Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Bulan Ramadhan

DARADAENG.COM – Cara menjaga kesehatan di bulan puasa, mulai hari ini kita telah memasuki bulan ramadhan, bulan penuh berkah dan rahmat. Sebuah hari yang di nanti-nanatikan dan dirayakan oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia, tanpa terkecuali. Sebagaimana yang jelaskan pada Al Quran surat al-Baqoroh ayat 183-187

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. Jadi bulan ramadhan seluruh ummat Islam diwajibkan berpuasa untuk yang sudah akil baligh.

Puasa bukan sekedar sebatas menahan lapar dan dahaga sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari, namun lebih dari itu. Bulan ramadhan merupakan bulan penuh rahmat yang sangat didambakan banyak orang dan merupakan bulan penuh ampunan dan kemuliaan.

Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa

Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa

Pastinya anda mesti bisa menjaga kesehatan di bulan puasa. Alasannya cukup sederhana, supaya anda dapat melakukan aktivitas secara maksimal saat menjalankan ibadah puasa dan juga supaya puasa anda dapat berjalan dengan lancar. Bukankah dengan badan yang sehat, puasa lancar, kesibukan harian anda pun lancar?

Di sini, kami bakal memberikan beberapa tips menjaga/melindungi kesehatan di bulan puasa. Seperti yang daradaeng lansir dari Arab News dan rasanya sangat pantas untuk dishare kepada anda. Baiklah, langsung ke tips menjaga kesehatan di bulan puasa :

1. Membuat Perencanaan Makanan

Selama bulan puasa, untuk menjaga kesehatan di bulan ramadhan buatlah daftar menu makanan bulan ramadhan yang akan anda konsumsi bersaman keluarga secara tepat. Hal semacam ini mempunyai tujuan supaya anda tidak bingung menentukan menu makanan sahur dan berbuka setiap hari.

Gunakan menu makanan yang sehat dan seimbang dan satu tips lagi pada saat berbuka dan sahur ada baiknya jika anda menhindari Junk Food lantaran dampaknya tidak baik untuk kesehatan anda.

2. Kurangi Konsumsi Teh, Kopi, dan Minuman Bersoda

Tips menjaga kesehatan di bulan puasa yang ke-2 yaitu mengurangi konsumsi beberapa minuman yang disebutkan diatas. Cobalah kurangi sekali untuk dua hari atau terserah bagaimana cara anda mengaturnya. Hal semacam ini penting untuk meminimalkan timbulnya sakit kepala kala anda tengah berpuasa.

Alternatifnya, perbanyaklah minum air mineral. Dalam sehari anda dapat minum 4-10 gelas dan itu dibagi untuk buka dan sahur.

3. Kebiasaan Makan Sehat

Tips memelihara kesehatan di bulan puasa selanjutnya yaitu menjaga kebiasaan makan yang sehat. Dalam berbuka, jangan lupakan menu buah dan sayuran sebagai penyeimbang. Pada waktu sahur, upayakan supaya anda tidak telat bangun.

Alasannya, supaya anda tak makan terlalu terburu-buru saat sahur. Ini penting lantaran makan terlalu cepat dapat berakibat tak baik, begitu juga pada waktu berbuka puasa.

4. Konsultasi ke Dokter

Bila anda mempunyai permasalahan kesehatan, anda dapat mengkonsultasikannya pada dokter. Tanyakan tentang keluhan anda, serta minta tips pada dokter bagaimana pola makan yang cocok, dan bagaimana supaya anda dapat menjalankan puasa dengan baik. Dengan demikian, tujuan anda untuk menjaga kesehatan di bulan puasa dapat terwujud.

5. Istirahat yang cukup

Tidur malam juga merupakan hal utama yang perlu anda cermati salama melindungi kesehatan di bulan puasa. Tidur malam yang baik diperlukan untuk dapat memastikan keseimbangan tubuh anda untuk kesibukan di hari berikutnya. Namun, bila anda merasa kurang tidur. Gunakan waktu siang untuk tidur, namun jangan sampai hal semacam itu menganggu aktitas anda di siang hari.

6. Berolahraga

Langkah memelihara kesehatan di bulan puasa selanjutnya yaitu berolahraga. Olahraga berperan untuk membantu sirkulasi oksigen dalam badan hingga kesehatan tubuh anda dapat terjaga. Olahraga yang dilakukkan tak perlu terlampau berat, sekurang-kurangnya jalan santai yang umumnya banyak dilakukkan orang sehabis sahur.

Semoga 6 tips menjaga kesehatan di bulan puasa di atas bermanfaat untuk anda. Lakukkan dengan tepat, dan Insyah Allah anda bakal dapat menjaga kesehatan di bulan puasa.

Tinggalkan Balasan