Manfaat Buah Tomat, Makanan Bebas Kalori dan Penuh Antioksidan

Manfaat Buah Tomat, Makanan Bebas Kalori dan kaya Antioksidan

DARADAENG.COM – Buah tomat, siapa yang tak mengenalnya? Sudah secara luas diakui khasiatnya, rasanya yang manis asam dan segar membuatnya cocok sebagai pelengkap masakan. Tapi tahukah Anda bahwa dulu ketika tomat pertama kali ditemukan, dia keliru dianggap sebagai buah yang berbahaya? Padahal di zaman modern ini, manfaat buah tomat sudah dirasakan oleh banyak orang.

Manfaat Buah Tomat, Makanan Bebas Kalori dan Penuh Antioksidan
Buah Tomat

Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan

Anda yang bermaksud untuk berdiet ataupun membentuk badan sebaiknya tak melupakan tomat dalam menu makanan Anda. Kandungan vitamin dan mineral di dalam buah ini menyebabkannya menjadi bagian tak terpisah dari diet sehat. Mau tahu apa saja manfaat buah tomat bagi kesehatan? Lihat daftar berikut ini:

1. Menangkal radikal bebas
Tomat mengandung banyak antioksidan yang berjenis flavonoid dan juga zea-xanthin. Kedua antioksidan ini sangatlah ampuh dalam menangkal radikal bebas yang mau masuk ke dalam tubuh, membuat Anda tidak mudah terkena penyakit.

2. Membuat mata sehat
Jika Anda mempunyai mata minus atau gangguan mata lainnya, tomat adalah buah yang wajib Anda konsumsi. Ini karena tomat mengandung banyak vitamin A yang sangat baik untuk mata, selain juga mengandung asam folat, niacin, dan juga thiamine. Kombinasi antara zat-zat tersebut dapat membuat mata Anda jauh lebih sehat.

3. Membentuk otot
Tomat ternyata merupakan sumber protein nabati yang cukup tinggi. Untuk membentuk otot badan, sebaiknya Anda mengkonsumsi sebuah tomat, baik sebelum atau sesudah melakukan latihan. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan asupan protein cukup untuk membuat badan lebih atletis.

4. Mencegah kanker
Karena banyaknya kandungan antioksidan di dalam tomat, buah ini sering dikaitkan dengan pencegahan penyakit kanker. Sejauh ini, antiokisdan likopen di dalam tomat bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya kanker payudara, usus besar, leher rahim, dan juga pankreas.

5. Mengurangi berat badan
Diet yang mengandung tomat sangatlah dianjurkan karena sangat menyehatkan. Tomat mengandung air dan serat yang tinggi, sementara kandungan lemaknya tak ada, membuatnya ideal sebagai makanan yang mengenyangkan tanpa menambah berat badan Anda.

6. Mengurangi rasa sakit
Tomat juga bisa mengurangi rasa nyeri akibat athritis ataupun nyeri yang dirasakan di punggung. Di dalam tomat, ada kandungan anti inflamasi yang disebut dengan bioflavonoid dan karotenoid, membuat tomat sangat ideal untuk mengatasi radang dan rasa sakit.

7. Mengatasi tekanan darah tinggi
Tomat mengandung potasium yang sangat berguna untuk mencegah darah tinggi, dan mengikat kolesterol jahat agar tak masuk ke dalam darah terlalu banyak. Makan buah tomat setiap hari secara rutin bisa jadi salah satu jalannya.

8. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Kalsium di dalam tomat ternyata cukup tinggi, membuatnya ideal sebagai penguat bagian gigi dan tulang, agar aman dari osteoporosis.

9. Perbanyak ASI
Tahukah Anda bahwa tomat bisa membuat produksi ASI lebih banyak? Sama seperti daun katuk yang bisa meningkatkan produksi ASI. Tomat juga berguna membuat konsentrasi likopen di dalam ASI lebih tinggi, membuatnya lebih bergizi.

10. Memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari
Menurut penelitian dari Amerika Serikat, satu buah tomat segar setiap harinya bisa memenuhi kebutuhan tubuh terhadap vitamin sebanyak 20%. Cukup tinggi, bukan? Anda bahkan tak usah meminum suplemen tambahan lain kalau sudah mengkonsumsi tomat tersebut.

