logo semen tonasa

Semen Tonasa Mutiara Dari Timur

DARADAENG.COM – Ditengah ketatnya persaingan industri di Indonesia apalagi semakin menjamurnya semakin menjamurnya pabrik semen, PT Semen Tonasa bagaikan mutiara dari timur yang menjadi kebanggaan Indonesia Timur. Perusahaan semen asal Sulawesi Selatan itu sejak didirikannya 1968 hingga sekarang tetap berdiri kokoh bahkan mulai mengembangkan ekspansinya, terutama pabrik di area pemasaran.

Logo Semen Tonasa

Logo Semen Tonasa

Semen Tonasa Mutiara Dari Timur

Baru-baru ini PT Semen Tonasa memperoleh tingkat tertinggi dalam perbaikan proses dan sistem manajemen pada ajang Indonesia Quality Awarsd 2012 yang mengadopsi Malcom Baldrige Criteria for Performance Exelence. Berdasarkan assement yang dilakukan oleh Indonesia Quality Awards Foundation (IQAF) di Jakarta.

Sesuai liris awal desember lalu, Penghargaan ini sesuai dengan komitmen Semen Tonasa untuk senantiasa meningkatkan nilai perusahaan kepada pemegang saham dan pemangku kepentingan lainya.

Dirut PT Semen Tonasa A Unggul Attas, menjelaskan keikutsertaan Semen Tonasa dalam Indonesia Quality Awards (IQA) akan memeberikan manfaat signifikan dan dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Serta mendorong pertumbuhan dan daya saing bisnis pada umumnya

Sehingga komitmen peningkatan nilai perusahaan ke pemegang saham dan stakeholder dapat terwujud, timbal balik yang diberikan dari hasil assessment diharapkan bermanfaat untuk melakukan perbaikan terhadap sistem manajemen. Serta proses bisnis dalam rangka peningkatan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Semen Tonasa Biring Kassi

Pelabuhan Semen Tonasa Biring Kassi

PT Semen Tonasa, produsen terbesar di kawasan Timur Indonesia yang menempati lahan seluas 715 hektar di desa Biring Ere, Kecamatan Bungoro di Kabupaten Pangkep, Kabupaten pangkep atau sekitar 65 kilo meter dari kota makassar. PT Semen Tonasa yang memiliki kapasitas terpasang 3.480.000 metrik ton semen pertahun ini, mempuyai tiga unit pabrik yaitu Tonasa II,III, dan IV sementara ini dibangun Tonasa Unit Tonasa V.

Ketiga unit pabrik menggunakan proses kering dan kapasitas masing-masing 590.000 ton semen pertahun serta untuk unit II dan III 2.300.000 ton untuk unit IV. Kehadiran Industri Semen Tonasa lahir 1968 di Sulsel ini, selain ikut mengokohkan propinsi ini sebagai wilayah yang harus diperhitungkan diluar pulau Jawa bahkan menjadi mutiara yang senantiasa bercahaya

Menurut Dirut PT Semen Tonasa, Andi Unggul Attas, saat bersilatuhrahmi dengan Bupati Pangkep setelah dikukuhkan menjadi orang nomor satu di perusahaan ini beberapa waktu lalu, mengatakan jika kehadiran PT Semen Tonasa agar dapat membawa manfaat bagi masyarakat Sulsel dan Pangkep khususnya Kabupaten Pangkep.

Pabrik Semen Tonasa

Pabrik Semen Tonasa

Ia Mengatakan jika tonasa selalu memberikan perhatian sesuai aturan yang ada. Artinya PT Semen Tonasa senantiasa membantu pangkep dalam ikut membagun masyrakat berbagai wilayah, termasuk di berbagai wilayah kepulauan, dan pemkab Pangkep mengakui keberadaan PT Semen Tonasa memang sudah banyak di dirasakan oleh masyarakat. dan dapat menciptakan lowogan kerja tonasa

Peran perusahaan yang termasuk industri startegis sudah terlihat di mata masyarakat. terutama Dana program Corporate Sosial Sosial Responsibility (CSR) yang merupakan program kemitraan dan binaan lingkungan (PKBL) Hanya saja, ia menegaskan agar angaaran CSR diproitaskan untuk warga Pangkep. Harapan agar manajemen PT Semen Tonasa dapat mengkordinasikan penggunaan dana CSR itu Kepada Pemkab Pangkep. Sehingga dapat terlaksana secara transparan dan bermanfaat bagi masyarakat.

Pemkab Pangkep menyarankan kepada PT Semen Tonasa selain kehadiran sebagai sebuah perusahaan yang mengejar keuntungan dan laba juga mengharapkan agar dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar pabrik dan warga pangkep pada umumnya. Melaui program kemitraan, perseroan memberikan bantuan kredit lunak kepada pengusaha kecil dan koprasi sebagai modal usaha dan investasi serta bantuan hibah untuk meningkatkan keterampilan pengetahuan manejerial dan promosi pemasaran perusahaan dengan program kemitraan ini diharapkan pengusaha kecil dan koprasi dapat hidup secara mandiri dan tangguh.

Kantor Pusat Semen Tonasa

Kantor Pusat Semen Tonasa

Sampai dengan tahun 2008 telah diluncurkan dana pinjaman mitra binaan sebesar Rp. 25 milyar, hibah sebesar 2,9 milyar dan menyertakan Rp. 1,6 milyar kepada 4.262 mitra binaan, dan sejak beroprasinya PT Semen Tonasa telah tumbuh kembang dengan dukungan 7 unit pengantongan yang melengkapi sasaran distribusi penjualan ke wilayah utama pemasaran di kawasan indonesia timur.

Unit pengantongan berloksi di Makassar, Palu, Banjarmasin, Bali dan Ambon dengan kapasitas masing-masing 300.0000 ton semen pertahun kecuali Makassar, Samarida dan Bali dengan kapasitas 600.000 ton semen pertahun dan Palu dengan kapasitas 175.000 ton pertahun. dan sarana pendukung oprasi lainya yang berkontribusi besar terhadap pencapaian laba perusahaan adalah unit pembangkit tenaga listrik tenaga uap atau Boiler Turbin Generator (BTG) Power Plan dengan kapasitas 2 x 25 MW yang berloksi dekat dengan pabrik yang ada di Desa Biring Kassi yang berlokasi sekitar 17 km dari lokasi pabrik.

PT Semen Tonasa bukan saja menjadi sebuah Industri yang menjual potensi Alam Pangkep yang telah diramu menjadi bahan baku semen, namun perusahaan ini tampil dengan mengusung histori kerajaan Bugis Makassar tempo dulu. Hal inilah yang selalu membawa angin segar bagi detak pembangunan dengan kehadiran Semen tonasa Mutiara dari Timur. di Tulis oleh Rudy Amrullah-Pangkep

6 gagasan untuk “Semen Tonasa Mutiara Dari Timur”

  1. numpang tanya kalau mau ke Pelabuhan Biringkassi Bungoro Pangkep, Sulawesi , dari Jakarta, mendaratnya di bandara makassar bukan ya? mohon informasinya.

  2. assalamu alaikum wr wb, mau tanya kemarin saya mau masuk ke pelabuhan biringkassi bersama keluarga tapi dilarang masuk sama security apa memang orang awam dilarang masuk ya ?

    1. Walaikumussalam, Iya betul sekali mas Faiz, orang yang di perkenankan masuk ke area pelabuhan hanya bagi pekerja saja/karyawan, namun jika hanya ingin menyaksikan pelabuhan biringkassi anda dapat masuk melalui pintu samping/terdapat lorong di seblah kanan.

Tinggalkan Balasan