Wisata Alam Taman Purbakala Batu Pake Gojeng

Daradaeng.com – Di Sulawesi Selatan, tepatnya Kabupaten Sinjai terdapat suatu tempat wisata yang bernama taman purbakala batu pake gojeng. Dari namanya saja kita pasti tahu bahwasanya tempat wisata ini menaruh benda-benda bersejarah serta artefak lain yang penting pada masa lampau. Dinamakan Batu Pake Gojeng dikarenakan memang ada banyak artefak yang terbuat dari batu yang di perkirakan di buat dari zaman Megalithikum, sedangkan tempat di mana ditemukan banyak artefak-artefak tersebut bernama daerah Gojeng, hingga dinamakanlah taman Purbakala Batu Pake Gojeng. Berjarak dua kilo meter dari ibu kota kabupaten Sinjai.

Taman Purbakala yang berada di ketinggian 59 sampai 96 meter di atas permukaan laut ini tidak cuma menaruh benda bersejarah dari zaman megalithikum berupa artefak, Lokasi situs Batu Pake Gojeng ini terletak diatas puncak bukit.

Wisata Alam Taman Purbakala Batu Pake Gojeng

Taman Purbakala Batu Pake Gojeng

Lokasi ini adalah lokasi pemakaman Raja-Raja Batu Pake Gojeng serta keluarganya namun juga ekofak. Di sini pengunjung bisa menyaksikan menhir-menhir memiliki ukuran kecil dan masih banyak lagi batu pahat persegi.

Latar Sejarah Kerajaan Batu Pake Gojeng yang pada awalnya berasal dari kelompok orang-orang yang berlokasi di daerah Gojeng ini tumbuh dan berkembang pada saat sebelum Islam masuk daerah Sinjai.

Salah satu batu pahat persegi yang berlubang diakui sebagai bekas makam para raja-raja keturunan Raja Batu Pake Gojeng yang pertama. Di sini juga terdapat pemandian tua yang konon merupakan pemandian raja-raja terdahulu.

Tidak hanya bisa melihat bongkahan-bongkahan batu yang bernilai sejarah serta pecahan atau fragmen keramik serta tulang belulang yang bernilai sejarah Tinggi, pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan keelokan pemandangan di sekitar taman purbakala ini.

Beragam burung endemik seperti burung nuri kalimantan, burung beo, burung kutilang dan rajawali sumatera dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung. Dengan fasilitas lainya seperti taman bermain anak-anak dan gazebo yang ada di beberapa titik di taman ini menjadikan taman purbakala batu pake Gojeng salah satu destinasi wisata yang asik dikunjungi warga kala musim liburan tiba.

Dan dari puncak bukit Batu Pake Gojeng ini Anda bisa melihat pusat kota Kabupaten Sinjai dengan pemandangan alam yang demikian indah dilatarbelakangi oleh hijaunya perkembangan hutan mangrove sinjai (Hutan Bakau) di desa Tongke-tongke kec. Sinjai Timur dan jejeran pulau-pulau sembilan (gugusan pulau-pulau kecil) yang masih menjadi wilayah kabupaten Sinjai. Apakah Anda merasa penasaran mau menikmati keidahan wisata kabupaten sinjai? Ayo, berkunjung ke taman purbakala Batu Pake Gojeng.

Tinggalkan Balasan