Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak Dan Berkualitas

Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak Dan Berkualitas – Masalah gangguan tidur sudah menjadi penyakit umum di zaman sekarang ini, namun apakah kita bisa tetap sehat dengan pola tidur demikian? berbagai argumen tentang pola dan kualitas tidur masih diperdebatkan, The National Sleep Fondation memberi beberapa tips agar tidur kita menjadi lebih baik.

Pada umumnya waktu tidur normal rata-rata menurut saran dokter adalah sekitar 6-8 Jam, namun kondisi lingkungan dan aktifitas terkadang tidak sejalan dengan keinginan untuk mencapai kondisi tersebut, nah kali ini admin Dara Daeng menshare sedikit Tips agar tidur lebih baik.

Tips agar tidur Lebih Baik
Tips agar tidur Lebih Baik

Tips agar tidur lebih baik

1. Mengatur waktu tidur secara konsisten
Membuat jadwal yang sesuai dengan aktifitas adalah tips pertama yang diyakini oleh para pakar agar seseorang dapat tetap mendapatkan kebutuhan istirahat bagi tubuhnya.

Siklus tidur dan bangun kita di atur oleh “circadian clock” yang ada dalam otak kita, waktu bangun secara teratur dipagi hari akan memperkuat fungsi pengaturan “circadian clock” tersebut, kualitas tidur akan terjaga jika manajemen waktu tidur anda tetap terjaga pula.

2. Membuat rutinitas tertentu sebelum tidur
Secara alamiah, kenyamanan tidur juga ditentukan dari bagaimana kita mengawali tidur kita, membentuk kebiasaan yang baik sebelum tidur seperti berendam di air hangat, mendengarkan musik, membaca buku dan berbagai aktifitas yang dapat merilexkan otot-otot selepas beraktifitas akan sangat bermanfaat pada kualitas tidur seseorang.

Usahakan aktifitas tersebut memiliki stimulus yang membuat kita menjadi bahagia, senang dan perasaan yang gembira, sebisa mungkin untuk menghindari aktifitas yang membangkitkan ketagihan bahkan yang dapat membuat otak bekerja secara ekstra, perasaan cemas akan membuat seseorang menjadi sulit untuk tidur. Efek relaksasi dari rutinitas akan membantu menghilangkan ketegangan dan efek stres dari pekerjaan anda.

3. Mengatur Mood Sebelum Tidur
Para pakar menyarankan untuk mengatur kondisi tempat anda beristirahat agar tetap kondusif, gelap, tenang, nyaman dan sejuk. Kondisi yang kurang nyaman akan mengganggu kualitas tidur anda, kondisi itu seperti kebisingan yang mengganggu, cahaya yang menyilaukan, suhu kamar yang panas dan berbagai hal yang mengganggu tidur anda. Menggunakan penutup mata, telinga dan perangkat lain juga akan banyak membantu anda mendapatkan kenyamanan tidur yang anda dambakan yang hasilnya akan memuaskan saat anda bangun.

4. Memilih peralatan tidur dengan kualitas yang baik
Pemilihan bahan dari kasur dan bantal yang baik akan mendukung terciptanya keadaan tidur yang lebih baik, bahan-bahan yang dipilih diusahakan tidak membuat alergi dan iritasi pada penggunanya (bagi yang memiliki alergi). Penggunaan kasur yang baik adalah kasur yang masih nyaman ketika disandari/tempat berbaring tubuh kita.

5. Membuat ruangan tidur tersendiri dari ruang lain
Sebuah kamar ternyata juga mempengaruhi kualitas tidur kita, kamar yang terdapat peralatan yang dapat membangkitkan aktifitas lain selain tidur diyakini akan mengganggu perasaan dan mood anda sebelum tidur, Kamar yang hanya digunakan tidur, mandi dan berganti pakaian dan terbebas dari peralatan kerja, komputer, televisi dan berbagai perangkat lain akan membantu pola pikir anda terhadap ruangan tersebut sehingga anda akan bergikit bahwa kamar tersebut hanya digunakan untuk tidur, diusahakan agar tidak melakukan aktifitas yang membuat mood anda menjadi berubah buruk (menjadi cemas) di dalam kamar tidur anda.

Demikian sedikit Tips agar tidur Lebih Baik, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan