Kenali dan Lestarikan Ragam Budaya Indonesia

DARADAENG.COM – Kenali dan Lestarikan Ragam Budaya Indonesia, Budaya merupakan segala hal yang dimiliki oleh suatu Negara secara turun temurun dan harus selalu dilestarikan supaya tetap dikenal oleh anak cucu nanti. Di Indonesia, kebudayaan bangsa merupakan kekayaan yang tidak bisa diabaikan, karena itulah sebagai warga Negara yang baik, kita berkewajiban untuk senantiasa melestarikan kebudayaan Indonesia.

Sebelum melestarikannya, kita perlu mengenal terlebih dahulu jenis-jenis kebudayaan yang ada, karena berbagai daerah mempunyai beragam jenis kebudayaan yang berbeda satu sama lain. Bermacam-macam jenis kebudayaan yang ada di Indonesia diantaranya yaitu:

Lestarikan Ragam Budaya Indonesia

1. Alat musik tradisional.
Seni dan budaya musik barat yang berkembang pesat dan mulai masuk ke Indonesia saat ini tidak sanggup memudarkan alat musik yang berasal dari daerah. Meskipun terbuat dari bahan yang sederhana, namun alat tradisional tersebut menghasilkan alunan nada yang indah dan berkelas. Maka tidak heran jika alat musik seperti gamelan, angklung, gendang dan lainnya sudah dikenal dan menghiasi panggung pertunjukkan mancanegara.

2. Upacara adat.
Serangkaian ritual adat dalam upacara kedaerahan merupakan salah satu budaya tradisional yang perlu dilestarikan untuk menghargai dan melanjutkan tradisi nenek moyang. Berbagai ritual tersebut memiliki tujuan masing-masing, salah satunya adalah sebagai bentuk rasa syukur. Upacara adat dilakukan oleh beberapa daerah tertentu dan diyakini mengandung nilai-nilai religius sehingga harus dilakukan secara sakral. Ada banyak jenis upacara adat yang sering dilakukan di beberapa daerah Indonesia, diantaranya yaitu:

3. Tarian tradisional.
Tari adalah seni yang paling digemari oleh seluruh kalangan masyarakat. Di Indonesia, satu daerah memiliki tari budaya yang lebih dari satu sehingga ada banyak jumlah tari daerah yang perlu dikenal dan juga dilestarikan. Tarian tradisional berikut ini adalah beberapa yang sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia hingga luar negeri, yaitu:

  • Tari jaipong
  • Tari piring
  • Tari kecak
  • Tari kipas
  • Tari pakarena dan sebagainya.

Itulah beberapa jenis kebudayaan Indonesia yang perlu dilestarikan. Selain yang sudah disebutkan tadi, kekayaan bangsa seperti kain tradisional, rumah adat, lagu daerah, pakaian adat dan yang lainnya juga merupakan kebudayaan yang tidak kalah penting dan perlu kita banggakan sehingga dunia mengenalnya sebagai kekayaan bangsa Indonesia.

Dengan demikian, persoalan klaim yang dilakukan negera lain terhadap kebudayaan yang kita miliki tidak akan terjadi kembali. Yang terpenting, mengenal dan melestarikan budaya yang sudah ada akan sangat berpengaruh besar terhadap kemajuan bangsa di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan