Daun Kelor yang kaya Akan Manfaat

Mengenal 5 Manfaat Kelor Untuk Kesehatan

DARADAENG.COM – Tanaman kelor (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae, tanaman ini berupa pohon kecil dengan tinggi 5-15 meter. daunnya berwarna hijau pucat mirip ganda dengan anak daun menyirip ganjil dan berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai. bunganya berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau sedangkan buahnya berbentuk segitiga memanjang. Kelor dapat dikembang biakkan dengan cara generatif dan vegetatif.

Di Indonesia, tanaman kelor ini banyak ditanam sebagai pembatas kebun atau tanaman pagar rumah. banyak orang memanfaatkan daun kelor dan buah kelor untuk sayuran. Ada pula yang mengaitkan tanaman ini dengan sebagai tamanan pengusir roh jahat/penangkal sihir, akan tetapi dibalik semua ini ternyata hampir seluruh bagian dari tumbuhan ini dapat dimanfaatkan utamanya dalam penyembuhan penyakit.

Menurut studi dunia kesehatan WHO dan National Institute of Health (NIH) kelor terkenal sebagai pohon ajaib karena tumbuhan ini sangat baik untuk kesehatan. kelor telah dimanfaatkan sejak dahulu sebagai obat untuk mencegah dan mengobati lebih dari 300 jenis penyakit. seluruh bagian dari tanaman kelor mempunyai manfaat untuk Kesehatan dimulai dari:

Manfaat Kelor Untuk Kesehatan
Daun Kelor

Khasiat Kelor Daun, Akar, Kulit Batang, Bunga, Biji, Buah

1. Akar kelor sebagai obat dalam.
Air rebusan akar kelor dapat menyembuhkan epilepsi, antiskorbut, rematik, gonorrhoea dan diuretikum. akar dari tanaman kelor ini juga dikenal memperlancar air seni, mengobati dahak atau obat batuk, penambah nafsu makan dan meredakan sakit kejang-kejang. tumbukan halus dari akarnya dapat diolah menjadi bedak dingin (bedak tapel), pencegah iritasi kulit, mengobati penyakit kulit, serta sebagai parem herbal untuk pada penyakit beri-beri dan untuk pengobatan pada kaki yang terasa lemah dan pegal.

2. Kulit batang kelor
Berdasarkan hasil penelitian kulit batang kelor mengandung zat bersifat analgesic dan sangat manjur digunakan sebagai penawar racun ular dan kalajengking, selain itu mengoleskan ekstrak kulit batang kelor, dapat mengatasi sariawan, pembengkakan, dan plak/karang gigi karena di dalam daun kelor terdapat zat kalsium dan fosfor.

3. Manfaat daun Kelor
Di dalam daun kelor terdapat sebuah zat yang dapat mengatasi kelebihan kolesterol dalam darah. Terbukti bahwa kelor dapat menurunkan berat badan dengan membakar lemak yang ada pada tubuh. Jika anda ingin mendapatkan hasil yang cepat dan maksimal, anda bisa mengkonsumsi ekstrak daun kelor. Mengobati sakit linu dan nyeri Daun kelor juga dapat sebagai obat lulur, caranya anda hancurkan daun kelor dan oleskan ke bagian tubuh anda yang mengalami nyeri atau pegal linu.

4. Manfaat utama daun kelor dapat meningkatkan ketahanan tubuh secara alami, mempertajam daya ingat dan penglihatan, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan struktur sel tubuh, mengurangi kerutan dan flek hitam pada kulit wajah, meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal, memperindah kulit, memperlancar proses pencernaan, sebagai antioksi dan menormalkan kadar gula dalam tubuh.

5. Buah Bunga dan Biji Kelor
Buah kelor dikenal kaya kandungan zat alkaloida morongiona yang memiliki sifat meransang pencernaan makanan. buah kelor juga dapat dimasak menjadi sayur asam yang lezat, dan air rebusan bunga kelor dapat membantu mengatasi radang tenggorokan, membasmi cacing dalam perut. sedangkan biji kelor dapat dipakai dalam menjernihkan air. selain itu buah kelor dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran kosmetik, obat obatan dan sumber minyak goreng nabati.

Dari hasil analisa kandungan nutrisi dapat diketahui bahwa daun kelor memiliki potensi yang sangat baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin maka dapat menjaga keseimbangan nutrisi pada tubuh akan terpenuhi sehingga orang yang mengkonsumsi daun kelor dapat meningkatkan energi dan sistem ketahanan tubuhnya. demikian persembahan kami mengenai manfaat kelor untuk kesehatan.

Tinggalkan Balasan