Pendidikan Paling Utama Pada Balita

DARADAENG.COMPendidikan pada balita, Pendidikan adalah prioritas utama yang sebagian besar orang tua berikan kepada anak-anaknya sebab dengan memberikan pendidikan yang baik dan layak mereka berharap sang anak akan mendapatkan kehidupan yang lebih layak dari mereka.

Berbagai macam cara pun dilakukan agar sang anak mendapatkan kehidupan yang lebih baik seperti dengan memasukan mereka ke tempat-tempat bimbel, tempat les, bahkan hingga memasukan mereka ke sekolah bertaraf internasional.

Padahal, ada hal yang mereka lupakan salah satunya yaitu mendidik mereka dimulai dari lingkungan keluarga. Orang tua mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap pembangunan karakter sang anak sebab orang tua merupakan contoh terdekat yang bisa sang anak tiru.

Pendidikan pada balita
Pendidikan pada balita

Pendidikan Pada Balita

Dalam mendidik sang anak, tentu saja harus ada strategi agar sang anak bisa memahami serta menerima apa yang kita ajarkan. Orang tua juga harus pandai memahami kemauan, bakat, serta karakter sang anak agar segala aktifitas sang anak bisa bersifat positif.

Mendidik sang anak harus dimulai sejak mereka balita sebab pada masa-masa seperti itu merupakan masa keemasan sang anak yang mana segala perkembangan terjadi. Selain itu, daya ingat mereka serta rasa ingin tahu yang kuat harus kita manfaatkan untuk memberikan masukan-masukan yang baik misalnya berprilaku sopan, seperti mengucapkan terima kasih, makan dengan tangan kanan dan lainnya.

Pendidikan yang pertama harus diberikan pada anak balita ialah dimulai dari lingkungan keluarga karena keluarga adalah orang yang paling dekat dengan mereka.
Tidak ketinggalan bahwa ada hal juga yang tidak boleh dilupakan sebagai orang tua yaitu dengan memberikan pendidikan agama kepada sang anak.

Mengapa harus dengan agama karena dalam agama mengajarkan kebaikan yakni berupa apa yang harus dilakukan serta apa yang tidak boleh dilakukan. Nah, dengan menanamkan nilai-nilai agama yang kuat sejak dini maka sang anak akan bisa membedakan mana yang baik serta mana yang buruk.

Selain itu, agama juga menanamkan nilai-nilai akidah yang berupa adab serta prilaku yang sebaiknya harus dilakukan misalnya saling menghormati sesama, menghormati orang yang lebih tua, tidak melawan pada orang tua, bersikap ramah, berpikir positif dan yang lainnya. Nah, hal-hal yang semacam inilah justru yang mampu membangun sang anak agar mereka mampu menjadi pribadi yang lebih baik.

Seperti yang saat ini kita ketahui bahwa banyaknya kriminalitas yang terjadi seperti pelecehan seksual, pembunuhan, korupsi, perampokan dan yang lainnya disebabkan karena dasar iman yang mereka miliki sangat kurang. Untuk itu sebagai orang tua wajib sekali hukumnya untuk mengenalkan anak pada agamanya sejak usia dini serta memberikan pendidikan agama yang kuat.

Tinggalkan Balasan