Mengenal Budaya Makan Masyarakat Jepang

DARADAENG.COMBudaya Makan Masyarakat Jepang, Kuliner Jepang memang dikenal sangat nikmat. Bahkan makanan tradisional Jepang telah masuk kedalam daftar warisan budaya UNESCO. Tidak hanya memperhatikan kualitas dalam mengolah makanan, Jepang juga menerapkan beberapa aturan saat makan.

Aturan ini sudah menjadi kebudayaan masyarakat Jepang secara turun temurun. Sehingga pada saat duduk makan bersama orang Jepang, sebaiknya kita juga menerapakan kebudayaan saat makan yang mereka lakukan.

Walaupun menggunakan alat makan yang sama dengan negara China, namun Jepang memiliki budaya makan yang lebih ketat. Untuk Anda yang akan melakukan jamuan bersama masyarakat Jepang atau sekedar menikmati hidangan di negeri sakura tersebut, sebaiknya Anda memperhatikan kebudayaan makan di Jepang berikut:

Budaya Makan Orang Jepang

1. Cara duduk di ruang tatami
Kebanyakan masyarakat Jepang menikmati hidangan dengan duduk di ruangan berlantai kayu yang dialasi tikar bambu, tatami. Saat masuk ke ruangan ini, Anda diharuskan untuk melepas alas kaki, namun masih diperbolehkan memakai kaus kaki. Saat duduk di ruang tatami Anda harus duduk diatas kedua telapak kaki yang di tekuk dan punggung harus tegak. Untuk wanita, kedua tangan ditumpuk menjadi satu dan diletakkan pada pangkuan.

2. Penyajian Makanan
Beberapa resto di Jepang menyajikan makanan secara sedikit dan dikeluarkan satu persatu. Dewasa ini, budaya tersebut sudah jarang dilakukan. Pelayan akan menyajikan makanan langsung diatas satu nampan. Kebiasaan orang Jepang adalah menyantap daging terlebih dahulu baru kemudian sup, nasi dan acarnya.

3. Penggunaan Sumpit
Berbeda dengan sumpit negara China. Sumpit di Jepang dibuat lebih ramping dan runcing pada ujungnya. Sumpit diletakkan pada sandaran sumpit. Ketika Anda ingin berhenti makan sejenak atau menyudahi makan, letakkan kembali sumpit pada sandarannya. Berikut aturan saat menggunakan sumpit secara detail:

  • Jangan menancapkan sumpit pada nasi atau makanan, karena itu hanya dilakukan pada suasana berkabung
  • Jangan menggunakan sumpit untuk menunjuk orang atau sesuatu, karena orang Jepang menganggap itu tidak sopan
  • Ketika sedang mencari makanan yang diinginkan, jangan memutar-mutar sumpit Anda
  • Menyantap Nasi

Nasi akan dihidangkan dalam mangkuk terbuka atau tertutup. Budaya Orang Jepang saat menyantap nasi adalah memegang mangkuk nasi dengan tangan kiri dan mengangkatnya hingga sebatas dada, dan tidak diperkenankan mengangkat mangkuk hingga mendekati mulut.

4. Minum Teh
Teh adalah minuman wajib yang dinikmati warga Jepang saat makan. Bagi wanita disarankan untuk mengangkat cawan berisi teh dengan tangan kanan dan menahan ujung cawan dengan jari-jari tangan kiri. Bagi pria dapat mengangkat cawan hanya dengan satu tangan saja.

Tinggalkan Balasan