Kue Bugis Ketan Hitam

Resep Membuat Kue Bugis Ketan Hitam

DARADAENG.COM – Resep Membuat Kue Bugis Ketan Hitam. Kue bugis ketan hitam memiliki rasa yang lezat dan nikmat. Bagi Anda pencinta kuliner nusantara tidak boleh melewatkan rasa dari makanan yang satu ini. Kue bugis ketan hitam ini biasa juga disebut sebagai kue mendut atau kue putri mandi. Kue ini berisi enten kelapa dan dibalut oleh ketan hitam yang kemudian dikukus dengan cara dibungkus menggunakan daun pisang. Namun, ada juga yang mengganti daun pisang dengan daun pandan agar tercipta aroma yang khas.

Saat berkumpul bersama keluarga atau rekan kerja, juga pada saat resepsi pernikahan dan sebagainya, kue ketan hitam ini bisa menjadi pilihan untuk menemani kebersamaan Anda. Apalagi untuk dijadikan sarapan sebelum berangkat ke sekolah, tempat kerja, jalan-jalan, makanan ini sebaiknya di konsumsi karena dapat memberi asupan energi yang cukup baik. Apalagi untuk dijadikan modal usaha, kue ini dijamin akan laku di pasaran.

Tekstur yang lembut dan menggoda membuat orang ingin mencicipiya. Nah, jika Anda ingin mencoba rasanya tetapi sulit untuk mendapatkannya, Anda hanya perlu membuatnya sendiri di rumah. Ets, Ingin membuat kue bugis yang terbuat dari ketan hitam ini, tapi tidak tahu step-step atau langkah-langkahnya? Anda dapat mempelajari resep dan cara membuat kue ketan hitam berikut ini:

Kue Bugis Ketan Hitam
Kue Bugis Ketan Hitam

Resep dan Cara Membuat Kue Bugis Ketan Hitam
Bahan-bahan:

  • 50gr tepung ketan hitam
  • 15gr tepung gula
  • 100gr tepung ketan putih
  • 125ml santan dari 1/2 buah kelapa, panaskan hingga yang tersisa hanya 100 ml, diamkan hingga hangat
  • 50gr kentang kukus, yang sudah dihaluskan
  • 1/4 sdt garam
  • dan 1/2 sdt minyak goreng

Bahan isi:

  • 100gr kelapa (parut kasar)
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/8 sdt garam
  • 50gr gula merah (disisir sampai halus, dapat juga menggunakan gula pasir)
  • 50ml air

Cara membuat kue ketan hitam

  1. Langkah pertama membuat isinya terlebih dahulu. Campurkan semua bahan-bahan isi tersebut di atas, lalu masak sambil diaduk hingga rata, kemudian dinginkan.
  2. Langkah kedua, membuat kulit atau lapisan luar kue. Campurkan tepung ketan putih, kentang, tepung gula, tepung ketan hitam, dan sedikit garam. Aduk-aduklah sampai semua adonan bercampur rata.
  3. Selanjutnya, tuangkan santan hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Lalu masukkan minyak goreng. Dan aduk lagi hingga benar-benar rata.
  4. Sambil mengangkat sedikit adonan kulit, lalu pipihkan dan memberi isi dengan santan kelapa. Setelah diberi isi, dibuat menyerupai bulat-bulatan lalu pipihkan lagi. Setelah itu taruh di atas daun pisang untuk dibungkus, dan atu bisa menggunakan daun pandan sebagai pengganti daun pisang.
  5. Kukus hingga 15 menit di atas api sedang, jangan lupa sesekali harus dibuka penutup pancinya hingga matang.

Nah, mudah dan gampang bukan? Tidak perlu kesana-kemari untuk mencari dimana tempat untuk mendapatkan makanan ini. Anda hanya perlu menyediakan bahan dan mengikuti langkah-langkah yang telah kami siapkan. Bahan-bahannya juga mudah ditemukan, kecuali memang kita yang malas untuk mencari yakin dan percaya Anda tidak akan pernah bisa.

Demikian resep dan cara membuat kue bugis ketan hitam yang dapat kami tuliskan. Semoga dapat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan kuliner bersama keluarga Anda di rumah. Selamat mencoba dan menikmati hasilnya.

Satu gagasan untuk “Resep Membuat Kue Bugis Ketan Hitam”

Tinggalkan Balasan