Manfaat Tersembunyi dibalik Bau Busuk Buah Mengkudu

Manfaat Tersembunyi dibalik Bau Busuk Buah Mengkudu

DARADAENG.COM – Buah mengkudu (Morinda Citrifolia) adalah buah khas daerah tropis, nama daerah dari buah mengkudu begitu beragam, orang sunda meyebutnya buah cangkudu, jawa kemudu, aceh keumeude dan orang makassar menyebutnya buah baya/baja.

Manfaat Tersembunyi dibalik Bau Busuk Buah Mengkudu
Foto Buah Mengkudu

Ciri dari tanaman mengkudu : tinggi bisa mencapai 3-7 meter, batangnya yang bengkok, kaku dan kasar, berakar tunggang. Daun berwarna hijau tebal dan mengkilap, Buahnya berbentuk lonjong dan berbintik-bintik, saat masih muda buahnya berwarna hijau, pada saat masak akan berubah warna putih pucat.

Daging buah berwarna putih serta mengeluarkan bau yang menyengat/bau busuk akan tetapi tahukah Anda dibalik aroma buah mengkudu yang begitu menyengat tersimpan sejuta manfaat baik bagi kesehatan.

Manfaatnya seperti dapat mengobati berbagai jenis penyakit seperti, Menormalkan tekanan darah, melawan radikal bebas, mengatasi diabetes dan penyakit jantung. Bagian yang dimanfatkan dari buah ini adalah sari buahnya, Anda dapat membuatnya menjadi jus, Buah ini paling baik dikonsumsi jika dicampur dengan sedikit madu.

Tinggalkan Balasan