Mengenal Penyakit Asam Urat Dan Cara Pengobatannya

Penyakit Asam Urat Dan Cara Pengobatannya, Asam Urat atau Artritis Gout yaitu peradangan sendi akut yang dikarenakan oleh pengendapan kristal asam urat dalam rongga ronga sendi. Yang disebut dengan asam urat yaitu bekas metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita makan. Ini bisa menjadi hasil samping dari pemecahan sel dalam darah.

Purin sendiri merupakan zat zat yang terdapat pada bahan makanan yang berasal dari dalam tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, pada tubuh setiap makhluk hidup ada zat purin ini, lalu di karenakan kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat pur in itu beralih ke dalam tubuh kita. Beragam sayuran serta buah-buahan juga terdapat zat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan beberapa sel tubuh yang berlangsung secara normal atau dikarenakan penyakit khusus lainya.

Wajarnya, asam urat sendiri dapat di keluarkan dalam badan melewati feses atau kotoran serta urin, namun di karenakan pada ginjal tidak dapat keluarkan zat zat asam urat yang ada mengakibatkan kandungannya meningkat dalam tubuh kita. Hal-hal lain yang bisa menambah kadar asam urat yaitu kita terlampau banyak konsumsi bahan makanan yang memiliki kandungan purin yang banyak.

Asam Urat

Penyakit Asam Urat Dan Cara Pengobatannya

Asam urat yang berlebihan selanjutnya bakal terkumpul pada persendian hingga mengakibatkan rasa nyeri atau bengkak pada bagian sendi. Pada umumnya Penderita asam urat sehabis menjalani tahap penyembuhan yang tepat bisa diobati hingga kandungan asam urat dalam badannya kembali menjadi normal. Namun dikarenakan dalam tubuh terdapat potensi penumpukan zat asam urat, maka di anjurkan agar mengontrol makanan yang dikonsumsi hingga mampu menjauhi makanan yang banyak memiliki kandungan purin.

Tanda-tanda Asam Urat
Gejala Asam Urat ditandai dengan suatu serangan secara tiba-tiba yang terjadi diderah persendian. Waktu bangun tidur, umpamanya, ibu jari kaki serta pergelangan kaki Anda merasakan seperti terbakar api, nyeri serta membengkak. Asam urat akut kerap berulang serta berhubungan dengan penambahan kandungan asam urat dalam darah (hiperurisemia) Kadar Asam Urat yang tinggi selama 10 th. bakal mengakibatkan terjadinya pengendapan zat zat kristal asam urat dalam sendi serta terjadinya batu ginjal.

Gejala Lainnya pada asam urat :
Sering mengalami kesemutan serta pegel linu
Terasa Nyeri pada bagian sendi khususnya pada malam hari atau pagi hari waktu bangun tidur
Sendi yang terkena asam urat tampak bengkak, kemerahan, terasa panas serta nyeri luar biasa sakitnya saat malam serta saat pagi.

Solusi Mengatasi Asam Urat
Langkah paling baik Serta tergolong aman menangani Asam Urat yaitu dengan kembali ke tubuh kita sendiri. Tubuh kita mempunyai beberapa sel imun, yakni sel Alami Killer (sel NK) yang bertugas mencari hal hal yg tidak beres di dalam tubuh untuk selanjutnya dihancurkan Serta dibuang melewati system pembuangan tubuh. Pada pasien asam urat, beberapa sel ini tidak berkerja dengan cara maksimal hingga zat-zat yang semestinya dibuang keluar dari dalam tubuh menjadi mengendap, serta celakanya oleh system imun, endapan ini lalu terserang habis-habisan hingga timbul peradangan pada bagian sendi.

Semakin cepat seorang memperoleh pengobatan dari serangan akut, semakin cepat juga penyembuhannya. Penyembuhan bisa diberikan obat anti inflamasi nonsteroid (antirematik) serta obat penurun kandungan asam urat (obat yang mempercepat/menambah pengeluaran asam urat melalui kemih (probenecid) atau obat yang dapat turunkan produksi asam urat dalam tubuh (allopurinol).

Solusi Lainnya pada penderita Asam Urat :

  1. Lakukan pengobatan sampai kandungan asam urat dalam tubuh kembali normal. Kadar sewajarnya adalah 2. 4 sampai 6 untuk wanita dan 3. 0 sampai 7 untuk kaum pria.
  2. Mengontrol makanan yang dikonsumsi.
  3. Banyak minum air putih. Dengan banyak meminum air putih, kita mampu membantu membuang purin yang terdapat dalam badan.

Makanan yang Dipantang Atau Dihindari
Jenis makanan dibawah ini merupakan makanan yang memiliki kandungan banyak purin antara lain :

  • Lauk pauk seperti jeroan, babat, usus, paru serta otak, hati, ginjal, limpa.
  • Makanan laut seperti cumi, kepiting, udang, kerang.
  • Makanan kaleng seperti kornet serta sarden.
  • Daging, telur, kaldu atau kuah daging yang kental.
  • Kacang -kacangan seperti kacang kedelai (termasuk hasil olahannya seperti tauco, oncom, susu kedelai tempe), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping.
  • Sayuran seperti, kangkung, daun singkong, asparagus, bayam, kembang kol dan buncis.
  • Buah-buahan seperti Alpukat, Nenas, air kelapa dan durian.
  • Minuman serta makan makanan seprti anggur, dan tape.

Demikianlah Atrikel kesehatan daradaeng.com mengenai Penyakit Asam Urat Dan Cara Pengobatannya semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan