Buah Manggis

Manfaat Buah Dan Jus Kulit Manggis Untuk Kesehatan

DARADAENG.COM – Manggis merupakan sejenis pohon hijau yang diyakini berasal dari kepulauan nusantara, manggis dengan nama ilmiah Garcinia mangostana L. termasuk faimilia clusiaceae di indonesia sendiri tumbuhan ini memiliki berbagai nama daerah. seperti di sumatera disebut malakopa, manggista, manggusta, manggustan, manggos, epiko, manggi, manggisto, manggis, magi, manggoita, gusteu, mangi, lakopa, manggih, manggus. Penduduk di jawa menyebutnya manggis, mangghis, manggu. Sementara di kalimantan di kenal dengan sungkup. Masyarakat di nusatenggara mengenalnya sebagai manggista, manggusta, manggis, manggustang. di sulawesi disebut manggusta, kirasa, manggisi, mangustang, manggustang, bagustang, manggastang. orang maluku menyebutnya basitangi, busutang, mangustang, basitang, bahutanga.

Manggis dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 500 sampai 1.000 meter diatas permukaan laut. Selain itu keadaan tanah harus memiliki daya drainase yang baik serta tak boleh tergenang. iklim yang paling cocok untuk tanaman manggis yaitu iklim tropis bersuhu sekitar 22-32°C dengan curah hujan yang merata sepanjang tahun. Kondisi angin yang paling baik adalah tidak terlampau kencang, lantaran dalam pertumbuhannya tanaman manggis sangat bergantung pada penyerbukan alami dengan bantuan angin. manggis tumbuh hingga tingginya mencapai 7 sampai 25 meter.

Manfaat Buah Manggis
Buah Manggis

Manfaat Buah Manggis

Ciri-ciri buah manggis berwarna hijau ketika masih muda dan berwarna merah keunguan saat matang, walau demikian ada juga varian yang kulitnya berwarna merah, tegantung dimana tempat tumbuh buah tersebut, selain dari bentuk dan rasanya yang sangat manis dan lezat, ternyata buah manggis memiliki segudang manfaat yang bisa di peroleh dari buah manggis, berikut ini penjelasan singkat manfaat buah kulit manggis untuk kesehatan tubuh :

Pengobatan disentri atau penyakit peradangan usus besar yang disertai sakit perut langkah pengobatannya kulit dari dua buah manggis. Di rebus dengan tiga gelas minum air bening. Jika sudah mendidih sampai tinggal satu setengah gelas, setelah itu airnya disaring lalu dikumur-kumur sebanyak tiga kali dalam sehari. Takaran dalam sekali kumur sekitar 1 sendok makan.

Mengobati Radang Amandel, Amandel merupakan dua benjolan daging kecil yang letaknya pada kerongkongan pada bagain kiri serta kanan dalam mulut untuk menyembuhkan amandel dengan memanfaatkan kulit dari buah manggis. caranya kulit manggis di rebus dengan 2 gelas air bersih. tunggulah hingga mendidih sampai airnya tersisa 1 gelas saja. kemudian disaring dikumur-kumur sebanyak tiga kali dalam sehari. Takaran dalam sekali kumur sebanyak satu sendok makan.

Manggis Baik untuk Janin Dan Ibu hamil. untuk ibu yang ingin menghindari segala kemungkinan janin yang ada dalam kandungan anda akan mengalami kelainan kesehatan, seperti kekurangan gizi dan yang menakutkan dan salah satu caranya yaitu mengonsumsi asupan nutrisi dan makanan yang baik untuk kesehatan janin. buah manggis yang kaya akan Asam folat dan Vitamin yang tinggi sangat baik untuk ibu hamil.

Manggis obat jerawat, Buah manggis tidak hanya kaya akan antioksidan, kulitnya sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Satu diantaranya adalah mengatasi kulit yang sedang meradang disebabkan oleh timbulnya jerawat pada muka dan punggung. Jika anda secara rutin mengunakan masker kulit manggis sekali dalam seminggu, maka kulit anda juga dapat kembali mulus tanpa jerawat.

Kulit Manggis sangatlah baik Untuk penderita penyakit diabetes melitus. Jus kulit manggis ini diakui mampu menyembuhkan penderita diabetes. Hal semacam ini dikarenakan kulit buah manggis memiliki kandungan senyawa xanthone yang berperan untuk mengurangi resistensi insulin pada penderita diabetes melitus. zat xanthone dan flavonoid yang ada didalam dalam kulit manggis miliki sifat antioksidan.

Kulit Manggis sangat baik Untuk kesehatan Jantung. Buah manggis mengandung senyawa xanthone yang menghasilkan antioksidan yang berperan menghambat radikal bebas. radikal bebas sudah disimpulkan sebagai pemicu utama penyakit jantung dan rusaknya organ tubuh lainnya. radikal bebas ini cukup beresiko untuk tubuh lantaran dapat menyebabkan endapan pada pembuluh darah yang pada akhirnya dapat mengakibatkan penyumbatan dan amat beresiko dalam memicu penyakit jantung.

Untuk penyembuhan sariawan cara penggunaanya sama dengan mengobati disentri dan radang amandel, buah manggis pun terkenal sebagai anti mikroba. menurut hasil riset mengenai manfaat kulit manggis sebagai obat herbal alami terus dilakukan. Dan yang cukup mengembirakan yaitu ternyata kulit manggis bisa jadikan solusi untuk menangulangi beraneka macam penyakit kronis mematikan seperti kanker.

Dengan begitu banyaknya manfaat yang terkandung pada buah dan kulit buah Manggis, jadi tak ada alasan untuk menolak mengonsumsi buah manggis demi kesehatan tubuh anda. Yang diperlukan hanyalah kesebaran dan ketawakalan karena diperlukan kontinuitas untuk mengonsumsi jus kulit buah manggis, hingga anda mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Tinggalkan Balasan