Perahu Legendaris Dari Sulawesi Selatan

Daradaeng.com. – Perahu Legendaris Dari Sulawesi Selatan, Pernakah teman teman bernyanyi sebuah nyayian yang berjudul nenek moyangku seorang pelaut, lagu tersebut betul betul benar, Nenek moyang kita adalah seorang pelaut yang hebat.

Untuk menjadi pelaut hebat tentu membuhtuhkan sebuah kapal yang hebat pula, maka dari itu daradaeng akan membahas sebuah kapal yang hebat dan telah terkenal di Dunia, Phinisi.

Phinisi adalah kapal layar tradisional khas asal indonesia, yang berasal dari suku Bugis dan suku Makassar di Sulawesi Selatan tepatnya dari desa bira, kecamatan Bonto Bahari Kabupaten Bulukumba.

Perahu Legendaris Dari Sulawesi Selatan

Perahu Legendaris Dari Sulawesi Selatan

Phinisi sebenarnya merupakan nama layar, kapal ini umumnya memiliki dua tiang layar utama dan tujuh buah layar, yaitu tiga ujung depan, dua didepan dan dua dibelakang, pada umumnya kapal phinisi di digunakan untuk pengangkutan barang antar pulau.

Dua tiang layar utama tersebut berdasarkan dua kalima syahadat dan tujuh buah layar merupakan jumlah dari surah Al-Fatiha, phinisi adalah sebuah kapal layar yang menggunakan jenis layar sekunar dengan dua tiang dan tujuh helai layar yang juga mempunyai makna.

Bahwa Nenek moyang bangsa Indonesia mampu mengarungi tujuh samudra besar di dunia. menurut sejarah kapal kayu phinisi digunakan di Indonesia sejak berabad – abad yang lalu deperkirakan kapal phinisi sudah ada sejak tahun 1500an. dan saat ini lokasi pembuatan perahu yaitu Bira masih banyak pembuatan kapal phinisi bahkan Negara Asing masih banyak memesan kapal dibira.

Dan di era Globalisasi phinisi sebagai kapal barang berubah fungsi menjadi kapal pesiar mewah komersial maupun expedisi yang di biayai oleh investor lokal dan luar negeri, dengan interior mewah dilengkapi dengan peralatan menyelam, permandian air untuk wisata bahari dan awak awak yang terlatih dan diperkuat dengan teknik modern. Merupakan salah satu contoh kapal pesiar mewah terbaru adalah silona belayar dibawah bendera kapal pesiar Indonesia.

Demikianlah ulasan singkat Admi Daradaeng yang sudah membahas mengenai perahu phinisi. Bagi Anda yang ingin mengenal lebih jauh mengenai sejarah perahu phinisi silahkan di baca postingan saya sebelumnya di Vivalog yang berjudul Perahu Pinisi Kekayaan Alam Yang Terpendam silahkan di baca Sejarah Phinisi.

Tinggalkan Balasan