Mengenal Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

DARADAENG.COM –¬†Wortel banyak dikenal orang memiliki manfaat ampuh untuk kesehatan mata, akan tetapi tidak hanya itu lantaran manfaatnya amatlah banyak. Wortel di kenal sebagai sayuran yang gampang tumbuh, rasanya lezat dan bergizi tinggi. Hampir semua kalangan menyukainya baik anak-anak dan orang dewasa lantaran rasa manis dan teksturnya begitu renyah di lidah.

Wortel dikenal juga dengan sebutan Daucus carota merupakan jenis sayuran ditanam sepanjang tahun, terlebih di daerah pegunungan yang mempunyai suhu udara dingin serta lembab, dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut/mdpl. Wortel merupakan tumbuhan biennial yang siklus perkembangannya/hidupnya sekitar 1 hingga 2 tahun lamanya.

Wortel merupakan jenis sayuran yang terkenal setelah sayur kentang. Wortel banyak memberikan nutrisi untuk tubuh. Dengan mengonsumsi wortel anda mendapatkan vitamin A dan beberapa manfaat wortel lainnya adalah untuk menjadikan kulit yang indah dan mulus, mencegah kanker, dan anti penuaan. Berikut ini adalah manfaat wortel untuk kesehatan.

Gambar Wortel

manfaat wortel bagi kesehatan

1. Wortel Untuk Mencegah Kanker, Riset telah membuktikan wortel mengurangi resiko kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar. Beberapa peneliti baru saja menemukan falcarinol dan falcarindiol yang mereka rasakan mengakibatkan sifat antikanker. Falcarinol yaitu pestisida alami yang dihasilkan oleh wortel yang melindungi akarnya dari penyakit jamur. Wortel merupakan salah satu sumber utama dari senyawa ini. Sebuah riset menunjukkan resiko kanker 1/3 lebih rendah.

2. Wortel Untuk Memperlambat Penuaan, Tingginya kandungan beta karoten pada wortel, hingga dapat bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah rusaknya sel dalam tubuh melalui metabolisme rutin. Ini membantu memperlambat penuaan sel-sel kulit.

3. Meningkatkan Penglihatan, Wortel kaya akan beta karoten, yang di ubah menjadi vitamin A dalam hati. Vitamin A di transformasikan kedalam retina, untuk pigmen ungu, rhodopsin yang diperlukan untuk penglihatan di saat malam. Beta karoten juga mempunyai kemampuan melindungi terhadap degenerasi makula dan katarak pikun.

4. Wortel Buat Kulit, Vitamin A serta antioksidan melindungi kulit dari kerusakan disebabkan oleh paparan sinar matahari. Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan keringnya rambut, kuku dan kulit. Vitamin A mencegah terjadinya kerutan secara dini, kulit kering, noda, jerawat dan warna kulit tidak merata.

5. Wortel Untuk Antiseptik, Wortel di kenal mempunyai kemampuan untuk mencegah terjadinya infeksi. Wortel bisa dimanfaatkan pada luka caranya wortel di parut mentah atau di rebus dan dihaluskan lalu di lekatkan pada tubuh yang mengalami luka.

6. Membersihkan Racun di Dalam Tubuh, Vitamin A pada wortel membantu hati dalam membersihkan racun dari tubuh hingga dapat meminimalosir empedu dan lemak di hati. Serat dalam wortel membantu membersihkan usus besar dan mempercepat gerakan pembuangan sisa makanan dalam tubuh.

7. Wortel Untuk Kesehatan Wajah, Wortel dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah yang tergolong murah dan sangat nyaman di gunakanan. caranya campurankan parutan wortel dengan sedikit madu sebelum di jadikan masker.

8. Mencegah Penyakit Jantung, Studi membuktikan bahwasanya diet tinggi karotenoid terkait dengan rendahnya resiko penyakit jantung. Wortel tidak hanya memiliki kandungan beta karoten namun juga alfa karoten dan lutein. Mengonsumsi wortel secara rutin bisa mengurangi kadar kolesterol karena serat larut dalam wortel mengikat asam empedu.

9. Wortel Baik Untuk Gigi dan Gusi, Wortel dapat membersihkan gigi dan mulut, wortel dapat mengurangi plak dan sisa makanan seperti halnya fungsi dari pasta gigi dan sikat gigi. Wortel merangsang gusi dan memicu banyaknya air liur, yang menjadi alkali, keluar pembentuk asam. Mineral dalam wortel mencegah tejadinya kerusakan gigi.

10. Mencegah Stroke, Dari semua manfaat diatas tidak mengherankan bahwasanya dalam sebuah riset di Universitas Harvard, beberapa orang yang makan lebih dari 6 wortel seminggu lebih kecil kemungkinannya untuk menderita stroke jika dibandingkan dengan mereka yang makan cuma satu wortel sebulan atau kurang.

Tinggalkan Balasan