Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Madu Untuk Kesehatan. Semenjak zaman dahulu madu sudah dimanfaatkan oleh manusia sebagai minuman dan makanan, baik itu sebagai bahan makanan ataupun bahan penyedap rasa minuman setar makanan, madu sudah sering difungsikan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit baik berat maupun ringan.

Madu adalah nektar pada bunga di hisap oleh lebah madu dan disimpan kedalam sarang sebagai sumber makanannya, Madu merupakan salah satu alternatif penamis yang tingkat kemanisannya hampir sama dengan manisnya gula pasir, sifat kimia dan rasa yang khas dari madu terkadang tidak terlalu disukai oleh orang awam, sehingga lebih memilih gula pasir dan pemanis lainnya dibanding madu.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat madu yang sangat kaya masih diteliti dan dikembangkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit baik penyakit berat ataupun ringan Berikut adalah Kandungan yang terdapat dalam Madu.

Kandungan yang terdapat dalam Madu
Kandungan yang terdapat dalam Madu

Manfaat Madu untuk kesehatan

1. Manfaat Madu untuk kecantikan kulit
Dalam sejarah ilmu kecantikan, madu juga sangat baik digunakan sebagai bahan kecantikan tubuh, kandungan yang terdapat dalam madu sangat bermanfaat bagi kecantikan, madu banyak digunakan sebagai bahan dasar kosmetik karena kemampuannya untuk menangkap oksigen dan berfungsi sebagai pelembab alami, madu juga sangat efektif untuk melawan keriput dan penuaan dini. Madu juga sering digunakan sebagai pelembab bibir alami, karena kandungan madu yang mampu melembabkan kulit mampu mengatasi kulit terkelupas dan mempercepat pergantian sel-sel kulit mati, tak hanya itu… formula anti acne dalam madu sangat baik untuk mengatasi jerawat serta infeksi akibat mikroba pada wajah, zat antioksidan dalam madu akan sangat baik untuk menangkal radikal bebas.

2. Manfaat Madu Untuk Antiseptik
Kandungan senyawa di dalam madu memiliki sifat sebagai antibakteri dan antimikroba, sehingga madu memiliki kemampuan untuk menjadi antiseptik pada luka dan memerangi mikroba pada luka, khasiat sterilisasi pada madu dan enzim hydrogen peroxide adalah senyawa yang membantu menyembuhkan luka lecet, tergores ataupun memar pada kulit sehingga madu menjadi salah satu alternatif ampuh untuk mempercepat proses penyembuhannya.

3. Manfaat Madu Sebagai Anti Alergi
Kandungan senyawa lain di dalam madu dipercaya mampu mengurangi alergi, dalam sebuah studi menkonfirmasi bahwa serbuk sari yang dikumpulkan oleh lebah madu memili sifat antialergi yang baik bagi tubuh. Hal tentu sangat baik dikonsumsi setiap hari untuk mengurangi efek dari alergi yang diderita pasien.

4. Manfaat Madu Sebagai Obat Luka Bakar
Sifat madu yang baik untuk perawatan kulit memiliki sejarah yang baik untuk mengobati luka bakar berat dan ringan, penelitian terkait membuktikan bahwa penderita luka bakar ringan hanya membutuhkan empat hari lebih cepat dalam proses penyembuhan dibandingkan penderita luka bakar yang ditangani langsung oleh dokter, sehingga madu sangat direkomendasikan oleh dokter dalam penyembuhan luka bakar, studi ini terus dilanjutkan pada luka bakar berbagai tingkatan.

5. Manfaat Madu Sebagai Penangkal Kanker
Senyawa antioksidan dan immunodulator terbukti ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh, khasiat madu dapat mengurai radikal bebas dan menjadi penetral racun dalam tubuh dan sebagai antibiotik yang sangat baik untuk menangkal kanker, Senyawa didalam madu dapat membantu membunuh sel-sel kanker dan mengurangi resiko terkena kanker, menkonsumsi madu satu sendok sehari akan sangat baik bagi penderita dan efeknya tidak seperti gula pasir yang dimana dalam proses pemecahan sakrosa nya akan menjadi lambat, khasiat madu langsung dapat diresap oleh tubuh karena tidak terjadi pemecahan sakrosa menjadi glukosa untuk diserap tubuh.

Demikian artikel tentang 5 Manfaat Madu untuk Kesehatan dan kecantikan, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Satu gagasan untuk “Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan”

Tinggalkan Balasan