internet lambat loading

Konsep Cara Kerja Jaringan Internet

Daradaeng.com – Internet merupakan jaringan komputer paling besar didunia. Internet sesungguhnya merupakan singkatan dari interconnected network. Dengan internet, jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia dapat saling terhubung. Saat ini internet telah benar-benar familier di masyarakat. Semua lapisan usia, dimulai dari anak-anak sampai umur kakek-nenek banyak yang sudah suka buka internet. Bahkan belakangan ini sejak masyarakat demam website jejaring sosial mulai dari facebook, twitter, dan lain-lain membuat beberapa provider telephone berlomba-lomba berikan tarif internet yang murah serta terjangkau untuk semua lapisan masyarakat. meskipun internet demikian popular di masyarakat, akan tetapi saya yakin bahwasanya banyak di antara mereka yg tidak tahu bagaimana cara kerja internet tersebut.

Konsep Cara Kerja Jaringan Internet

Cara Kerja Jaringan Internet

Di bawah ini akan diterangkan mengenai bagaimana cara kerja internet :

1. Modem

Modem adalah perangkat tambahan yang menjembatani komputer supaya dapat terhubung dengan jaringan internet. Modem berperan untuk merubah suatu sinyal digital menjadi sinyal analog dan merubah sinyal analog jadi sinyal digital.

2. Router

Router yaitu alat jaringan yang mengarahkan aliran lalu lintas jaringan. Bila router diposisikan di antara internet serta jaringan internal, router itu bisa berlaku untuk firewall. Router umumnya dilengkapi dengan tabel data alamat-alamat IP yang menggambarkan kebijakan penyaringan

3. Domain name server

Domain name server atau yang umum disingkat dengan DNS adalah penerjemah dari suatu alamt IP address ke alamat domain address dan sebaliknya. DNS adalah bagian utama dari internet lantaran server-server DNS mengatasi penerjemahan naman-nama host ke IP address numerik hingga paket-paket bisa dirutekan ke alamat yang tepat didalam internet.

4. Situs server

Situs server adalah aplikasi yang dipakai untuk menerima permintaan informasi dari user lewat situs browser dan kirim kembali informasi yang diminta lewat hypertext transfer protocol atau HTTP. Umumnya situs server ditempatkan di komputer khusus pada situs hosting.

5. ISP atau internet service provider

ISP adalah perusahaan penyedia service koneksi ke internet. Biasanya ISP memiliki beberapa modem di mana pelanggannya dapat melakukan dial up dengan akun PPP.

Demikan penjelasan sistem kerja internet untuk lebih memahami apa itu internet silahkan baca ulasan sebelumnya tentang istilah istilah dasar internet.

Tinggalkan Balasan