Tomat untuk Kecantikan

Selain sangat berguna untuk kesehatan tubuh dan membuat organ-organ dalam bisa berfungsi dengan baik, manfaat buah tomat juga bisa dirasakan untuk penampilan. Ini adalah salah satu alasan kenapa banyak produk kecantikan mengandung tomat di bahan-bahan pembuatannya. Berikut adalah kegunaan tomat untuk kecantikan:

1. Mengatasi kerontokan di rambut
Kalau rambut Anda rapuh dan cepat rontok, tangani saja dengan menggunakan tomat. Kandungan vitamin A di dalamnya sangat berguna menjaga agar akar rambut kuat dan berkilau. Ini cara menggunakannya:

• Buat jus tomat dari 1-3 tomat sesuai panjang pendeknya rambut Anda.
• Keramaslah dengan menggunakan jus tomat tersebut, lalu keramas seperti biasa memakai shampo.
• Alternatif lain, Anda bisa memakan tomat mentah setiap hari.

2. Tabir surya
Antioksidan likopen di dalam tomat bisa menangkal radikal bebas yang muncul dari sinar ultraviolet matahari. Untuk kulit yang radang, kusam, dan bersisik, Anda bisa menggunakan tomat memakai cara berikut ini:

• Konsumsi jus tomat setiap pagi sebelum keluar rumah.
• Atau buat jus tomat tanpa air, lalu oleskan di kulit secara merata. Biarkan sampai 10 hingga 15 menit, lalu bilas pakai air bersih.

3. Mengatasi minyak berlebih di wajah
Wajah Anda berminyak? Ini bisa membuat wajah terlihat kusam, kotor, dan juga berjerawat. Anda bisa menggunakan masker tomat untuk mengatasinya dengan cara sebagai berikut:

• Iris-iris tomat segar, dan tempelkan potongannya ke wajah selama 10-15 menit, lalu bilas sampai bersih. Lakukan pagi dan malam setiap hari.
• Alternatif lain, buat jus tomat dicampur 4 sendok makan mentimun, lalu oleskan ke wajah sebagai masker. Biarkan kering, lalu bilas.

4. Menghilangkan jerawat
Daripada Anda membeli obat jerawat yang sudah dicampur dengan bahan-bahan kimia dan harganya lebih mahal, Anda bisa membuat obat jerawat Anda sendiri dengan menggunakan tomat. Vitamin A, C, dan berbagai mineral di dalamnya akan membuat jerawat kering dengan cepat dan mengecil. Ini caranya:

• Iris-iris 1 buah tomat, kemudian tempelkan irisan tersebut di kulit Anda yang berjerawat.
• Biarkan sampai 30 menit, lalu bilas pakai air bersih.
• Lakukan ini dengan rutin, dan Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

5. Mengencangkan wajah
Tomat bisa digunakan untuk membuat kulit wajah lebih kencang, bebas keriput, dan terlihat lebih segar dengan adanya vitamin C di dalamnya. Caranya adalah seperti ini:

• Blender tomat yang masih segar, dan campur dengan sedikit air.
• Dengan menggunakan kapas, ambil campuran tomat tersebut dan oleskan merata ke wajah.
• Pijat kulit wajah dan biarkan selama 15 menit, lalu bilas sampai bersih.

Efek Negatif Tomat

Meski manfaat buah tomat sangatlah banyak, namun Anda juga harus tahu bahwa ada alasannya kenapa pepatah “everything in moderation” muncul. Terlalu banyak memakan tomat juga tak bagus untuk tubuh. Ini akibatnya:

• Tomat yang terlalu banyak akan meningkatkan produksi asam di saluran pencernaan, dan bisa menyebabkan gangguan di usus.
• Sistem kekebalan tubuh yang dipenuhi oleh likopen untuk menangkal kanker bisa membuatnya tak seimbang, dan justru melawan badan Anda sendiri, dan menjadikan Anda lemah terhadap penyakit lain.
• Kelebihan vitamin seperti A dan C, yang bisa menyebabkan masalah pada organ ginjal, membuat sakit kepala dan mual-mual, dll.
• Terkena diare atau mual-mual karena terlalu banyak likopen di dalam tubuh.
• Kalsium serta asam oksalat di dalam tomat memang sangat berguna untuk tubuh. Namun jika terlalu banyak bisa membuat sisa-sisanya menumpuk dan membentuk batu ginjal.

Intinya, tomat itu berguna, selama Anda memakannya dengan porsi yang wajar saja.

Tinggalkan Balasan