Kue Barongko

Kue Barongko Membuat Lidah Sulit Melupakannya

DARADAENG.COM – Kue Barongko, Berbicara mengenai makanan khas sulawesi selatan, Khusunya Makassar, pikiran kita segera melintas ke coto makassar, sop konro, ikan bakar atau pisang epe yang banyak dijajakan di sepanjang pantai losari. Padahal, Ada satu panganan yang tak kalah enaknya, yakni Barongko. Mau Tahu? simak ulasan selengkapnya di blog daradaeng berikut ini :

Mungkin Anda akan sulit percaya karena sekilas tampilan jajajan ini memang kurang meyakinkan, Tapi jangan salah, bila Anda sudah mencicipinya, bisa bisa malah ketagihan. Barongko dibuat dari pisang yang dihaluskan. Rasa manisnya khas. Lidah Anda akan sulit melupakannya.

Kue Barongko

Kue Barongko Membuat Lidah Sulit Melupakannya

Pada jaman kerajaan dulu, yang dapat menikmati kue barongko hanya kalangan bangsawan. Raja-raja Bugis menikmatinya sebagai makanan penutup (dessert). Eksistensi panganan barongko hingga kini tetap sama yakni masih disuguhkan dalam berbagai acara adat seperti pernikahan, sunatan, naik rumah baru, dan kegiatan syukuran lainya.

Mengikuti perkembangan zaman, barongko telah menjadi kue tradisional yang membumi, siapapun bisa membuat dan mencicipinya. Meski demikian, untuk menjaga kualitas cita rasanya yang khas, dibutuhkan orang yang sudah berpengalaman saat membuat barongko. Karena itulah barongko tidak mudah dijumpai di pasaran.

Pembuatan kue barongko sebenarnya mudah. Saking mudahnya barongko dapat dipratikkan siapapun. Meskipun prosesnya tidak ribet, namun cita rasa barongko tetap massipa atau manisnya khas.

Bahan utama barongko adalah pisang kepok yang dihaluskan dengan cara tradisional atau bisa juga diblender. Pembungkus barongko adalah daun pisang. Begitu menyantap panganan ini pencinta kuliner dimanjakan dulu aroma khas daun pisang yang lembut. Untuk variasi rasa, barongko dapat pula sicampurkan buah nangka atau durian. Bagi orang yang menghindari kue berbahan mentega, barongko menjadi pengganti yang tepat.

Secara lengkap bahan utama barongko adalah pisang, telur, gula, sedikit garam, santan kelapa, dan susu bubuk yang diaduk menjadi satu kemudian dibungkus dengan daun pisang. Tahap akhir barongko dimasak dengan cara dikukus, barongko bisa disantap saat hangat atau untuk lebih nikmatnya bisa disantap pada saat dingin.

Kue barongko tidak hanya unggul dicita rasa, manfaatnya bagi tubuh juga ada, pisang yang menjadi bahan dasar utama barongko berkhasiat memperlancar, menurunkan tekanan darah dan memberikan tambahan energi bagi tubuh.

2 gagasan untuk “Kue Barongko Membuat Lidah Sulit Melupakannya”

  1. Keliatannya enak nih. Kalo di Jakarta bisa ditemuin dimana ya? Jangan lupa ikut lomba blog ‘Jelajah kKuliner Unik Nusantara’. Berhadiah wisata kuliner di 5 kota Indonesia. Tertarik? Info selengkapanya lihat di jelajahkuliner Vivalog 😀

Tinggalkan Balasan