Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan

DARADAENG.COM – Kunyit (Curcuma domestica) merupakan tanaman herba yang biasanya digunakan sebagai bumbu berbagai jenis makanan. Kunyit memiliki aroma yang khas dan warna kuning yang biasanya digunakan sebagai pewarna alami. Selain itu masyarakat Indonesia biasanya menggunakan kunyit untuk perawatan kesehatan dan kecantikan kulit.

Kunyit sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, maka dari itu mulai banyak produk-produk kecantikan yang menggunakan kunyit sebagai bahan dasar pembuatannya. Kunyit dianggap dapat menghaluskan kulit dan menghilangkan sedikit demi sedikit flek hitam pada wajah.

Kandungan dan Manfaat Kunyit
Kunyit (Curcuma domestica) banyak mengandung Antioksidan dan fitonutrien yang dapat menjaga dan memperkuat sistem imun dalam tubuh secara menyeluruh. Kunyit juga mengandung kurkumin berupa antioksidan, anti-inflamasi, antimikroba, dan memiliki sifat anti-glikemik. Kandungan kurkumin inilah yang dapat mencegah penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh kebal terhadap berbagai jenis penyakit.

Manfaat Kunyit
Kunyit c img shutterstock

Manfaat kunyit bagi kesehatan:

Sebagai antiseptik alami, yang membantu menyembuhkan luka pada permukaan kulit dengan cepat.
Mengkonsumsi kunyit dapat mencegah penyakit leukimia.
Kandungan anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan penyakit Rheumatoid.
Mencegah kemungkinan terkena kanker.
Melemahkan racun berbahaya dan bahan kimia yang ada dalam tubuh.

Manfaat kunyit bagi kecantikan kulit:

Memberikan kontribusi kepada kulit dalam pertumbuhan sel dan peremajaan sel, dengan kata lain dapat menunda penuaan karena bersifat antioksidan.
Menghambat pigmentasi yang disebabkan oleh pancaran sinar matahari.
Membantu melembabkan kulit dan mengurangi kekeringan.
Mencerahkan kulit wajah hingga lebih bersinar.
Mencegah gangguan kulit seperti ruam merah, eksim, stretch mark, psoriasis.

Cara mengolah kunyit

Sebelum digunakan untuk pengobatan kunyit harus diolah terlebih dahulu, baik pengobatan luar maupun pengobatan dalam. Untuk pengobatan dalam kunyit biasanya diolah menjadi minuman berupa jamu. Sedangkan untuk pengobatan luar kunyit diolah dengan cara diparut dan dibuat lulur kecantikan atau masker. Di industri-industri besar, kunyit juga dibuat sebagai salep untuk mengobati luka.

Pengolahan kunyit untuk pengobatan dalam, siram 1 sendok teh kunyit bubuk dengan air hangat, agar tidak terasa aneh dilidah dapat dicampurkan dengan susu atau gula. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal minum setiap hari secara rutin.

Pengolahan kunyit untuk pengobatan luar, membuat masker kunyit yang dicampurkan dengan tepung buncis dan air. Oleskan pada wajah atau kulit yang kering dan kusam, diamkan selama 10-15 menit lalu bilas. Lihat perbedaan yang terjadi setelah memakainya.

Selain itu manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan lainnya yaitu dapat mengobati keputihan pada wanita, untuk mengolahnya dengan cara merebus dua rimpang kunyit, satu genggam daun beluntas, satu gagang buah asam, dan sepotong gula aren secara bersamaan dalam 1 liter air, hingga mendidih lalu saring. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal konsumsi satu gelas sehari secara rutin.

Bagi sebagian orang yang mengalami masalah kulit kepala, kunyit juga dapat membantu untuk menghilangkan ketombe. Pengolahannya sangat mudah, yaitu kunyit dicampurkan dengan minyak zaitun. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala. Tunggu selama 15 menit dan kemudian cuci dengan shampo dan bilas hingga bersih.

Bagi para wanita yang sedang menyusui, ASI mengandung gizi yang baik untuk perkembangan bayi. Namun, tidak jarang seorang ibu akan mengalami kekurangan ASI, hal ini terjadi karena produksi ASI yang sangat minim. Kunyit adalah salah satu alternatif untuk merangsang produksi ASI ibu, dengan cara mengoleskan pupuk kunyit yang dibasuh dengan air pada payudara wanita.

Kesehatan itu sangat penting bagi kehidupan, maka dari itu kita harus selalu rutin untuk menjaganya. Seseorang yang tidak bersyukur akan selalu mengabaikan dan tidak memperdulikan, tetapi akan mendapatkan sesuatu yang lebih buruk daripada apa yang dianugerahkan. Sangat penting bagi kita untuk tetap menghargai diri sendiri dan juga orang lain, maka dari itu tidak ada alasan untuk tidak hidup secara sehat. Demikianlah apa yang dapat kami paparkan melalui tulisan ini, semoga kita dapat memetik pelajaran dan memulai untuk tidak menyia-nyiakan kehidupan.

Tinggalkan Balasan