Mengenal Berbagai Macam Penyakit Gigi

Daradaeng.com – Berbagai Jenis penyakit gigi, gigi merupakan organ yang terdapat pada mulut, Gigi adalah salah satu organ dalam tubuh yang berperan membantu dalam mengunyah makanan terlebih untuk menghaluskan makanan sebelum ditelan. Oleh karena itu fungsi gigi ini amatlah penting. Namun karena hal semacam itu gigi jadi benar-benar rawan terkena beraneka ragam penyakit yang menyebabkan berkurangnya kinerja gigi itu sendiri. Senantiasa memelihara kebersihan atau kesehatan gigi amatlah penting lantaran akan berpengaruh pada kesehatan tubuh lainnya.

Apakah Anda saat ini sedang rasakan sakit pada gigi tetapi tidak paham penyakit apa yang sedang menyerang gigi Anda, berikut adalah beraneka ragam penyakit yang terdapat pada gigi :

Penyakit Pada Gigi

1. Karies Gigi
Karies gigi yaitu penyakit infeksi yang mengakibatkan kerusakan susunan gigi dan membuat gigi berlubang. Penyakit ini umum menyerang beberapa orang, tetapi meskipun sekian karies gigi terus harus ditangani dengan serius lantaran kemungkinan terburuk dari penyakit ini yaitu kematian.

2. Plak Gigi
Plak gigi yaitu susunan lunak yang terbentuk disebabkan pencampuran bekas makanan serta bakteri lewat air liur. Plak yg tidak pernah dibersihkan akan terus menumpuk serta jadi karang gigi.

3. Gingivitis
Gingivitis yaitu radang pada gusi yang mengakibatkan gusi bengkak. Gingivitis muncul gara-gara plak yg tidak pernah dibersihkan.

4. Abses Gigi
Adalah kumpulan nanah yang disebabkan oleh bakteri yang ada pada gigi. Abses gigi muncul gara-gara rongga gigi atau keretakan pada gigi yg tidak diobati.

5. Tumor Gigi
Tumor gigi adalah pembengkakan yang berlangsung pada mulut yg tidak disebabkan oleh infeksi. Tumor gigi ini amatlah beresiko serta bisa mengakibatkan kematian.

6. Maloklusi
Adalah situasi di mana gigi terletak tak teratur di batas ambang normal. Dapat terjadi disebabkan aspek keturunan maupun kekurangan gizi yang dibutuhkan oleh gigi.

7. Gigi Ngilu
Umumnya gigi ngilu menyerang gigi peka setiap konsumsi makanan yang panas dan dingin.

Demikian beberapa penjelasan singkat tentang beberapa penyakit menyerang gigi. Jadi mulai saat ini rajinlah menjaga kebersihan dan kesehatan gigi sala satunya rajin menggosok gigi, lantaran tak hanya penyakit yang telah dijelaskan diatas, malas menggosok gigi bisa menyebabkan penyakit lain seperti penyakit jantung, stroke, masalah pernapasan/bau mulut, jangan lupa periksalah gigi Anda secara rutin minimal 6 bulan sekali pada dokter gigi terdekat.

Tinggalkan Balasan