Selatan, Pulau Kapoposang mempunyai potensi pesona bawah air yang sangat memanjakan mata para pengunjung dan siap untuk dieksplore di Pulau ini. Pulau Kapoposang merupakan surga bawah laut yang layak untuk di kunjungi lantaran menaruh beraneka eksotisme terumbu karang.

Tinggalkan Balasan