Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Manusia

Daradaeng.com – Buah Belimbing atau dalam bahasa latin bernama Averhoa Carambola L adalah buah yang sedikit penggemarnya atau jarang peminat di banding buah yang lain. Sesungguhnya rasa dari buah belimbing ini manis serta memiliki kandungan serat yang tinggi, buah ini juga gampang ditemukan sebagai buah campuran pada pembuatan rujak.

Akan Tetapi siapa sangka di balik bentuk khasnya yang nyaris mirip bintang, Buah belimbing yang di kenal dengan sebutan buah pedesaan ini nyatanya mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan manusia, buah ini bermanfaat untuk tubuh pastinya, lantaran kandungan gizi yang terdapat didalamnya seperti vitamin, mineral d­an unsur lainnya.

Dalam bebepara riset mengatakan 1 Buah belimbing bisa mempunyai kandungan unsur-unsur vitamin yang baik untuk tubuh manusia, unsur-unsur vitamin itu diantaranya, seperti Energi, Karbohidrat, Gula,Lemak, Diet serat, Protein, Asam pantotenat (B5), folat (vit. B9), Vitamin C, fosfor, Kalsium, Seng, sumber USDA Nutrient database.

Buah Belimbing

Manfaat Buah Belimbing

Manfaat yang di miliki buah belimbing manis ini sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan. Selain itu buah belimbing bisa dikonsumsi sebagai obat penyakit yang Anda alami, Anda bisa mengonsumsi buah ini secara langsung maupun menjadi buah ini untuk jus, serta acar teh.

Di dalam dunia kesehatan, buah belimbing mempunyai khasiat diantaranya :

  • Buah belimbing untuk menanggulangi penyakit batuk pada anak-anak.
  • Bisa Mengatasi sariawan dan gusi berdarah.
  • Buah ini bisa Kurangi rasa sakit gigi berlubang.
  • Mengatasi jerawat dan panu.
  • Bisa Membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Melindungi tubuh dari penyakit kencing manis.
  • Membantu memberikan perlindungan terhadap tubuh pada kelumpuhan.
  • Kandungan serat pada buah bisa membantu memperlancar sistem pencernaan.
  • Baik dikonsumsi saat diet lantaran pectin yang terdapat di dalam buah belimbing dapat membantu menghancurkan kolesterol.
  • Serta buah belimbing bisa Mengatasi radang rectum.

Tak hanya buah belimbing yang kaya bakal vitamin. Bagian yang dapat digunakan dari tanaman belimbing manis ini diantaranya daun, bunga, akar, dan pastinya buah belimbing.

  1. Bunga Belimbing manis, bunga belimbing dapat juga digunakan untuk bahan ramuan obat untuk menangani beberapa penyakit diantaranya batuk, sariawan (stomatitis), dan juga sakit malaria.
  2. Daun belimbing manis, bisa dijadikan ramuan obat untuk mengatasi sakit pada perut, gondongan (parotitis), maag, memperlancar air seni, serta untuk obat bisul.
  3. Akar belimbing manis, dapat dipakai untuk ramuan obat untuk mengatasi penyakit rhematik.

Tak hanya manfaat yang dimaksud di atas, buah belimbing nyatanya juga mempunyai efek samping untuk tubuh diantaranya buah belimbing manis memiliki kandungan asam oxalat yang dapat memberikan reaksi negatif pada ginjal, hingga bagi Anda yang memiliki permasalahan pada ginjal, disarankan tidak untuk mengonsumsi buah belimbing.

Untuk Anda yang mempunyai masalah dengan kadar gula atau bagi pasien diabetes dianjurkan selalu untuk waspada dalam mengonsumsi buah yang satu ini lantaran buah belimbing terkenal mempunyai kandungan gula yang cukup tinggi.

Tinggalkan Balasan