Rumah Terapung Danau Tempe

Keindahan Alam Obyek Wisata Danau Tempe Wajo

Bercerita mengenai wisata Sulawasi Selatan boleh di bilang tiap-tiap wilayah memiliki ciri khas tersendiri, seperti halnya salah satu obyek wisata yang ada di kabupaten Wajo (Sengkang) Danau tempe. Danau tempe adalah danau tektonik yang ada di negara Indonesia, tepatnya bisa kita jumpai di Kecamatan Tempe, di bagian barat Kabupaten Sengkang Sulawesi selatan, Cukup dengan menempuh perjananan kurang lebih enam jam dengan kendaraan roda empat, Jika bertolak dari Ibu kota Sulawesi Selatan [Makassar].

Danau Tempe Wajo
Danau Tempe Wajo

Keindahan Alam Danau Tempe Wajo

Danau tempe memiliki peranan penting dalam perekonomian Masyarakat yang tinggal disekitar danau, kerena pada danau tersbut memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah yakni danau tempe sebagai habitat Ikan Air tawar. bahkan danau tempe mempunyai spesies ikan air tawar yang jarang kita dapati pada daerah lain.

Danau tempe memiki luas kurang lebih tiga belas ribu hektare. satu keunikan ciri khas tersediri yang dimiliki oleh Kabupaten Sengkang ini adalah rumah Apung [Rumah terapung]

Rumah terapung
Rumah Terapung Danau Tempe
Rumah terapung
Rumah Terapung Danau Tempe

Rumah terapung ini bisa jumpai di danau tempe, Kita dapat melihat jejeran rumah penduduk yang mengambang di permukaan Air, Hanya dengan menempuh perjanan dengan perahu tradisional milik nelayan kurang lebih 50 menit.

Rumah terapung
Rumah terapung

Disepanjang perjananan melesuri keindahan alam danau tempe kita dapat menyasikan banyak hal seperti Nelayan yang menangkap ikan, tumpukan engceng gondok. Engcek gondok di danau tempe merupakan tempat bersembunyi, lebih indah lagi jika deserian Ombak Danau tempe dan telintas kawanan Bangau yang sedang mengintai Ikan dari atas Awan.

Enceng Gondok
Enceng Gondok Danau Tempe
Perahu Nelayan Danau Tempe
Foto Perahu Nelayan Danau Tempe

Disamping itu tiap setahun sekali pemerintah Kabupaten Sengkang [Wajo] mengadakan festival danau tempe yakni acara ritual nelayan “mensucikan danau tampe” Acara ini digelar pada secara rutin tepat tanggal dua puluh tiga, ada begitu banyak acara yang digelar pada hari tersebut seperti :

  • Maccera tampparang adalah kegiatan mensucikan Danau di tandai dengan pemotongan sapi oleh ketua adat.
  • Pagelaran Baju bodo, baju bodo adalah baju Adat suku bugis yang di pakai tiap ada acara Adat tertentu
  • Diadakannya Lomba Perahu tradisional dan lomba menghias perahu.
  • Pemilihan Putri Wajo.
  • Lomba Padendang, lomba ini adalah merupakan lomba menabuh lesung.
  • Bermain Layang layang.

Sungguh Kaya Indonesia ini dengan keindahan Alam yang dimilikinya. Demikianlah ulasan singkat admin daradeng.com mengenai obyek wisata danau tempe, semoga dapat menjadi Acuan bagi Anda yang ingin berwisata ke Kabupaten Sengkang dan di kabupaten ini pun kita dapat menjumpai pusat kerajinan seperti Tenun Kain Sutra Wajo. Wassalam.

Tinggalkan Balasan