Mengenal Berbagai macam Aplikasi Internet

DARADAENG.COM – Saat ini apllikasi internet yang tersedia sudah banyak dan akan terus bertambah, seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Aplikasi aplikasi internet ini kemudian dipakai dalam berbagai bidang, seperti contoh bidang akademik, bidang militer, kodoketeran, surat kabar, pengiklan, dan masih banyak lagi yang memilki kaitan erat dengan aplikasi internet.

Dari sekian banyak aplikasi internet yang ada saat ini, yang paling banyak dikenal dan digunakan, antara lain Word Wide Web. [www], E-mail, Mailing List, [Milis], Newsgrup, Internet Relay Chat, File Transfer Protocol [FTP], Talnet Gopher, dan Ping.

berbagai macam aplikasi internet

Berikut penjelasan dari beberapa Aplikasi yang sering di pakai dalam aplikasi internet.

1. Word Wide Web
Word Wide Web atau wwww adalah aplikasi yang paling sering dipakai dan merupakan aplikasi yang paling penting. Aplikasi www dapat dimanfaatkan berbagi hal. www adalah file-fle yang ada di internet dan tersimpan pada beberapa server yang ada didunia ini

Dokumen web tersebut dibuat dengan menggunakan format hypertext Markup Language [HTML]. HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan [Link] sebuah dokumen dengan dokumen yang lain. Halaman halaman web yang dibuat dengan mengunakan HTML digunakan untuk menyimpan Informasi. Dokumen yang dibuat dengan HTML tersebut dapat membuat teks, gambar, animasi, audio, dan video.

2. Elektonik Mail [E-Mail]
E-Mail atau surat Elektornik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. Mengirim email sama persis dengan mengirimkan surat biasa. Kita dapat bercerita, mengirimkan pesan, atau apa saja. Melalui e-mail kita dapat mengirimkan file dokumen, gambar dan sebagainya.

Email Merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. seperti halnya di saat mengirim pesan melalui email dengan ongkos yang relatif murah, mengingat akses internet yang cepat, maka secara otomatis surat [E-mail] yang dikirim akan tiba pada tujuan dengan begitu cepat. kecepatanya hanya bebanding sesaat setelah kita menekan tombol kirim.

3. Mailing List
Mailing list atau sering disebut milis merupakan aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana bertukar pikiran atau saling sharing informasi dalam satu perkumpulan melalui email yang dikirim pada alamat milis maka secara otomatis akan diteruskan ke seluruh alamat email yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut.

Milis sebenarnya adalah bentuk dari email. Fasilitas ini di gunakan oleh kelompok kelompok guna saling bertukar infomasi dan berdiskusi sesama anggota kelompok. Milis memiliki sifat yang hampir mirip dengan email.

4. Newsgrup
Newsgrup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi sama lain dalam sebuah forum. Biasanya, anggota forum Newsgrup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama serta membahas topik topik . Newsgrup bisa dikira seperti sebuah buletin board, dimana tiap-tiap orang bebas memaparkan pendapatnya untuk dibaca oleh orang lain yang tergabung didalam kelompok tersebut.

Sarana yang mungkin digunakan dalam newsgrup dapat berupa multi media (audio visual) dengan mengunakan fasilitas konversi video dapat berupa teks saja atau teks dan audio dengan menggunakan fasilitas chat (IRC) Newsgrup juga sangat mungkin kita bisa mengemukakan info dengan cepat pada orang orang yang tergabung didalam sesuatu grup.

5. Internet Relai Chat
IRC [Internet Relai Chat] adalah aplikasi internet yang dipakai dalam bercakap cakap di internet . Bercakap cakap di iternet dikenal dengan istilah chatting. Chatting dilakukan dengan cara mengetik apa yang ingin kita ucapkan kepada teman chatting kita, kemudian mengirimkannya dalam bentuk berupa teks.

Saat ini beberapa layanan chatting di internet sudah dilengkapi dengan sarana untuk memunculkan gambar yang diperoleh dari webcam. Dengan mengunakan sarana ini, kita dapat bercakap cakap sambil melihat gambar orang yang sedang chatting didepan kita. Melalui chatting kita dapat berkenalan dan bercerita dengan orang lain diseluruh belahan dunia. seperti halnya layanan chatiting jejaring sosial seperti facebook.

6. File Transfer Protokol
File transfer protokol yang sering disingkat dengan FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke/dari komputer lain. FTP memungkinkan transfer data lebih cepat. FTP sering digunkan untuk mencari data dan mengambil (download) arsip file dari sebuah server di iternet yang mempunyai alamat tertentu yang menyediakan berbagai file.

File tersebut memang di izinkan diambil oleh pengguna iternet yang mebutuhkannya. File tersebut bisa berupa file penelitian, artikel jurnal, dan lain lain. FTP juga untuk meng-upload file situs (homepage) sehingga bisa di akses oleh penguna lain di seluruh pelosok dunia yang terhubung dengan internet.

7. Talnet
Talnet adalah adalah apilikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Talnet dapat digunakan apabila kita mempunyai alamat Ip adress [IP] dari komputer yang akan dibuka dan kita juga harus memiliki sebuah hak user (user id dan password) pada komputer tersebut.

8. Gopher
Gopher adalah aplikasi yang dipakai untuk mencari info info yang ada di iternet. Namun informasi yang dicari hanya terbatas pada teks saja. Untuk memperoleh informasi mendapatkan informasi melalui Gopher, kita harus terhubung dengan Gopher server yang tersedia di internet.

9. Ping
Ping adalah singkatan dari Packet Internet Gopher. Ping digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung atau terkoneksi dengan komputer lain di internet. Pengecekan hubungan ini dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket data.

Dari aplikasi aplikasi yang ada di iternet, maka sampai saat ini manfaat dan fungsi internet yang dapat kita nikmati seperti sarana untuk memperoleh informasi lebih cepat dan murah, mengurangi biaya distribusi, sebagai media promosi, sarana komunikasi interaktif, sarana penelitian, dan sebagai media untuk mempertukarkan data.

2 gagasan untuk “Mengenal Berbagai macam Aplikasi Internet”

Tinggalkan Balasan