Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

DARADAENG.COM – Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan. Pepaya (Carica papaya) jenis tanaman yang tergolong dalam family Caricaceae, salah satu tanaman dengan buah yang memiliki rasa manis dan mengandung banyak air. Sebagai manusia biasa, kita sangat membutuhkan asupan gizi yang banyak untuk memperoleh energi. Zat gizi bisa kita temukan dalam buah dan sayur, salah satunya yang sangat mudah kita dapatkan yaitu tanaman pepaya. Tidak hanya daunnya yang biasa dijadikan sayuran, tetapi buahnya yang sering kita makan mengandung banyak zat gizi. Jika ingin mengetahui lebih lanjut apa manfaat buah pepaya bagi kesehatan, simak artikel Manfaat Buah Pepaya berikut ini.

Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat dan Kandungan Buah Pepaya
Kandungan Buah Pepaya

  • Vitamin A (1.750 IU)
  • Vitamin B (0,03 mg)
  • Vitamin C (56 mg)
  • Riboflavin (0,04 mg)
  • Niacin (0,3 mg)
  • Kalsium (20 mg)
  • Karbohidrat (10 gr)
  • Lemak (0,1 gr)
  • Kalium (470 mg)
  • Fosfor (16 mg)
  • Zat Besi (0,3 mg)
  • Kalori
  • Protein (0,6 g)

Manfaat Buah Pepaya
1. Mengatasi gangguan pencernaan dan sembelit
Sembelit sudah pernah dirasakan sebagian orang. Penyakit ini memang sangat mengganggu karena tidak bisa buang air besar dengan lancar. Salah satu solusi yang paling mudah untuk mengatasinya dengan memanfaatkan buah pepaya. Begituu juga masalah pencernaan lainnya, buah pepaya dengan kandungan enzim papainnya dapat membantu metabolisme pencernaan.
2. Mencegah Flu
Tubuh manusia sangat rentang terserang virus influensa. Vitamin C dapat menjaga kekebalan sistem imun untuk mencegah serangan virus influensa dan batuk hingga kanker.
3. Cocok untuk program diet
Wanita sangat mendambakan tubuh yang ramping, begitupun pria ingin agar tubuhnya sixpack. Maka dari itu mereka sangat memerhatikan makanan yang akan dikonsumsi dengan menghindari makanan yang berkalori tinggi. Salah satu makanan berkalori rendah adalah pepaya, memakan buah pepaya sangat baik jika sedang melakukan diet.
4. Bermanfaat untuk perawatan rambut
Setiap orang pasti ingin tampil cantik dengan rambut yang sehat. Bahkan sebagai seorang muslimah yang diwajibkan untuk memakai jilbab, tetap menjaga kesehatan kulit kepala dan rambutnya. Tidak perlu repot-repot dan mengeluarkan biaya yang banyak, hanya perlu memakan buah pepaya yang dianggap bisa mengurangi munculnya ketombe dan minyak berlebih pada kepala.
5. Mencegah serangan jantung dan strok
Kandungan antioksidan pada buah pepaya dapat mencegah oksidasi kolesterol dan menurunkan resiko kardiovaskular seperti serangan jantung dan strok.
6. Mencegah penuaan dini dan ketajaman penglihatan
Antioksidan lain yang terkandung dalam buah pepaya bermanfaat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan masalah pada kulit seperti keriput, flek, dan lain-lain. Kandungan Vitamin A, C, dan E baik untuk memberi gizi pada kulit, selain untuk melembabkan Vitamin A juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mata.
7. Membunuh racun dalam tubuh
Kita banyak mengonsumsi berbagai jenis makanan, dan seringkali tidak memerhatikan kebersihan makanan itu. Sehingga banyak kuman penyakit yang ikut tercerna oleh tubuh. Solusi untuk membunuh racun atau kuman-kuman itu dapat dibantu oleh buah pepaya sebagai pembunuh kuman. Buah pepaya untuk solusi detoksifikasi yang ampuh.

Sudah tahu kan manfaat buah pepaya untuk kesehatan. Sekarang Anda bisa hidup lebih sehat. Kalau bukan diri sendiri siapa lagi yang akan menjaga kesehatan kita? Nah, maka dari itu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi merupakan suatu keharusan. Apalagi jenis buah-buahan seperti pepaya sangat mudah ditemukan, dan tentu saja buah pepaya juga bisa diolah menjadi berbagai makanan sesuai selera kita. Demikianlah artikel mengenai manfaat buah pepaya, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan