internet lambat loading

Perangkat Keras untuk Mengakses Internet

DARADAENG.COM – Seiring dengan kemajuan teknologi dan komunikasi kita mengakses internet dengan menggunakan berbagai pilihan teknologi yang ada. Masing masing teknologi mengakses internet dengan berbagai cara. Karenanya, perangkat keras tambahan yang di butuhkan berbeda beda. Maka pada kesempatan kali ini admin daradaeng akan mengenai berbagai kebutuhan perangkat keras untuk mengakses internet dengan menggunakan beberapa teknologi.yang admin bagi menjadi 7 bagian seperti, Perangkat keras untuk mengakses Internet dengan koneksi dial-up, Teknologi ADSL, melalui jaringan LAN, GPRS, Wifi dan menggunakan jaringan TV Kabel, selengkapnya penjelasan silahkan disimak dibawah ini :

Perangkat Keras untuk Mengakses Internet
Perangkat Keras untuk Mengakses Internet

Perangkat Keras Internet

1. Mengakses Internet Melalui Koneksi Dial-Up
Jika kita hendak menyambungkan komputer ke internet dengan memakai koneksi dial-up, yakni ada dua jenis perangkat tambahan yang kita perlukan, yakni saluran modem atau telepon. Saluran telepon diperlukan guna untuk menyambukan komputer kita dengan ISP yang digunakan. Setelah itu, ISP tersebut akan meneruskan koneksi kita ke internet

Modem diperlukan untuk merubah sinyal digital berubah menjadi sinyal analog atau sinyal Listrik agar bisa dikirimkan melalui saluran telepon, dan juga sebaliknya untuk merubah dari sinyal listrik menjadi sinyal digital agar dapat diterima oleh komputer.

Pada sebuah komputer yang mengirim data ke internet, modem yang akan merubah sinyal digital dari komputer mejadi sinyal suara, sehingga sinyal tersebut dapat dilewatkan melalui kabel telepon. Pada segi penerima, modem dapat merubah tanda nada dari kabel telephone berubah ke sinyal digital, sehingga komputer akan membaca sinyal tersebut. Dengan cara ini, modem membuat dua buah komputer berkomunikasi satu sama lain dengan media kabel telepon.

Kecepatan modem mentransferkan data diukur dengan satuan bits per second [bps]/bit per detik, Umumnya, kecepatan mentransfer data modem yang dijumpai di pasaran yaitu kecepatan dengan ukuran 56 kbps. hal ini berarti bahwa modem tersebut dapat hanya dapat mengirim data sebesar 56 kilobit dalam setiap detiknya. Ada dua jenis modem yang dapat kita jumpai dipasaran, yaitu modem internal dan modem external adalah modem yang yang dipasang lansung di mainboard komputer.

Modem jenis ini dihubungkan ke komputer dengan menggunakan kabel. Keutungan menggunakan modem internal adalah harganya yang lebih murah dan terjangkau. cuma dari segi kelemahannya kerena pemasangannya yang lebih sulit dan pengunaanya tidak dapat dipindah pindahkan dari satu komputer ke komputer yang lain. jika ingin memindahkan haruslah membuka casing CPU terlebih dahulu.

Keuntungan penggunaan modem eksternal adalah pemasangannya yang lebih mudah dan pengunaanya dapat di pindahkan dari satu komputer ke komputer yang lain dengan cara yang sangat mudah tanpa harus membuka casing CPU, kelemannya adalah harganya yang lebih mahal.

2. Mengakses Internet Melalui Teknologi ADSL
ADSL atau asymmetrical digital subscriber line adalah sebuah teknologi yang bertugas mengirimkan sinyal sinyal melalui kabel yang berbahan dari tembaga dan berada pada frekuensi yang berbeda dengan frekuensi yang dipakai untuk pelayanan telepon. Hal ini memungkinkan ADSL dapat dikirimkan melalui jalur telepon. Bila kita ingin mengakses internet mengunakan teknlogi ADSL, kita harus mempunyai sebuah sebuah Modem ADSL, Jalur telepon, dan terdaftar pada ISP yang mempunyai layanan ADSL. Karena penggunaan teknologi yang berbeda beda dengan modem yang digunakan pada koneksi dial-up. Modem yang di gunakan haruslah modem yang mendukung pada teknologi ADSL

3. Mengakses Internet Mengunakan Jaringan LAN
Salah satu cara untuk dapat terhubung ke internet adalah dengan menghubungkan komputer kita kejaringan komputer yang terhubung ke internet. Cara seperti ini banyak diterapkan di perusahaan, Kampus, Maupun Warnet. Sebuah komputer yang dijadikan server dihubungkan ke internet. Komputer lain di jaringan tersebut kemudian dihubungkan diserver tersebut dan dapat mengakses internet melalui komputer server

Agar dapat dihubungkan dengan komputer server di LAN, maka komputer kita harus memiliki kartu jaringan (LAN Card). Beberapa motherboard keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan kartu jaringan. Sehingga kita tidak perlu membelinya secara terpisah. Selajutnya agar komputer yang lain dapat terhubung sebuah komputer dengan komputer lain kita membutukan sejenis kabel yakni kabel UTP. Biasanya, komputer yang difungsikan sebagai komputer server dengan internet dengan kabel telepon atau dengan antena, hal demikian tergantung pada teknologi yang kita gunakan.

4. Mengakses Internet Mengunakan GPRS
GPRS atau general packet radio service merupakan teknologi pengiriman dalam bentuk paket-paket mengunakan gelombang radio. GPRS merupakan perkembangan dari teknologi dari GSM, GPRS memungkinkan pengiriman data sampai pada kecepatan 115 kbps. Jika kita mengunakan GPRS, maka kita memerlukan sebuah telepon seluler yang telah mendukung teknologi GPRS dan sebuah SIM Card dari penyedia oprator seluler yang menyediakan layanan berbasis GPRS, dan layanan GPRS tersebut sudah diaktifkan di teleon seluler kita.

Tahap berikutnya kita memerlukan sebuah perangkat lunak untuk menghubungkan handphone dan komputer yang kita pakai, Hubungan tersebut dapat mengunakan kabel data, sinyal infrared, atau melalui koneksi bluetooth, tergantung mana yang di didukung oleh telepon seluler atau komputer yang kita pakai. jika hape dan komputer kita sudah tersambung, maka tahap berikutnya harus menginstal driver handphone agar dapat dikenali komputer dan kemudian mengatur setting untuk koneksi ke internet mengunakan GPRS.

5. Mengakses Internet Melalui Jaringan Wifi
Wifi merupakan singkatan dari wireless fidelity, Wifi adalah sebuah teknologi jaringan kabel yang memakai gelombang elektromagnetik frekuesi tinggi untuk mengirimkan data. Adapun frekuensi yang dipakai adalah sangatlah berbeda beda pada spektrum 2,4 GHz. Notebook dan PDA yang telah dilengkapi kemampuan atau sudah tersupport untuk teknologi Wifi atau pada sebuah perangkat komputer PC dan Notebook sudah dilengkapi dengan kartu wifi (Wifi Card) dapat kita gunakan untuk koneksi internet. Dan tentunya kita harus berada pada area atau jangkauan area sinyal wifi.

6. Mengakses Internet Mengunakan Jaringan TV kabel
Mengunakan jaringan TV kabel untuk menghubungkan komputer ke internet sudah banyak diterapkan, cara seperti ini sudah dinilai sangat cocok, terutama bagi pengguna internet dalam satu lingkungan keluarga. Jika kita membuka internet dengan mengunakan jaringan TV kabel ada beberapa point yang harus kita penuhi agar dapat menikmati internet dengan memakai jaringan tv kabel antara lain sebagai berikut :

  • Berlanganan dengan penyedia layanan TV kabel yang telah dilengkapi dengan layanan internet.
  • Perangkat komputer standar yang telah dilengkapi dengan sistem operasi browser dan mendukung Internet.
  • Kabel Modem dengan DOCSIS system, adalah modem yang dirancang khusus untuk jaringan Tv Kabel Internet.
  • Ethernet TV kabel

7. Mengakses Internet Mengunakan Layanan 3G
3G merupakan teknologi generasi ke tiga yang lebih trend dikenal dengan sebutan nama 3G yang dibaca tri ji adalah sebuah teknologi komunikasi nirkabel (wireless) yang telah dirancang secara khusus dengan kecepatan tinggi, kecepatan pada 3G sebesar 2 Mbps. Dengan kecepatan tersebut maka pengiriman data dengan ukuran yang besar bukanlah masalah. Karenanya komunikasi seperti layanan Video Call/Confernce/Audio dan video straeming dalam hal ini kecepatan internet dapat dilakukan dengan baik dan sempurna.

Bila kita hendak memakai layanan 3G tentunnya kita memerlukan sebuah telepon yang berbasis 3G dan SIM Card dari operator seluler yang telah menyedikan layanan 3G. dan Nomor telepon seluler kita pun harus terdaftar sebagai pelanggan layanan 3G. Tahap selanjutnya kita tinggal menghubungkan telepon 3G dengan komputer. Hubungan tersebut dapat mengunakan kabel data, sinyal infrared, atau melalui koneksi bluetooth tahap ini hampir sama dengan proses mengakses internet dengan mengunakan GPRS.

Tinggalkan Balasan