Resep Sop Konro dan Konro Bakar Khas Makassar

Resep Sop Konro dan Konro Bakar Khas Makassar

DARADAENG.COM – Sop konro dan konro bakar merupakan salah satu kuliner yang bisa memanjakan lidah Anda yang mencintai masakan nusantara, baik penduduk lokal maupun pendatang. Biasanya makanan khas ini dapat ditemukan disepanjang jalan kota Makassar, selain itu sudah banyak restoran yang menjadikan sop konro sebagai menu utamanya. Diberbagai acara pernikahan, perayaan hari raya Idul Fitri, hari raya Idul Adha maupun acara lainnya, menu satu ini jarang terlewatkan. Sebagian besar penduduk asli Makassar bahkan lebih sering membuatnya sendiri untuk dinikmati bersama keluarga, karena cukup mudah dan praktis. Bagi kalian yang ingin membuat sendiri masakan khas ini, kami menyediakan resep dan cara membuat sop konro dan konro bakar khas Makassar. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu anda sipakan jika ingin membuat sop konro bakar khas Makassar.

Sop konro
Sumber gambar maukuliner.com/varian konro daeng naba

Bahan sop konro:
– 1 Kg iga Sapi, diiris sesuai ruasnya
– 2 L air untuk merebus iga sapi
– 1 cm Jahe, parut
– 3 cm Lengkuas, memarkan
– 3 cm Kayu manis
– 3 butir cengkih
– 2 lembar daun Salam
– 2 sdm air asam jawa
– 1/2 sdt garam
Bahan bumbu halus
– 5 butir bawang merah, haluskan
– 2 siung bawang putih, haluskan
– 1 sdt merica bubuk
– 2 sdm kluwak, (ambil daging buahnya dan rendam dalam 2 sdm air panas, haluskan)
– 1/2 sdm kunyit
– 1/2 sdm jintan
– garam secukupnya (penyedap rasa)
– 3 sdm minyak goreng
Cara membuat sop konro:
– Rebus iga sapi yang telah di potong-potong sesuai ruas-ruasnya dalam 2 L air, rebus bersama dengan jahe, lengkuas, kayu manis, cengkih, daun salam, air asam jawa, dan tambahkan garam.
– Sementara iga sapi direbus dengan api sedang, tumis bawang merah, bawang putih, merica, kluwak, kunyit, jintan, yang telah dihaluskan terlebih dahulu. Tambahkan garam secukupnya (bisa menggunakan penyedap rasa favorit Anda).
– Masukkan tumisan bumbu halus ke dalam rebusan iga sapi sebelumnya. Tunggu hingga daging lunak dan bumbu meresap ke dalam daging. Angkat.
– Masukkan ke dalam mangkuk, sop konro siap disajikan. Untuk mempercantik tampilan sop konro taburi dengan bawang merah goreng dan daun bawang, serta perasan jeruk nipis agar lebih lezat. Sajikan selagi hangat.

Cara membuat konro bakar:
– Rebus iga sapi dalam air bersama dengan jahe, lengkuas, kayu manis, cengkih, daun salam, air asam jawa, dan garam (Bisa menggunakan penyedap rasa favorit Anda).
– Sementara iga sapi di rebus, tumis bahan bumbu halus hingga harum. Masukkan ke dalam rebusan iga sapi, hingga bumbu menyerap dan iga menjadi matang dan lunak. Tiriskan iga sapi, dan rebus kaldu hingga lebih kental.
– Bakar iga sapi di atas bara api, sambil diolesi dengan bumbu kaldu kental hingga harum. Angkat, taburi dengan bawang merah goreng, dan sajikan bersama bumbu kaldu yang kental dan perasan jeruk nipis. Sajikan selagi hangat.
Demikian “resep dan cara membuat sop konro dan konro bakar khas Makassar” yang dapat kami tuliskan, semoga dapat bermanfaat bagi anda dan keluarga. Selamat mencoba sendiri di rumah Anda.

Satu gagasan untuk “Resep Sop Konro dan Konro Bakar Khas Makassar”

Tinggalkan Balasan