Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas

Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas – Dunia kini kian susah, terkadang kondisi yang kita alami tidak sejalan dengan kebutuhan kita, persaingan yang keras dan kebutuhan yang kian meningkat sering kali tidak sejalan. Kebutuhan kita akan alat-alat elektronik apalagi laptop terkadang membawa kita membeli laptop yang sudah bukan pemilik pertama atau dengan istilah second user atau bekas.

Namun jangan khawatir akan hal itu, admin Dara Daeng akan berbagi tips untuk kita semua agar kita dapat membeli laptop bekas yang sesuai dengan keinginan kita, dan mudah-mudahan bermanfaat.

Tips Membeli Laptop Bekas
Tips Membeli Laptop Bekas

Tips Membeli Laptop Bekas

Adapun tips yang kami berikan ini keampuhannya tergantung dari kehati-hatian person kita sendiri, namun langkah-langkah dibawah ini adalah langkah-langkah standar agar kita yakin dengan barang yang akan kita beli.

Tips Pertama – Mempertanyakan Usia dan Garansi Barang/Laptop
Seseorang yang menjual laptopnya tentu memiliki alasan tersendiri, terkadang sang penjual memiliki alasan yang beragam seperti bosan dengan laptop, kondisi laptop itu sendiri, spesifikasi yang tidak sesuai kebutuhan, dan alasan keuangan.

Mempertanyakan lama barang tersebut dibeli serta Garansi barang/laptop yang akan kita beli, sebagai tambahan kita dapat mengecek garansi produknya di website-website resmi sesuai dengan produknya, dengan memasukkan serial number produk yang akan kita cek. Meski terkadang garansi bukanlah faktor utama, namun pengecekan garansi dianggap penting agar dikemudian hari dapat dengan mudah memperbaikinya.

Tips Kedua – Memeriksa Komponen Fisik Barang/Laptop
Laptop adalah barang yang rentan akan kerusakan, sebaiknya anda memanggil salah satu teman atau orang yang mengerti akan hardware produk yang akan anda beli, salah satu bagian yang harus melalui pengecekan khusus yaitu layar, keyboard, baterai dan charger, meskipun yang lainnya tetap penting, namun dalam kondisi awal sebelum membeli kita hanya dapat melihat secara kasar dari luar tentang kondisi laptopnya.

Layar adalah komponen yang cukup mahal pada bagian laptop, mengeceknya akan dapat membantu kepuasan membeli kita, anda dapat merubah background gambar menjadi putih dan mengecek apakah layar masih dalam kondisi yang baik atau tidak.

Kondisi fisik lain laptop yang lain yaitu keyboard, cek tuts keyboard dan respon keyboard sebelum membeli, cukup dengan mengetik pada Notepad atau word akan dapat membantu kita mengetahui kinerja keyboard, terakhir kita mengecek kondisi baterai dan charger, terkadang pengguna laptop sering mengindahkan penggunaan optimal pada charger dan baterai, kabel yang bermasalah ataupun kondisi baterai yang sudah tidak seperti keadaan normal (laptop Cepat Lowbat) akan sangat mengganggu dalam menggunakan laptop tersebut. Sebagai tambahan pertanyakan juga apakah laptop pernah terbentur atau tidak.

Mungkin satu hal yang paling sulit adalah mengetahui kondisi baterai. Pada beberapa laptop seperti Apple MacBook dan Lenovo ThinkPad, terdapat software untuk mengetahui berapa daur baterai atau berapa kali baterai laptop tersebut telah mengalami pengisian. Rata-rata baterai laptop dirancang bertahan sampai 1000 kali pengisian.

Tips Ketiga – Mengecek harga wajar laptop
Mengeksplorasi harga wajar laptop yang akan kita beli dapat membantu anda lebih puas dalam membeli, selisih 10-20 persen dari harga wajar laptop yang akan kita beli adalah hal yang tergolong masih wajar, namun ini tergantung kondisi, merek, garansi dan kelengkapan laptopnya.
Namun pada produk limitied edition seperti Acer F1 edition menentukan harga yang pas biasanya agak sulit karena stok yang langka sehingga terkadang akan lebih mahal, kejelian dalam menawar pun dipertaruhkan dalam membeli perangkat ini.

Tips Ke Empat – Tata Cara bertransaksi
Pembelian dengan tata cara bertansaksi face to face atau bertemu langsung akan lebih aman dibanding transaksi dunia maya, jangan terkecoh pada iklan-iklan yang menggiurkan, karena penipuan dalam dunia maya kerak kali terjadi bagi yang tidak mempunyai pengalaman yang lebih didalamnya. Sebaiknya anda mengunjungi tempat-tempat atau website-website yang terpercaya seperti Toko Bagus dan Berniaga, hal ini akan membantu anda untuk memiliki kenyamanan dalam bertransaksi.

Demikian Beberapa tips membeli laptop Bekas, mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan