Buah Avocado

Khasiat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

DARADAENG.COM – Alpukat (Persea americana) yang termasuk dalam kelas Magnoliopsida merupakan tanaman yang tumbuh di daerah tropis dan sub-tropis. Di Indonesia alpukat masih menjadi tanaman pekarangan dan belum dibudidayakan dalam skala besar, daerah penghasil alpukat di Indonesia adalah Jawa Barat, Jawa Timur, sebagian Sumatera, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara. Tanaman ini cocok di daerah yang dingin dan basah.

Berikut ini adalah kandungan buah alpukat:

  • Vitamin A dan vitamin B1, B2
  • Lemak tak jenuh
  • Vitamin C
  • Kalium dan potasium
  • Asam oleat
  • Mineral Mn dan seng
  • Karbohidrat
  • Zat besi (Fe)
  • Serta Protein dan Kalori

Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan

Buah Alpukat
Sumber Gambar Buah Alpukat: Fotolepas.com

Selain untuk dijadikan makanan, buah alpukat juga bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Terdapat senyawa-senyawa atau zat-zat yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia, Sehingga buah ini menjadi populer dikalangan masyarakat. Tidak hanya buahnya, bijinya pun dapat diolah menjadi obat tradisional. Berikut beberapa manfaat buah alpukat bagi kesehatan.

Sebagai sumber kerotenoid, setiap kali kita mengkonsumsi buah ini maka tubuh dapat menerima banyak asupan vitamin A yang baik untuk kesehatan dan ketajaman mata. Karotenoid dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga untuk menjaga kestabilan sistem reproduksi.

Terdapat 18 asam amino esensial yang tersedia dalam buah alpukat, dimana senyawa ini berfungsi untuk membentuk protein dalam tubuh manusia. Protein yang terbentuk dari buah alpukat sangat mudah diserap karena mengandung serat, berbeda dengan protein dalam daging yang sulit dicerna oleh tubuh. Alpukat merupakan pilihan yang tepat untuk menambah asupan protein jika sedang melakukan program diet, untuk mengurangi sumber protein hewani yang sebenarnya dibutuhkan dapat digantikan dengan protein dari buah ini.

Buah alpukat dapat menjaga kestabilan tekanan darah. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan potassium yang berguna untuk menstabilkan tekanan darah, dan untuk mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan timbulnya penyakit stroke yang menyerang sistem saraf motorik, yang dapat mengakibatkan kelumpuhan total. Tetapi dengan adanya potassium, dapat meminimalisir penyakit-penyakit tersebut.

Vitamin B1 dalam bentuk tiamin dalam alpukat dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan, peredaran darah, dan sistem saraf. Sedangkan vitamin B2 dalam bentuk Riboflavin membantu pembentukan sel darah merah dan membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu vitamin ini juga mendukung pertumbuhan dan perkembangan organ seksual, dan membantu penyembuhan disfungsi ereksi dengan meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi.

Pencegahan kanker juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah alpukat, dimana ekstrak alpukat dapat menghentikan perkembangan sel-sel prakanker yang dapat memicu virus kanker menyerang mulut dan bagian-bagian lain dari tubuh. Hal ini berdasarkan pada penelitian yang telah banyak dilakukan dan memperoleh hasil bahwa khasiat buah alpukat mengandung folat, vitamin C dan E serta antioksidan.

Alpukat dipercaya dapat mengontrol gula darah, karena mengandung lemak tak jenuh yang mengembalikan resistensi insulin, sehingga memengaruhi tubuh untuk mengatur gula darah secara teratur.

Jantung adalah organ tubuh yang sangat penting, dan tidak ada alasan untuk tidak menjaga kesehatannya. Sebagai manusia yang ingin hidup dengan jantung yang sehat, alangkah baiknya untuk mengkonsumsi buah alpukat, karena kandungan lemaknya dapat menjaga kesehatan jantung. Asam oleat merupakan alam lemak yang bisa meningkatkan kerja jantung secara efisien.

Selain untuk kesehatan manfaat lain dari buah alpukat adalah untuk merawat dan menjaga kesehatan serta kecantikan kulit Anda. Biasanya alpukat diolah menjadi masker wajah alami, masker rambut, dan perawatan kecantikan lainnya. Sangat mudah untuk membuat masker wajah hanya dengan menghaluskan buah alpukat dan dicampur dengan 1 putih telur, 2 sdm oatmeal, serta 1 sdt air perasan jeruk nipis, dan dioleskan pada wajah dan seluruh permukaan kulit. Kemudian bilas dengan air hangat.

Sedangkan untuk masker rambut, hanya dengan menghaluskan 1 buah alpukat dan dipakai pada rambut, diamkan lalu bilas hingga bersih. Agar mendapatkan hasil yang memuaskan, lakukanlah perawatan ini secara rutin, minimal sekali dalam seminggu.

Demikianlah apa yang dapat kami tuliskan mengenai manfaat dan kandungan buah alpukat, untuk membantu Anda menghadapi masalah-masalah kesehatan. Semoga dapat bermanfaat, dan jangan pernah berhenti untuk menjaga kesehatan keluarga Anda.

Tinggalkan Balasan