Mengenal Manfaat Singkong Dan Daun Singkong

Manfaat Tanaman Singkong – Ubi kayu atau dengan nama tren Singkong merupakan jenis umbi-umbian yang dapat dijadikan sebagai cemilan ataupun makanan pokok, ini karena kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi, Singkong dengan nama latin Manihot Utilissima merupakan tanaman umbi yang biasa dijadikan alternatif pengganti makanan pokok, namun ternyata tak hanya itu, daun dari tanaman singkong ini juga enak dibuat sayur.

Singkong yang sudah terkenal sejak dulu sebagai makanan ataupun cemilan/makanan ringan teman teh dan kopi ternyata juga sangat banyak digunakan sebagai tanaman obat, banyak jenis penyakit yang bisa di tanggulangi dengan tanaman ini, penyakit itu antara lain Rematik, Sakit Kepala, Diare, Disentri, Peningkat Stamina, Demam, Beri-beri serta Rabun Senja.

Penelitian terkait tentang singkong pun sudah dimulai sejak dahulu, salah seorang Proffesor pakar tanaman obat Prof. Hembing Wijayakusuma mengemukakan bahwa tanaman singkong mempunyai beberapa senyawa yang baik sebagai Antikanker, Antioksidan dan penambah nafsu makan, khasiat ini diperoleh dari daun dan umbi nya. kandungan umbi dari singkong yakni antara lain kalori, lemak, protein, kalsium, hidrat arang, lemak, zat besi, fosfor, vitamin B dan C, dan amilum dan pada Daun singkong terdapat kandungan vitamin A, B1, C, Fosfor, kalsium, Protein, kalori, lemak, zat Besi dan hidrat arang, namun pada batang dan kulitnya mengandung tannin, Glikosida, Kalsium Oksalat dan enzim peroksidase.

Mengenal Manfaat Singkong Dan Daun Singkong

Manfaat Tanaman Singkong

1. Menjaga dan Melancarkan pencernaan
Tanaman Singkong terutama pada umbinya memiliki banyak sekali mengandung Serat yang tidak larut dalam air (Insoluble Fiber), Serat ini memiliki fungsi memperlancar buang air besar dan mengataasi sembelit dan juga digunakan sebagai detoksifikasi pada usus, hal inilah yang membuat pencernaan kita menjadi lancar.

2. Membantu Mengobati sakit kepala
Sakit kepala adalah penyakit yang sangat mengganggu dan dapat membuat anda terganggu dalam beraktifitas, daun singkong dipercaya mampu mengobati sakit kepala. cukup dengan mengkompres kepala dengan daun singkong akan dapat membantu meredakan penyakit kepala anda. Cukup menghaluskan beberapa lembar daun singkong dan kemudian digunakan sebagai kompres pada bagian kepala yang dirasa sakit.

3. Membantu mengobati diare
Secara turun temurun daun singkong dipercaya sangat ampuh mengobati diare, cukup dengan rebusan beberapa lembar daun singkong dalam air kira-kira 3 gelas biarkan sampai tersissa setengahnya, lalu biarkan sampai tinggal setengahnya lalu diminum rutin 2 kali sehari setiap pagi dan sore hari selama satu minggu atau sampai diare yang diderita sembuh.

4. Membantu Mencerdaskan otak
Peneliti juga menyimpulkan bahwa didalam umbi singkong terdapat kandungan asam amino, dimana asam amino ini berguna untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi energi dan membantu penyerapan makanan, pencernaan dan penyerapan yang baik akan mensuplai nutrisi yang dibutuhkan otak secara baik pula sehingga membantu kinerja otak lebih optimal.

5. Obat Luka Bakar dan Bernanah
Lain halnya dengan luka bakar ataupun bernanah, untuk mengatasi hal ini bagian batang singkonglah yang berperan, menumbuk batang singkong yang masih segar dan menempelkannya pada luka akan membantu meredakan luka tersebut. Batang singkong juga dapat diparut dan diendapkan lalu hasil endapan kemudian dioleskan pada luka yang diderita.

6. Mengatasi dan Meredakan Rematik
Daun singkong berguna pula untuk meredakan sakit rematik, cukup mengambil lima lembar daunnya, Kapur sirih secukupnya dan 15 gram jahe merah, kemudian dihaluskan dengan ditambahkan air secukupnya lalu kemudian diaduk dan dioleskan pada bagian tubuh yang terasa sakit dipercaya membantu meredakan dan mengatasi masalah rematik ini, kita dapat pula mengambil ekstrak batang singkong yang didapat dari olahan 100 gr batang singkong, 1000cc air. 15 gram jahe kemudia dicampur dan dimasak sampai tersisa satu gelas lalu diminum rutin dua kali sehari adalah alternatif lain dari tanaman obat ini.

7. Sebagai Obat Cacingan dan Beri-beri
Pada anak kecil, kulit batang singkong berguna untuk mengatasi cacingan, merebus 60 gr batang singkong dengan 30 gr ketepeng cina dalam 600cc air sampai tersisa setegahnya Untuk mengobati cacingan pada anak-anak, caranya ambil 60 gram kulit batang singkong dan 30 gram daun ketepeng cina direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc kemudian disaring dan diminum setiap menjelang tidur malam. Untuk penyakit beri-beri daun singkong dapat dimakan beserta makanan lain sebagai sayur lalapan.

8. Meningkatkan Stamina, Menambah darah, dan memperbaiki kerusakan lambung
Karena sigkong memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi maka singkong tentu dapat memicu perkembangan sel-sel darah, hal ini tentu akan membantu anda memiliki kualitas darah yang baik dan alhasil akan dapat meningkatkan semangat dan stamina bekerja anda. Fungsi Singkong sebagai antibiotik dan pereda luka dapat membantu proses pemulihan luka pada lambung anda.

Demikian artikel tentang Manfaat Tanaman Singkong, Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan