Selamat Hari Wanita Sedunia di Google Hari Ini

Daradaeng.comHari Wanita Sedunia yang jatuh pada hari ini, Sabtu, 8 Maret 2014 juga diperingati oleh Google. Kenapa ditetapkan tanggal 8 Maret? Mari kita tengok sejenak histori Hari Wanita Sedunia ini, yang pasti tak lepas dari momen menyangkut kaum hawa.

Tahukah Anda bahwasanya Hari Wanita Sedunia ini telah ada dari awal sejak abag ke 20. Waktu itu berkembang masa industrialisasi serta ekspansi ekonomi didunia kerja. Golongan wanita yang banyak bekerja di industri tekstil New York pada 8 Maret 1857 melakukan tinfakan protes atas situasi kerja yang begitu buruk serta upah yang begitu minim. Alhasil mereka juga berseteru dengan pihak keamanan. Namun Perubahan setelah itu golongan buruh wanita ini lalu membentuk sebuah serikat buruh dua tahun kemudian di bulan yang sama pula.

Hari Perempuan Internasional google

Hari Perempuan Internasional

Peristiwa paling tragis tentang perjuangan buruh wanita ini berlangsung pada 1911 di suatu pabrik triangle Shirtwaist yang menyebabkan hilangnya nyawa kurang lebih 140 kaum perempuan.

Tahun 1910, golongan sosialis internasional dari 17 negara mengadakan pertemuan di Copenhagen, Denmark, yang di antara Agendanya yaitu mengulas perihal Hak-hak asasi wanita yang kerap diabaikan.

Pertemuan itu pada akhirnya mengambil keputusan untuk membuat Hari Wanita Sedunia, supaya hak kaum hawa lebih di perhatikan. Awalnya, Hari Wanita Sedunia diperingati setiap tanggal 28 Februari, Akan

Selamat Hari Wanita Sedunia 2014 di Google Hari Ini

Tetapi tahun 1920, peringatan itu tidak lagi di peringati, lantaran banyak konflik yang berlangsung didunia, termasuk perang. Dan barulah pada tahun 1975, PBB kembali memelopori di peringatinya Hari Wanita Sedunia kembali serta ditetapkan jatuh pada tanggal 8 Maret.

Hari Wanita Sedunia 2014 yang diperingati sampai saat ini adalah peringatan kesuksesan kaum wanita dalam merubah kedudukannya di bagian ekonomi, politik dan sosial budaya.

Di Indonesia sendiri hari ini banyak diperingati oleh beragam lembaga dengan mengangkat tema peniadaan perdagangan manusia. Perdagangan manusia jadi tema yang hangat belakangan ini mengingat makin mudahnya manusia terhubung dunia informasi. Seperti beberapa waktu terakhir berlangsung penyalahgunaan situs jejaring sosial untuk fasilitas human trafficking.

Selamat Hari Wanita Sedunia 2014. Semoga para wanita di seluruh penjuru dunia semakin sejahtera serta memperoleh hak-haknya dengan cara yang adil.

Tinggalkan Balasan