Sirup DHT Pisang Ambon

Sirup DHT Pisang Ambon Pasangan Kuliner Khas Makassar

MAKASSAR, DARADAENG.COM – Siapa yang tidak kenal dengan Syrup DHT? Syrup berwarna merah ini sudah sangat akrab masyarakat Makassar sejak turun temurun. Berbagai jajanan atau kuliner khas Makassar tidak lengkap tanpa syrup ini, oleh karena sejumlah pedagang di pinggiran jalan kota Makassar selalu menawarkan berbagai panganan berbahan campur syrup DHT.

Sirup ini sudah menjadi menu wajib orang Makassar, Boleh dibilang hampir setiap rumah di Makassar pasti dilengkapi dengan sirup DHT terlebih kala bulan Ramadhan tiba. Selain untuk campuran es pallu butung, Es Buah maupun es pisang ijo yang biasanya dijadikan menu buka puasa, sirup DHT biasanya juga diminum begitu saja hanya dengan tambahan air.

Sirup DHT Pisang Ambon
Sirup DHT Pisang Ambon

Akan tetapi, Apakah anda tahu Apa kepanjangan dari DHT? konon DHT merupakan singkatan “Dari Hasil Tangan” maksudnya sirup ini merupakan produksi hand made industri rumah tangga.

Rasa sirup DHT yang banyak beredar dipasaran dengan rasanya yang khas rasa pisang ambon, tentunya kita tidak akan menemukan pisang ambon sebagai komposisinya. Akan tetapi sirup DHT ini komposisi terbesarnya berupa gula sebanyak 65 persen dan selebinya bahan campuran lainya dari aroma, air dan pewarna. Sirup DHT dengan aroma pisang ambon ini begitu dikena oleh masyarakat di luar Sulawesi Selatan dengan sebutan sirup Pisang Ambon.

Sirup DHT diproduksi oleh Perusahaan SYirop Sari Buah DHT, Makassar. Sirup ini seringkali menjadi salah-satu alternatif oleh-oleh khas Makassar. Sebagai oleh-oleh sebenarnyya sirup DHT agak sedikit merepotkan dalam pengemasan hali demikan karena seperti sirup DHT ini disimpan dalam wadah botol kaca.

Karena itu beberapa toko oleh-oleh membuat sirup DHT dalam kemasan plastik. Walaupun bagi beberapa orang, sirup DHT yang disimpan dalam botol plastik rasanya agak beda dengan sirup DHT yang disimpan dengan mengunakan botol kaca.

Biasanya pada bulan Ramadhan, jika Anda ingin membeli sirup DHT dengan harga yang lebih murah, bisa ke jalan Syekh Yusuf Makassar. di sana, beberapa warung yang menjual sirup DHT ini harganya sama dengan harga yang dikeluarkan oleh pabrik.

Hal demikian karena jalan Syekh Yusuf yang dulunya menjadi pusat tempat pembuatan sirup DHT beroperasi dan sekarang ini pabriknya sudah pindah ke Jalan Macanda Tamarung. Sirup DHT yang di Produksi oleh Cv. DHT sudah menjadi Brand lokal Makassar yang dikenal di Luar Sulsel.

Tinggalkan Balasan