Pengertian Manfaat Dan Macam Macam Imunisasi

Pengertian Manfaat Dan Macam Macam Imunisasi Dahulu sebelum adanya imunisasi ditemukan, tingkat kematian pada bayi cukup tinggi sebagai akibat terkena berbagai macam penyakit, dengan ditemukannya imunisasi, maka tingkat kematian pada bayi sudah berkurang, imunisasi adalah suatu usaha memberikan kekebalan terhadap suatu penyakit, dengan menerima vaksinasi melalui suntikan.

Imunisasi terbagi dalam dua bagaian yaitu imunisasi dasar lengkap dan Imunisasi Lanjutan, untuk lebih jelasanya silahkan disimak ulasan dibawah ini, Pengertian Manfaat Dan Macam Macam Imunisasi:

Imunisasi Dasar Lengkap

Imunisasi ini diberikan pada balita yang antara lain mencangkup :

1. Imunisasi BCG
Imunisasi BCG (Balcilius Calmette Tetanus) Imunisasi ini diberikan pada usia 0 sampai dengan 11 bulan dan hanya diberikan satu kali untuk mencegah agar tidak terserang penyakit TBC

2. Imunisasi DPT
Imunisasi DPT (Depteri Pertusis Tetanus) Imunisasi ini di berikan kepada balita usia 2 sampai 11 bulan, dan diberikan sebanyak 3 kali berturut turut dengan selang waktu minimal 4 Minggu. Imunisasi ini bertjuan untuk mencengah penyakit Depteri, Pertusis, dan Tetanus.

3. Imunisasi Polio
Imunisasi Polio diberikan pada anak usia 2 sampai 11 bulan dan diberikan secara berturut-turut dengan selang waktu selama 4 Minggu. Jenis Imunisasi ini untuk mencegah terjadinya penyakit Polio.

4. Imunisasi Campak
Imunisasi Campak diberikan pada usia 9 sampai 11 bulan dan hanya diberikan satu kali. Imunisasi campak bertjuan mencegah terjadinya penyakit campak.

Imunisasi Ulang

1. Imunisasi DT
Imunisasi DT (Depteri Tetanus) dibirikan pada anak sekolah yang duduk dikelas satu dan biasanya diberikan sebanyak 2 kali secara berturut turut dengan tenggang waktu 4 Minggu

2. Imunisasi TT
Imunisasi TT (Tetanus Toxoid) diberikan pada anak sekolah yang duduk di kelas enam, khusunya bagi wanita, dan biasnya diberikan sebanyak 2 kali secara berkala.

Manfaat Imunisasi dan Tujuan Imunisasi
Bayi dan Anak akan sehat dengan imunisasi diharapkan anaka akan tumbuh sehat dan kuat, serta cerdas karena kecerdasan itu dapat terganggu bila anak sering mengalami sakit.

Masa depan bangsa dan negara tercinta ini Indonesia ditentukan kondisi anak yang kuat dan sehat. dengan sehatnya Anak-anak maka akan menciptakan dunia yang sehat, maka dari itu, mari menjaga dan memperhatikan kesehatan balita dan Anak sejak dini dengan cara memberikan imunisasi.

Tinggalkan Balasan