Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan dengan luas area sekitar 43.750 Ha merupakan salah satu daerah yang khas, namun tahukah kita mengapa lokasi ini dikatakan khas, tentu kita masih menerka-nerka dalam hati, apa saja yang membuatnya khas. Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung yang disingkat TN Babul ini merupakan surga dari Kupu-kupu atau dengan julukan The kingdom of Butterfly, kawasan ini terletak di wilayah Kabupaten Maros dan kabupaten Pangkep (Pangkajene Kepulauan), sisi khasnya yang lain adalah TN Babul terletak pada gugus pegunungan Karts Terbesar kedua didunia setelah cina, Karts yaitu pegunungan kapur yang dimana pegunungan karts mempunyai bentuk stalaktit dan stalakmit yang indah.

Gugus Pegunungan Karts
Gugusan Pegunungan Karts

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Dalam sejarah tercatat bahwa Alfred Russel Wallace menjuluki bantimurung dengan nama The Kingdom Of Butterfly, tak hanya itu kawasan ini juga nampak indah dengan air terjun yang bisa anda lihat pada gambar dibawah.

Air Terjun Bantimurung
Air Terjun Bantimurung

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung merupakan habitat berbagai macam flora dan fauna dan yang paling menonjol adalah kupu-kupu, setidaknya ada 20 Jenis kupu-kupu yang dilindungi oleh pemerintah dan berbagai jenis lain atau sekitar 250 Jenis Kupu-kupu yang mendiami tempat ini.

Namun tidak hanya itu, kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung ini memiliki kurang lebih 80 gua alam dan gua prasejarah yang tersebar di kawasan ini, salah satu gua yang paling diminati oleh para wisatawan untuk dikunjungi adalah Gua batu dan gua Mimpi, cukup unik bukan untuk dikunjungi? Objek menarik selain gua dan kupu-kupu serta air terjun yang ada di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung ini adalah Gugusan pegunungan Karts nya, yang merupakan gugusan pegunungan alami yang sangat indah, salah satu lokasi yang mempunyai gugusan indah pegunungan karts dapat anda baca pada artikel Gugusan pegunungan Karts Rammang-Rammang.

Gua batu dan gua Mimpi
Gua batu dan gua Mimpi
Gua batu dan gua Mimpi
Gua batu – Gua Mimpi

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung merupakan daerah yang menarik untuk dikunjungi, pelestarian alam yang baik telah membuat salah satu tempat wisata ini makin banyak dikunjungi oleh para turis, baik turis mancanegara maupun turis lokal, lokasinya pun tidak jauh dari pusat kota, dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin

Jarak yang ditempuh hanya sekitar 17 Km, atau sekitar 30-1 jam perjalanan tergantung kondisi jalan yang dilalui pada saat itu. Lembah dan bukit kapur yang berada di lokasi tersebut adalah kekayaan alam yang harus terus dijaga agar tetap hidup dan dapat diwariskan pada anak cucu kita kelak, peran serta masyarakat dan segenap warga untuk menjaga kelestariannya harus terus ditegakkan.

Tinggalkan Balasan