Manfaat Kacang Polong Bagi Kesehatan Tubuh

DARADAENG.COOM – Kacang ercis atau kacang polong adalah suku polong-polongan sebagai tumbuhan penghasil sayuran berupa biji berwarna hijau Meskipun ukuran kacang polong sangat kecil dan mungil akan tetapi memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Setidaknya terdapat 7 jenis mineral yang di kandungnya dan 8 jenis vitamin, kacang polong kaya akan serat protein di kandungnya. Mengomsumsi kacang polong secara teratur tentunya bisa memenuhi kebutuhan gizi harian Anda, tapi masih banyak orang yang berasumsi bahwasanya makanan ini cuma cocok dijadikan makananan selingan (ngemil) saja.

Kacang Polong Hijau

Manfaat Kacang Polong Bagi Kesehatan Tubuh

Padahal, kacang polong mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan orang yang rutin mengonsumsinya. Apa sajakah manfaat dan khasiat kacang polong? seperti yang yang daradaeng lansir dari situs kesehatan Healthmeup. simak di bawah ini kandungan gizi kacang polong dan manfaatnya untuk kesehatan.

1. Sumber Protein Nabati. Ercis atau kacang polong merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang menjadi sumber protein nabati yang popular di Indonesia. Didalam 100 gr kacang polong rebus, mempunyai kandungan 8 gr protein yang bisa membantu memenuhi kebutuhan protein harian Anda.

2. Kacang Polong Kaya Serat. Setidaknya terkandung serat sebanyak 8.3 gr dalam 100 gr kacang polong rebus yang dapat memenuhi kebutuhan serat Anda sebanyak 33% perharinya. Jenis serat yang terdapat dalam kacang polong merupakan serat larut yang berperan baik sebagai pengontrol kadar gula darah dalam tubuh dan bermanfaat juga untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Kaya Akan Vitamik K. Dengan kandungan vitamin K yang dimilikinya, kacang polong dapat meningkatkan kesehatan jantung serta menurunkan resiko seseorang terkena stroke. Hal semacam itu dapat terjadi lantaran manfaat vitamin menghambat penumpukan plak.

4. Menurunkan Berat Badan. Terlihat sekilas kacang polong memiliki kandungan lemak yg tidak sehat, akan tetapi faktanya terbalik. Kacang polong justru sangat rendah lemak dan tinggi protein hingga mengonsumsi makanan sehat yang satu ini bisa berkontribusi dalam program diet Anda.

5. Mencegah kanker lambung. Kanker lambung dapat dicegah oleh senyawa coumestrol yang terdapat dalam kacang polong. Menurut penelitian, kanker lambung sudah bisa dicegah hanya dengan konsumsi sekitar 2 mg kacang polong per-harinya.

6. Memperkuat sistem imun. Kacang polong pun merupakan sumber protein nabati dan di kemas dengan antioksidan. Alhasil, dapat membantu seseorang melawan penuaan. Selain itu, kacang polong pun merupakan sumber zat besi yang baik untuk kesehatan. Jadi bila Anda menderita anemia, masukanlah sayuran ini dalam pola makan harian.

Itulah beberapa manfaat kacang polong untuk kesehatan Anda. Nah setelah Anda tahu manfaatnya, apakah Anda ingin mencoba membudidayakan kacang polong di halaman rumah Anda? karena menurut penelitian, selain baik untuk kesehatan tubuh, kacang polong juga dikenal ramah terhadap lingkungan.

Tinggalkan Balasan